Follow Us @soratemplates

Rabu, 27 Oktober 2021

IDCH Talk Perayaan Hari Blogger ; Jangan Jadi Blogger yang Segini Aja Cukup


Selama kegiatan itu masih menghasilkan, masih bisa digunakan untuk membiayai hidup, bayar domain, dan tidur nyenyak, saya rasa itu menjanjikan.

Kalimat tersebut dipaparkan oleh Koh Deddy Huang ketika mengakhiri IDCH Talk sore ini. Kalimat yang membawa saya kepada perenungan apa sebenarnya yang saya inginkan dari menulis di blog. Niat awal dan tujuan akhir menjadi hal penting untuk dirawat ketika menulis blog. 

Dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional, saya merayakannya dengan mengikuti IDCH Talk dari IDCLOUDHOST. Sesi ini diisi oleh Koh Deddy Huang. Bagi kalian yang suka berselancar di blog, fotografi dan digital marketing, pasti kenal dong dengan beliau. 

IDCH Talk dimulai dari pukul 16.00 wib hingga selesai. IDCH Talk sore ini bertema Jangan Jadi Blogger yang Segini Aja Cukup Kok. 

Menurut saya, tema ini sangat menarik sekaligus menjadi pengingat untuk terus belajar dan tidak mudah berpuas hati. Pasalnya dunia digital dan internet terus berkembang. 



Kita semua adalah pemula

Seorang yang sudah ahli dulunya adalah seorang pemula. Dari sharing session sore ini saya melihat bahwa dalam menekuni satu bidang, kita akan selalu menjadi pemula. Meskipun titik mulanya akan berbeda antara satu dengan lainnya. 

Dalam dunia blogger, akan selalu ada perubahan-perubahan dan perkembangan. Tugas kita adalah membiasakan diri dengan perubahan dan perkembangan itu. 

Nah, peringatan banget nih, untukku yang masih suka malas-malasan belajar dan mengikuti perkembangan teknologi di dunia blogger. 

Mulai dari mana?

Adalah pertanyaan yang sering sekali muncul di benak pada blogger pemula, dan tidak menutup kemungkinan juga muncul di benak blogger yang sudah lebih dulu terjun. 

Terkadang ada satu waktu yang membuatku kehabisan ide dan mulai bertanya ingin memulai dari mana. 

Tapi, sungguh, ada banyak hal yang bisa ditulis dan ada banyak sekali sumber inspirasi, Guys. Salah satunya adalah memulai dengan hal yang sedang kita geluti, dan hal apa yang ingin kita pelajari. 

Tentunya bukan kita seorang kan, yang bergelut di bidang tersebut dan ingin mengetahui hal tersebut. Akan ada banyak orang yang tertolong dengan tulisan-tulisan kita. 

Selain itu, di Google juga sudah banyak tools- tools yang bisa digunakan untuk mencari inspirasi, tinggal mengumpulkan niat saja untuk eksekusinya. 





Rajin bergabung dengan komunitas

Komunitas amatlah penting. Di sana akan banyak sekali pembelajaran yang didapat dan tidak akan didapat kalau berjalan sendirian. 

Dalam komunitas, kita akan bertemu dengan para blogger senior. Tentu mereka memiliki pengalaman yang banyak dari kita, dan kita bisa belajar darinya. 

Biasanya juga komunitas-komunitas memiliki cara dan tujuan untuk meningkatkan kualitas anggotanya, nah kita harus rajin ikutan tuh. 




Agar pembaca setia

Dalam sesi diskusi, ada banyak banget yang bertanya bagaimana caranya mendapatkan pembaca yang setia. 

Dari penjelasan Koh Dedy, aku menangkap bahwa setiap tulisan memiliki penikmatnya sendiri. Terkadang mungkin si penikmat tidak meninggalkan jejak di setiap tulisan kita, tetapi ia benar-benar membacanya. 

Ketika bertemu langsung, si pembaca setia ini akan berkomentar tentang tulisan kita. Pasti pernah dong ya, bertemu pembaca seperti ini.

Jadi tidak ada cara lain untuk menemukan pembaca setia selain terus menulis dan meningkatkan kualitas tulisan.



Seberapa pentingkah Niche blog?

Pertama kali mulai menulis di blog, Niche adalah hal yang sering kupusingkan. Ingin fokus pada satu Niche, tetapi ingin juga menulis tulisan yang beragam. 

Niche dapat membantu menaikkan branding diri. Ketika kita rutin menulis tentang suatu topik dan fokus pada topik tersebut, semakin lama keahlian dan pengetahuan kita tentang topik tersebut semakin kaya.

Dari diskusi hari ini, kita sepakat bahwa penting tidaknya menggunakan Niche tergantung pada tujuan awal membangun blog. Jika memang tidak ingin terfokus pada satu Niche, maka kalian bisa membuat label pada laman blog. 

Tujuannya agar pembaca mudah menemukan tulisan kita dengan topik tertentu. 

Pada akhirnya belajar adalah kewajiban kita jika memang ingin berkembang. Hari ini aku sangat mensyukuri sudah menghadiri acara IDCH Talk. 

Yuk, terus belajar dan meningkatkan kemampuan menulis kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar