Belajar SEO, 10 Istilah Penting dalam SEO yang Wajib Diketahui

 
Belajar SEO, 10 Istilah Penting dalam SEO yang Wajib Diketahui
Belajar SEO, 10 Istilah Penting dalam SEO yang Wajib Diketahui- SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan ke situs web atau blog melalui mesin pencari. 

SEO memiliki tujuan untuk menempatkan situs web pada posisi teratas atau pada laman pertama di mesin pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang sudah ditargetkan. SEO memiliki beberapa mekanisme kerja seperti crawling, indexing, dan ranking

Sebelum mengenal SEO lebih lanjut, penting untuk mengetahui istilah-istilah apa saja yang digunakan dalam SEO. 


Tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam mengimplementasikannya. Berikut istilah-istilah penting dalam SEO.

1. Anchor Text 

Istilah untuk kata atau kalimat yang digunakan sebagai link atau backlink. Penggunaan Anchor Text pada tulisan merupakan salah satu aspek penting dalam penerapan SEO. 

2. Backlink

Merupakan link atau hyperlink pada sebuah halaman web yang mengarah kepada website lain. Hyperlink dapat mengarah ke halaman homepage atau artikel tertentu dalam sebuah website. 

3. Bounce Rate 

Merupakan metrik dalam analisis website yang mengacu pada tingkat pentalan pengunjung sebuah blog atau website.


4. Google Analytics 

Layanan Google yang digunakan untuk melihat berbagai informasi tentang pengunjung website dan dapat dijadikan bahan analisis pengembangan website. 

5. HTML 

Singkatan dari HyperText Markup Language. Yaitu bahasa protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari server web ke dalam browser. 

HTML juga merupakan sekumpulan perintah yang didefinisikan ke browser sebagai sebuah tampilan dengan format tertentu. 

6. Meta Tag

Adalah kode HTML yang terletak pada bagian <head>. Meta Tag berguna untuk memberikan informasi tambahan kepada mesin pencari mengenai halaman web. 

7. Niche

Istilah yang berarti tema atau topik bahasan tertentu. Niche menggambarkan konten apa yang sering menjadi bahasan pada suatu website atau blog. 


8. Keyword

Istilah yang menunjukkan kata kunci utama dalam sebuah tulisan. Keyword berbentuk sebuah kata yang dicari oleh pengguna internet melalui mesin pencari. 

9. Heading

Merupakan alat bantu bagi user dan mesin pencari untuk memahami struktur sebuah text atau tulisan secara menyeluruh. 

Heading juga kerap digunakan menjadi penentu poin poin bahasan dalam satu tulisan atau text. 

10. Traffic Rank

Merupakan istilah untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website. Traffic Rank biasanya didapatkan melalui SEO tools.

Fungsi utama Traffic Rank adalah untuk mengetahui perbandingan traffic pada sebuah website dan website kompetitor. 

Demikianlah 10  istilah- istilah peting yang harus kamu ketahui sebelum mendalami SEO lebih lanjut. Penting untuk mengetahui istilah-istilah di atas agar tidak terjadi kesalahan dan kebingungan ketika hendak menerapkan SEO pada tulisan. 

2 Comments

  1. hai kak... membaca tulisan kaka yang ini menjadikanku membuka mata lebih lebar lagi. dan menyadarkanu bahwa aku ga tau apapun tentang ini... wkkwwk perlu belajar lagi lagi lagi.. makasih atas sharingnya.. mohon bimbingannya kedepan ya kakkk

    BalasHapus