Resep Menu Buka Puasa Praktis dan Enak, Dijamin Bakal Habiskan Nasi

Resep Menu Buka Puasa Praktis
Resep Menu Buka Puasa Praktis dan Enak, Dijamin Bakal Habiskan Nasi- Alhamdulillah Ramadan sudah masuk hari kedua. Seperti yang kuceritakan di tulisan sebelumnya, tentang Ramadan pertama sebagai keluarga baru, ternyata aku dan pak suami memiliki selera makanan berbuka puasa yang berbeda. 

Kalau aku sangat menyukai bukaan yang manis dan dingin seperti es cincau, es dawet, jenis sirup- sirup dingin, tetapi beliau tidak menyukainya. Beliau hanya suka teh manis panas. Sudah, itu saja. Jadilah aku terkejut karena kukira semua orang pasti akan suka dengan si manis dan dingin ini untuk berbuka puasa. 

Agaknya memang benar perkataan orang tentang menikah itu menyatukan dua kebiasaan, entah disuka atau tidak, menyatukan dua selera yang tentu berbeda meski saling cinta. 

Setelah mengetahui apa saja jenis makanan yang disuka oleh suami dan tentunya aku, aku jadi harus putar otak lagi nih, untuk menyiapkan menu-menu praktis untuk berbuka puasa. 

Maklumlah, selama sebelum menikah aku tidak pernah dipusingkan dengan menu-menu buka puasa. Kalau puasanya di perantauan, aku tinggal beli saja makanan dan kudapan yang kumau. Sementara kalau di rumah, Mama pasti sudah tahu menu apa yang cocok untuk semua anggota keluarga.
 
Nah, beruntung kita sama sama penyuka ikan dan ada nih satu masakan olahan ikan yang selalu menjadi comfort food kesukaan kita berdua, tentunya masakan ini sangat cocok untuk menjadi santapan buka puasa yang praktis dan enak tentunya. 

Makanan tersebut adalah ikan masak tauco. Olahan ikan satu ini susah banget untuk ditolak. Selain praktis, enak pula. Bagi teman-teman yang ingin merasakan nikmatnya, bisa mengikuti resep di bawah ini ya. 

Resep Menu Buka Puasa Praktis dan Enak, Dijamin Bakal Habiskan Nasi
Foto from Pinterest

Resep Ikan Masak Tauco

Bahan

Ikan segar. Bisa ikan Nila, Gembung atau Tongkol (jumlah disesuaikan dengan keinginan ya).

Cabe rawit hijau 

Cabe rawit merah 

Cabe hijau 

Cabe merah keriting

Bawang merah

Bawang putih

Daun salam

Jahe 

Lengkuas

Sereh

Tomat hijau

Bumbu

Garam

Tauco

Saos tiram

Cara memasak

1. Marinasi ikan segar dengan jeruk nipis dan garam. Setelah itu goreng ikan hingga matang. 

2. Iris semua bahan-bahan

3. Geprek jahe, lengkuas dan sereh

4. Tumis jahe, lengkuas, daun salam dan sereh terlebih dahulu. 

5. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Tumis hingga layu dan harum. 

6. Masukkan irisan cabai. Aduk-aduk agar merata hingga semua bahan tercampur dan berubah warna. 

7. Masukkan bumbu, saos tiram dan tauco terlebih dahulu, lalu beri air. 

8. Masukkan garam dan irisan tomat, aduk rata semua bahan. 

9. Masukkan ikan goreng. Tutup wajan dan biarkan air meresap ke dalam ikan. 

10. Jika air sudah sedikit menyusut, matikan kompor dan angkat ikan masak tauco, lalu siapkan di dalam piring dan hidangkan. 

Praktis bukan? Hahaha. Biasanya kalau sudah mentok mau masak apa, aku juga sering menjatuhkan pilihan kepada menu satu ini. Selamat mencoba.

Baca Juga

Tempat Ngabuburit Asyik di Jogja, Tempat Seru Menunggu Beduk di Kota Istimewa


0 Comments