Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta- Sebagai pecinta seafood, menjajal dan mencoba hidangan aneka masakan seafood di Jogja adalah cita-citaku. Jika biasanya akhir pekan aku dan keluarga menghabiskan waktu di kedai kopi, kali ini kami ingin mencicipi olahan aneka seafood di salah satu restoran seafood yang cukup terkenal di Jogja, yaitu Kepiting Bang Ja'i. 

Aku tidak tahu pasti kapan Kepiting Bang Ja'i ini buka restorannya di Jogja. Cuma, sejak jaman aku kuliah strata satu sekitar tahun 2014, nampaknya Kepiting Bang Ja'i sudah eksis. Sebab restoran ini selalu menjadi tujuan kalau ingin makan seafood dengan aneka bumbu. 



Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta



Restoran Kepiting Bang Ja'i memilik dua gerai di Jogja, satu di Jalan Seturan, satu lagi di Jalan Kabupaten. Berhubung kami membawa Shanum, jadi lebih aman dan nyaman untuk menikmati hidangan Kepiting Bang Ja'i di restoran yang ada di Jalan Kabupaten. 

Kenapa coba? Ya apalagi kalau bukan karena aku adalah ibu-ibu yang selalu mencari destinasi wisata baik alam maupun kuliner yang kids friendly. 

Beda Cabang, Beda Suasana

Seperti yang sudah kutuliskan di atas, restoran Kepiting Bang Ja'i punya dua cabang di Jogja. Cabang Seturan berupa ruko lantai dua yang memiliki beberapa meja dan kursi saja. Kalau ingin makan sendiri, berdua, atau sedang berada di tengah kota Jogja, maka Kepiting Bang Ja'i cabang Seturan bisa menjadi tujuan kalian.

Namun, jika ingin makan beramai-ramai, membawa anak kecil dan keluarga, aku lebih rekomendasikan yang di cabang Jalan Kabupaten. Perbedaan keduanya hanya luas lokasi saja, kok. 

Berhubung yang kudatangi adalah outlet Kepiting Bang Ja'i di Jalan Kabupaten, maka aku akan mengulas lebih detail tentang lokasi tersebut di tulisan ini. 

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta



Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta






Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta




Pertama masuk ke restoran, pengunjung akan disambut dengan area parkir yang luas, lalu berjalan ke sebelah kanan yang merupakan pintu masuk ke restoran ada kulkas tempat aneka seafood disimpan. Berlanjut ke meja kasir, dan di sisi kiri terdapat area bermain anak-anak dan beberapa kursi jika ingin menikmati hidangan di area bermain anak-anak. 

Lanjut ke dalam terdapat ruangan panjang dengan meja panjang pula, cocok dijadikan lokasi makan bersama dengan jumlah besar. Menjorok ke belakang akan ada kolam ikan yang luas dan pondok-pondok di tepinya. 

Kami memilih makan di tepi kolam dengan lokasi lesehan, karena akan mudah untuk Shanum bergerak tanpa kami takut ia akan terjatuh. Lokasi yang cukup luas, lega dan menyenangkan bagi anak-anak juga orang tuanya, menjadikan restoran Kepiting Bang Ja'i cabang Jalan Kabupaten ini lebih banyak dikunjungi. 

Aneka Hidangan Seafood dengan Ragam Bumbu

Seafood selain disantap dalam keadaan matang dan segar tanpa bumbu atau di cocol sambal saja, juga lebih enak jika dipadukan dengan bumbu seperti asam manis, saus padang, garlic butter, atau blackpaper. 

Kepiting Bang Ja'i menyediakan pilihan ragam bumbu di atas untuk hidangan seafoodnya. Disimpan dalam kulkas khusus dan dibubuhi lemon di atasnya, membuat seafood tetap segar. Kami memesan paket kepiting, kerang dara, dan udang yang dibumbui dengan saus padang, juga memesan lobster yang dibakar dengan madu. 

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta



Ada satu menu yang aku penasaran banget dan sering sekali melihat food vlogger makan menu yang satu ini, yaitu oyster atau tiram. 

Untuk oyster, aku tidak menyantapnya dalam keadaan mentah, ya. Oyster dibakar dan dihidangkan dengan sambal dabu-dabu di atasnya. 

Soal rasa kamu puas banget sih. Begitu hidangan datang dan lengkap, kami langsung menyantapnya tanpa ampun dan khusuk makan sampai kenyang. Bagaimana tidak, saus padang yang segar dan pedas dipadukan dengan udang segar yang manis, juga kepiting. 

Menurutku seafood itu cocok baget kalau dipadukan dengan saus padang. Menurut kalian gimana, teman-teman? Karena takut gagal dan ada trauma dengan saus blackpaper, aku jadi selalu cari aman. 

Untuk lobsternya juga enak, madu yang kena bakar itu rasanya manis manis smokey gitu. Cuma hidangan losbter bakar madunya agak terlalu asin aja buatku. Tetapi tetap aman dan enak kalau dimakan dengan nasi. 

Nah, saatnya menyantap si oyster dengan sambal dabu-dabu. Oysternya segar, apalagi jika dimakan dengan perasan jeruk nipis atau lemon, enak sekali. Cuma menurutku, sambal dabu-dabu yang diletakkan di atas oyster tidak perlu banyak-banyak. Karena rasa bawangnya akan menutupi rasa oyster. 

Jadi diletakkan sedikit saja, maka rasanya oysternya akan lebih terasa dan segar pedas dari sambal dabu dabu juga menyatu dengan oyster. 




Menu, Harga dan Jam Buka

Kepiting Bang Ja'i menyediakan menu aneka masakan seafood dan menu masakan Asia seperti Ikan Kuah Makassar, Capcay, Sup Jagung Kepiting dan aneka tumis-tumisan. Dibanderol dari harga 16 ribu rupiah dan harga menu best sellernya juga masih ramah di kantong. 

Berikut akan kusediakan gambar menunya, jika ingin informasi lebih lanjut, teman-teman bisa berkunjung saja ke Instagramnya di @kepitingbangjai.


Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta

Menyantap Aneka Olahan Seafood di Kepiting Bang Ja'i Yogyakarta



Buka dari pukul 10.30 sampai 22.00 WIB untuk gerai di Jalan Kabupaten dan mulai pukul 13.30 sampai 22.00 WIB di gerai Jalan Seturan. 

Overall, kami puas sih makan di Kepiting Bang Ja'i. Tempatnya bersih, rapi, pelayanan yang ramah dan sigap, ditambah lagi areanya luas dan kids friendly. 



Jika teman-teman ke Jogja, silakan mampir ke Kepiting Bang Ja'i dan nikmati hidangan seafoodnya yang enak-enak di sana. Selamat mencoba....



 

5 Comments

  1. Sedih ga bs makan seafood, tp venue asik banget yaaaaaaaa betah kongkow dan ada jus segar pulak, makasih rekomendasinya kak

    BalasHapus
  2. Wow! seafood ini salah satu makanan favoritku nih. aku mupeng banget sama oyster dabu2nya. looks yummy. Tempatnya kayaknya cocok buat kumpul rame2 bareng temen or keluarga ya. catet ah nama tempatnya. penasaran pengen mampir kesitu sekalian tengok keponakanku yg kuliah di Jogja

    BalasHapus
  3. Menu giant ber-4 terlihat lebih menarik daripada yang giant ber-2. Kayaknya kalau ke sini asiknya memang rame-rame. Ajak keluarga atau teman-teman.

    BalasHapus
  4. Baru banget kemarin anakku ngajakin makan seafood yg ditatakin hihi eh sekarang baca tulisan ini.. Jadi makin pingin makan seafood :D Iya Mba kalau sama anak tuh pasti lebih milih tempat makan yang lebih luas, lebih nyaman yaa.. Jadi penasaran sama kepiting Bang Jai.. Pingin juga nyoba lobster madu sama oysternya.. Duh ngiler beneran deh ini hihi

    BalasHapus
  5. Waah dari dulu ingin sekali kulineran seafood di jogja.. tapi belum kesampaian,, maklum biasa jalan di sekitaran stasiun ajaa

    BalasHapus