A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja- Lagi malas cerita yang serius-serius, tapi pengen nulis di blog. Jadilah aku tulis cerita tentang A Day In My Life. Biasanya lihat A Day In My Life di video Instagram, YouTube, atau TikTok, nah ini aku coba buat A Day In My Life versi tulisan blog, hehehe. 

Jadi, kemarin itu jatahku me-time. Selalunya aku suka ke kafe, toko buku, dan selalu bawa laptop. Karena biasanya ide nulis itu datang di waktu lagi senang dan tenang, jadi aku punya banyak energi untuk menulis. Satu hari sebelum hari jatah me-time, aku kepikiran bagaimana kalau me-time kali ini tidak bawa laptop. Ya jalan-jalan saja, duduk manis, berselancar di sosmed, tanpa menulis. kayaknya seru deh, pikirku. 

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja



Terlebih aku sedang penasaran dengan makanan yang lagi tren banget, Cromboloni. Iya, hahah jarang sekali aku ikut-ikut tren makanan, berhubung ini pastry dan aku suka pastry, ya aku rasa aku harus coba. Masalahnya, aku tidak tahu di mana si Cromboloni ini berada kalau di Jogja. 

Semakin bulatlah tekadku untuk tidak menulis dan membawa laptop, lalu menggantinya dengan membawa kamera. Karena kan mau berburu mencari Cromboloni, pasti berat kan kalau bawa laptop.

Jadi, di mana kah si Cromboloni berada? Baca tulisanku ini sampai habis, ya......

Cinema Bakery Jogja, Patisserie Ala Eropa di Jogja


Berhubung aku keluarnya dari pagi, ya sekitar jam 8 pagi lah, jadi aku pengen sekalian sarapan di luar. Aku juga pengen mengunjungi toko roti Cinema Bakery di pagi hari. Karena lebih teduh dan belum banyak orang yang datang. 

Cinema Bakery adalah toko roti yang menjual aneka olahan roti, cake, pastry, ala Eropa di Jogja. Cinema Bakery juga menjual gelato dan pizza. Meski kebanyakan menjual makanan ala Eropa, Cinema Bakery menyediakan kue kue kering yang sering ada di rumah kalau lebaran. Kaya nastar dan kue cookies coklat. 

Lalu, aku memastikan apakah Cromboloni ada di sini atau tidak. Setalah aku scroll instagramnya, ternyata si Cromboloni ada di sini. Cuma, namanya bukan Cromboloni, tapi Jogja Roll. Akhirnya kutetapkan tujuan pertama untuk sarapan di Cinema Bakery. 

Jaraknya 16 menit dari rumah, karena jalanan lenggang dan hati senang, aku merasa perjalanan ke Cinema Bakery jadi dekat, hahahah. Sampai di sana, benar saja. Belum banyak pengunjung yang datang. Baru terisi dua meja saja. Lalu aku masuk dan bau roti menyeruak di hidung. heuuummmm.

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja


Aneka macaron sudah berjejer cantik di etalase, pun gelato dengan berbagai warna dan rasa. Aku mengelilingi etalase demi etalase dan berakhir memilih  Jogja Roll si Cromboloni dan Supreme si Chocolate Cake. 

Aku tidak memesan minum, karena sepertinya akan terlalu kenyang dan mual kalau aku minum yang bergula atau kopi. Jadi, aku meminum minuman gratis dari Cinema Bakery. Yaps, setiap pembelian dine in, pengunjung dapat  minuman air mineral dingin satu botol kaca secara cuma-cuma, alias gratis. 

Sambil menunggu makananku datang, aku lanjut foto-foto suasana di Cinema Bakery. Kalau masih pagi begini, udara masih segar, matahari juga belum terik, dan banyak ayam yang berkeliaran di halaman Cinema Bakery. Syahdu banget.

Cinema Bakery ini memang di desain untuk tempat ngobrol-ngobrol bersama teman-teman. Area indoornya tidak banyak, namun outdoornya luas banget. Tidak banyak colokan listrik juga. Jadi ya sudah bener aku tidak bawa laptop dan bersantai menikmati makanan. 

Terlebih Jogja Roll si Cromboloni sudah datang, dan langsung aku santap. Aku pilih varian kopi. Kalau yang kulihat di beranda sosmed sih, teksturnya agak garing di luar, lembut di dalam, dan cream isinya juga berlimpah. Nah, si Jogja Roll ini agak beda. Isinya memang nggak sebanyak yang kulihat di video-video sih, cuma pas aja. Nggak terlalu banyak, tidak terlalu manis dan tidak bikin eneg. 

Toppingnya juga tidak meleleh. Lebih seperti whipped cream campur kopi lalu di keringkan. Manis garing gitu rasanya. Lumayan sesuai ekspetasi lah. Nah, kalau si Supreme Cake Chocolate ini yang mantap. Rasa coklatnya rich banget, ada pahit-pahit khas dark chocolate gitu. Teksturnya juga lembut. 

Kalau kalian ingin ke Cinema Bakery, saranku datang di waktu pagi atau sore hari. Sore hari di sini tidak kalah indahnya. Area Indoornya itu banyak pohon, dan anginnya banyak juga. Cuma, ya hati-hati kalau kelewatan ngobrol sampai malam, banyak nyamuk. 

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja



Nostalgia Makan Ayam Geprek


Setelah dari Cinema Bakery, aku mau isi perut dengan nasi dulu. Karena, perutku agak sakit gitu, kenyangnya juga masih ngambang (gimana dah tu). Aku juga berniat pengen main ke kafe dekat dari Cinema Bakery, karena jatah me-time ku masih sisa 5 jam lagi. Sekalian menuju kafe tujuan, aku berhenti di gerai ayam geprek, Hara Chicken. 

Lalu aku pesan paket dada gepreknya. Nasi, sayur sop dan minumnya bisa ambil sepuasnya loh di sini. Berhubung aku cuma butuh sedikit, jadi aku ambil secukupnya saja. Ayam geprek dan sop ini mengingatkanku dengan awal- awal aku kenal ayam geprek di Jogja. 

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja


Ya sekitar tahun 2014, awal masuk kuliah. Melihat sayur sop dan ayam geprek ini, jadi membawaku kembali ke masa awal kuliah. Setiap jam makan siang, selalu makan ayam geprek dekat kampus. Cabenya yang banyak, karena pedasnya cabe Jogja, agak berbeda dengan pedasnya cabe di Medan.

Setelah kenyang makan ayam geprek dan sayur sop, aku dan teman-teman langsung kembali ke kampus untuk shalat dan siap-siap masuk ke kelas selanjutnya. Sepanjang makan ayam geprek Hara Chicken itu, aku senyum senyum loh hahah. 

Kangen banget dengan masa-masa kuliah. Kangen tapi kalau disuruh ulang, aku ogah juga hahah. Karena susah banget keluarnya. Habis dari Hara Chicken, baru deh aku menghabiskan sisa-sisa waktu tenangku di Natura Dining by Nature

Singgah di Natura Dining by Nature


Setelah menyantap ayam geprek dan sayur sop, aku langsung bergerak menuju kafe Natura. Natura ini baru buka sekitar 4 bulan yang lalu, cukup baru. Suasananya menyenangkan, cocok jadi tempat nongkrong bersama teman dan keluarga. Kalau mau sekadar duduk- duduk dan nulis juga cocok banget. Mungkin bisa pilih di area belakang yang banyak colokannya. 

Seperti namanya, konsepnya memang alami. Banyak tumbuhan, ada air terjun mini dan akuarium yang diisi oleh ikan-ikan cantik mungil berekor indah. Aku sempat memvideokan ikan-ikan tersebut untuk jadi oleh-oleh buat Shanum. Terpantau, anaknya suka, sampai makan pun harus lihat video ikan.

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja



Sekilas yang kulihat dari menu di Natura ini cukup beragam dan terlihat enak. Kayaknya aku akan kembali lagi ke sini bersama keluarga untuk menyantap steaknya. Ada kursi buat anak-anak juga, sungguh sangat membantu orang tua, bukan. Karena sudah makan nasi, aku pesan Jus Nenas saja. 

Tidak banyak yang kulakukan di Natura. Begitu sampai di sini, aku langsung terpikir untuk membidik sudut-sudut indah yang mereka miliki. Rasanya cocok sekali aku datang ke sini. Aku sedang senang dengan rumah yang berkonsep alami dan banyak tumbuhan. Tapi tidak mau punya tumbuhan yang banyak dan semak. 

Secukupnya saja. Natura memberikanku banyak inspirasi tentang desain interior yang alami, bersih, hijau dan rapi. Tidak terlalu banyak tumbuhan yang menumpuk, tapi kesan alamnya tetap terasa. Setelah puas foto-foto, aku pun menghabiskan minumku dan bergegas pulang ke rumah. 

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja

A Day In My Life Edisi Berburu Cromboloni di Jogja


Perasaan Bersalah yang Tiba- tiba Muncul


Aku sempat kepikiran, sebenarnya apa sih perasaanku kalau lagi me-time begini. Apakah senang, lapang, sedih, atau malah bersalah. Jika rasa bersalah yang muncul, itu wajar. Mungkin aku sedang mengalami yang namanya Mom Guilt. 

Mom Guilt adalah perasaan bersalah yang sering dialami orang tua, terutama ibu. Berupa emosi kompleks yang muncul karena perasaan tidak ideal, tidak mampu memenuhi standar yang dianggap ideal sebagai orang tua. 

Terkadang hadir dalam bentuk perasaan bersalah karena sudah tega meninggalkan anak demi bersenang-senang sendirian. 

Apa teman-teman juga pernah mengalami perasaan bersalah itu? Lalu apa yang kalian lakukan?

Kalau aku, sejauh ini aku mengatasinya dengan meyakinkan diriku tentang mencintai diri sendiri. Sederhananya, kalau aku dalam kondisi yang stabil, bahagia, maka aku akan bisa menjaga anakku dengan bahagia pula. 

Perasaan bersalah tersebut tidak serta merta bisa ditepis begitu saja, tetapi kita harus menyadarinya dan menerimanya terlebih dahulu. Sadar dan menerima dalam bentuk pengakuan, bahwa kita memang sedang merasa bersalah. Selanjutnya barulah kita mencari solusi untuk mengatasinya. Kapan-kapan, Mom Guilt akan kubahas dalam tulisan terpisah.

So far, hari ini aku senang sekali. Memberi jeda sejenak dari semua rutinitas biasanya bisa membuatku hidup dan menikmati hidupku sendiri. Rasa senang dan penuh inilah yang akan kubagikan ke Shanum, pasangan, dan semua aktivitas yang kujalani. 

Terbukti saja, setelah melakukan me-time, biasanya tiga hari ke depan aku  lebih bersemangat. Tidak malas-malasan, dan mampu mengerjakan pekerjaan yang biasanya kutunda-tunda. Nah, hari ke empatnya, baru deh lesu lagi hahaa. 

Sekian tulisan hari ini, sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya Gengs.... Have a Nice Day.

18 Comments

  1. Mee tim- nya seru ya, Mba.Meskipun sendirian tapi masih bisa membuat artikel ini sangat menarik, justru berbagi pengalaman yang mengesankan saat jalan-jalan seorang diri. Hehehe

    Pdahal niatnya tidak membawa laptop, namun berbekal foto, gambarnya jadi hidup dan membuat yang baca jadi ikut merasakan suasanya. Sip deh

    BalasHapus
  2. Senangnya bisa jalan dan kasih waktu ke diri sendiri. Boleh dicoba nih biar semangat. Kayaknya saya lebih senang ke pantai kalau mau me time 🤭

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah berarti tujuan me time-nya bener2 tercapai ya kak, soalnya jadi lebih hepi dan bersemangat hihi. Next ditunggu pembahasannya soal Mom Guilt yaa...

    Btw, fotonya estetik2, aku suka liatnya. Masih penasaran juga, kenapa sih di Joga banyak tempat makan yang suasananya vintage2 gimana gitu. Kan aku jadi mupeng ya :") Aku belum nyobain crombloni, belum pengen. Di sini lagi hype banget, di Sby sama Malang kalo aku liat di sosmed selalu rame dan sold out, kalo mau beli kudu antri panjang. Jadi kayaknya aku nunggu agak redaan dulu deh hehe..

    BalasHapus
  4. Wow Cromboloni yg sedang jadi idola ada juga di Jogja yaa hehe. Tapi menarik sih Mba yg Cinema Bakery, bulan depan bakal ke Jogja nih alhamdulillah dapet tempat baru buat dikunjungi hehe. Nanti temenin yaa :D Btw menurutku me time itu perlu Mba agar kita punya waktu utk diri sendiri, punya waktu utk ngobrol sama diri sendiri dan menikmati istirahat dari segala macam rutinitas. Sehat-sehat yaa salam utk keluarga :)

    BalasHapus
  5. Me time di Jogja itu enak banget deh, bisa nongkrong aja di penginapan, atau hunting cafe dan kuliner, atau sekedar keliling kota atau blusukan sambil motoran gitu.
    Aku pernah ke Cinema Bakery yang di jalan Palagan sih, sepertinya tempatnya lebih kecil daripada Cinema Bakery yang di Wonorejo itu. Tapi emang pastrynya juara sih.

    BalasHapus
  6. cromboloni ini lagi viral banget yaa kayaknya di kotaku juga ntar bakalan ada ini produknya. sudah lama banget euy nggak nonkrong di cafe soalnya sekarang kalau ke kantor itu sama anak jadi jarang deh kumpul sama teman

    BalasHapus
  7. Asik banget nih kak berburu cromboloni, ini makanan keknya lagi rame banget, sampai banyak yang cari juga ditempat ku karena saking langkanya yang jual hehe

    BalasHapus
  8. Di Medan cromboloni harus PO, dan habisnya juga cepat banget. Sampao sekarang masih penasaran tapi tunggu agak reda baru kejar ceomboloni lagi.

    Kak, cafenya nyaman banget, cocok banget buat me time di tempat ini

    BalasHapus
  9. Huhuhuuu,, Mom Guilts ini selalu menghantui aku setiap hari...
    Itu yg membuat aku juga gak pernah merasakan me time dalam waktu yg lama..
    Setiap kali mau keluar rumah perasaan takut dan bersalah selalu menghantui.. So kemana mana mesti bawa bayi..ditunggu tulisan ttgn guilt Mom nya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan..kan... sama bangek Kak. Kadang aku sampe minta maaf ke suami karena udah bikin dia pusing jaga bayi. Padahal doi juga oke oke aja, dan memang nggak perlu minta maaf

      Hapus
  10. Efek dari momen me time-nya bertahan cukup lama ya, Mba. Tiga hari termasuk waktu yang sudah cukup sih untuk kemudian nggak bermalas-malasan sampai menunda kegiatan sebagai ibu yang dibutuhkan.

    By the way, suka sekali dengan setiap foto dari tempat-tempat yang Mba kunjungi. Cakep-cakep. Cromboloni beneran lagi hits ya. Banyak banget yang nyariin belakangan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Lumayan lah, dayanya bisa dipakai tiga hari, hahaha. Tempatnya emang cakep sih kak, jadi yang ke potret juga cakep

      Hapus
  11. wah crombolini memang goes viral banget ya kan, aku udah cobain sebelum viral langsung makan di monsieur spoon eh bener gak tuh tulisannya, btw kangen banget sama jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wawww, malah lansung makan di monsieur spoon nya ya kak. Kapan-kapan main ke Jogja, Kak.

      Hapus
  12. Hari keempat kudu me-time lagi, hahaha...

    Senangnya yang abis me time. Aku belum pernah makan crombolini, rencananya mau buat sendiri aja karena di Jakarta masih antre.

    Eh cinema bakery ini sangat estetik mana ada ayamnya juga. Mau ah mampir kalau ke Jogja

    BalasHapus
  13. Suka deh sama konsepnya Cinema Bakery. Vintage banget ya mba tempatnya.. Kalau dine in dapat air mineral gratis di botol pula. Sukaaa.. :) Btw, aku belum nyobain cromboloni yang viral itu hihi.. Jadi pingin langsung me time buat makan cromboloni juga jadinya :D

    BalasHapus
  14. Mom Guilt ini bisa jadi muncul sih yaa..
    Tapi aku suka kasih affirmasi, "Nanti kalau ada anak-anak ama suami, bisa diajakin ke sini nih.. buat qtime"

    Sekalian me time dan nostalgia di cinema bakery buat recharge semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, aku juga gitu mbak. kalau kebetulan ke tempat yang bagus sendirian, pasti bakal balik lagi sama suami dan anak.

      Hapus