Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi- 6 tahun tinggal di Medan, kemudian merantau ke Jogja membuatku sering sekali rindu dengan makanan-makanan yang ada di Medan. Memang dasar doyan makan, merantau bukannya rindu orang tua, tapi malah rindu dengan makanan, hahaha. 

Meski kata orang setiap kita pergi ke suatu tempat, di sana akan ada hal-hal pengganti dari apa yang kita tinggalkan, tetap saja dan rindu dengan kuliner kota Medan ketika melihat makanan-makanan itu bergantian lewat di timeline Instagram, terutama mie ayam.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi
Foto : Official Instagram @hajimahmud.id


Berawal ketika mondok di sebuah Pesantren di Medan, salah satu kebiasaan para santri/wati adalah bertukar makanan atau saling membagi makanan. Jika salah seorang dari kami sedang dikunjungi orang tuanya, maka ia akan membagikan makanan yang dibawakan orang tuanya tersebut kepada kami, teman-temannya. 

Ya, namanya juga hidup bersama. Senasip sepenanggungan, kalau kata orang tua. Dari temanku itulah pertama kali lidahku mencicipi mie ayam jamur. Selalunya, aku memang sering menyantap mie ayam, tapi baru kali ini aku memakan mie ayam jamur. Rasanya yang enak membuatku penasaran. Namun, rasanya malu kalau menanyakan di mana mie ayam ini dibeli. Nanti, dikira ketagihan, padahal memang iya, hahaha. 

Selang beberapa minggu, giliran aku yang dijenguk. Satu hari sebelum dijenguk, aku sudah berpesan kepada orang tua, untuk mencarikan dan membawakanku mie ayam jamur. Harus mie ayam jamur, jangan mie ayam doang. Akhirnya, mie ayam jamur itu sampai di tanganku, dan tentu saja aku dengan lahap menyantapnya tanpa ampun. Ludas dan kandas. 

Setelah itu, aku tidak pernah lagi memakan mie ayam jamur yang enak itu. Sampailah ketika pulang kampung dan singgah ke Medan, dua tahun yang lalu, seperti biasa, aku pasti tidak akan melewatkan menyantap kuliner khas Medan yang kurindukan. Aku ingin sekali makan mie ayam jamur. 

Lalu Kakakku menawarkan Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Mie ayam dan jamur, dua makanan kesukaanku.

Membayangkannya berada dalam satu sajian yang sama, aku jadi menelan air liur sendiri. Berhubung rumah kami jauh dari lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, kami memesannya melalui ojek online. Tidak lupa untuk melihat review di Google dan ojek online, karena review pelanggan akan membuat kita lebih yakin. 

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi


Setelah membaca review di Google dan ojek online, kami pun memutuskan untuk membeli Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Tiga puluh menit kemudian, semangkung mie ayam jamur sudah ada di depan meja dan siap untuk disantap. Potongan ayam yang pas ditambah gurihnya jamur dan kuah mie ayam membuat kami makan dengan lahap bak sedang berlomba. 

Ketika menyantap mie ayam jamur ini, lidahku seperti merasa familier dengan rasa khas mie ayam jamur ini. Ternyata, mie ayam jamur yang dibawakan orang tuaku dulu ke Pesantren adalah Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. 

Tidak puas dan masih rindu, dua hari kemudian aku dan temanku berkunjung ke outletnya yang ada di Jalan Abdullah Lubis. Kembali memesan mie ayam jamur dan minum es teh manis yang segar. Ngomong-ngomong, meski menjual namanya Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, mereka tidak hanya menjual mie ayam jamur saja. Ada banyak hidangan makanan lainnya yang tidak kalah enak.

Meski dijual di tempat yang proper, memiliki cita rasa yang lezat, harga makanan di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga masih ramah di kantong, lho. Bahkan, sering ada promo.



Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga menjual nasi goreng, bubur ayam, ifu mie, mie tiaw, mie hun goreng, dan aneka soto juga sop. Banyak menu yang bisa dijadikan pilihan. Jadi, sudah sepantasnya Mie Ayam Jamur Haji Mahmud menjadi wisata kuliner Medan yang wajib dikunjungi kalau teman-teman berkunjung ke Medan.


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi
Mie PJ Goreng |  Foto : Official Instagram @hajimahmud.id


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi
Udang Goreng Tepung | Foto : Official Instagram @hajimahmud.id


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang Wajib Dikunjungi
Mie Ayam AJ Spesial | Foto : Official Instagram @hajimahmud.id


Dari Gerobak Keliling Hingga Sukses Menyediakan Makanan Enak di Medan


Kisah sukses tak jarang bermula dari perjuangan seorang pengusaha yang gigih dan berkomitmen. Begitu pula dengan perjalanan usaha Bpk. H. Mahmud S, atau yang akrab dipanggil Pak Haji. Beliau adalah seorang pengusaha kuliner asal Medan yang membangun keberhasilannya dari sebuah gerobak keliling dengan dua menu andalan, mie ayam jamur, dan mie ayam pangsit.

Nama bisnisnya, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud atau lebih dikenal sebagai Mie Ayam Mahmud, menjadi semakin melekat di hati masyarakat. Pada awalnya, Mie Ayam Mahmud hanya sebuah gerobak keliling yang menjajakan mie ayam jamur dan mie ayam pangsit. 

Namun, dengan kegigihan Pak Haji, usahanya mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat Medan. Nama singkat dan familier Mie Ayam Mahmud pun dipilih untuk memudahkan pengenalan dan mudah diingat oleh pelanggan. 

Pada tahun 1990, gerobak keliling itu berkembang menjadi outlet kecil yang terparkir di depan Masjid Aljihad Medan. Tetap mempertahankan kualitas dan cita rasa khas, Mie Ayam Mahmud terus memikat lidah pelanggannya.

Kemudian, di tahun 2000, Mie Ayam Mahmud melangkah lebih jauh dengan membuka outlet permanen di Jl. Abdulah Lubis No. 57/71, Medan. Pak Haji sadar akan pentingnya merambah lebih luas agar bisa dijangkau oleh masyarakat di berbagai area, Mie Ayam Mahmud membuka lima cabang di Medan, seperti di Transmart Carrefour Medan Fair (Jl. Gatot Subroto), Carrefour Citra Garden (Jl. Jamin Ginting), Amaliun Foodcourt (Jl. Amaliun), dan D’Loft Thamrin Plaza Lt. 7 (Jl. Thamrin). 

Semua cabang ini tetap berada di bawah pengawasan dan kendali mutu dari outlet pusat di Jl. Abdullah Lubis. Mie Ayam Mahmud bukan hanya sekadar warung mie ayam, tetapi juga kisah inspiratif tentang bagaimana kegigihan, dedikasi, dan kualitas dapat membawa sebuah gerobak keliling menjadi waralaba kuliner yang dikenal masyarakat luas.

Penutup


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tak hanya menyajikan mie ayam yang lezat, tetapi juga membuktikan bahwa cita rasa yang baik dan dedikasi pada kualitas dapat membuka pintu kesuksesan yang lebih luas. Sekarang, sudah 35 tahun Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, melegenda dan gaul hadir menyediakan hidangan makanan enak di Medan. Waktu yang tidak sebentar untuk berkembang, merintis dan menjaga kualitas rasa makanan. 

Sebagai pelanggan yang pernah menyantap semangkuk mie ayam jamur yang lezat, dengan bertambahnya usia usaha Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, semoga tetap menjadi tempat pulang di mana pelanggan merindukan mie ayam jamur yang enak. Jadi, ingat ya, kalau ke Medan, jangan lupa berkunjung ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Selamat berwisata dan mencicipi mie ayam jamur paling enak di Medan.

0 Comments