Serunya Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome

Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome

Access to computers and the internet has become a basic need for education in our society - Kent Conrad

Beda generasi, beda pula cara pendidikannya. Kata-kata ini mengingatkan saya tentang bagaimana pendidikan dan cara belajar yang terjadi di masa sekarang. Jika pada zaman generasi Baby Boomers, generasi X, Y dan Z kebanyakan pendidikan dan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, pada zaman generasi Alpha, justru pendidikan mulai banyak bergantung dengan teknologi. 

Terlebih pasca pandemi Covid-19 yang mana membawa perubahan besar-besaran pada dunia pendidikan. Saat ini semua orang hampir bisa belajar dan mengakses pengetahuan hanya dengan memiliki smartphone atau laptop. 

Peran teknologi memang tidak bisa langsung menggantikan peran guru. Namun terdapat perbedaan hasil akhir pendidikan pada zaman sekarang. Saat ini outcome dari pendidikan adalah kemampuan pelajar belajar secara mandiri atau self directed learning. 

Setelah lulus dari bangku perkuliahan pada tahun 2020, saya lantas tidak langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Banyak pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan dan salah satunya adalah kemungkinan pembelajaran secara daring dan saya sedikit lelah dengan pendidikan formal. 

Meski begitu, saya tetap rajin mengikuti kelas-kelas yang bersinggungan dengan latar belakang pendidikan saya. Seperti saat ini, saya sedang mengikuti kelas Neuroscience di The University of Chicago melalui website Coursera.


Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome


Sudah pasti pembelajaran dilakukan secara daring. Untuk memperlancar proses pembelajaran, saya tentunya sangat butuh jaringan internet yang cepat. Untuk itu, saya memakai IndiHome di rumah saya. IndiHome sebagai internetnya Indonesia memang memiliki sinyal yang kencang sekali. 

Jadi saya tidak perlu khawatir video pembelajaran saya terputus putus karena gangguan sinyal. Mantap betul, kan. Begitulah manfaatnya internet, bisa menjangkau apa yang sebelumnya tidak terjangkau. 

Mengapa Kita Harus Terus Belajar Meski Sudah Tidak Duduk Di Bangku Sekolah Formal? 

Menurut saya, belajar harus tetap dilakukan sampai kapan pun. Dunia terus berkembang, ilmu pengetahuan banyak mengalami perubahan dan pengembangan. Bayangkan saja kita sebagai manusia yang sangat terdampak oleh perubahan dunia, tidak belajar mengikuti perkembangan tersebut.

Terlebih belajar dengan perkembangan teknologi. Siapa pun pada zaman ini harus melek teknologi jika ingin maju dan mengubah nasib. Jika masih terbesit rasa malas untuk belajar, ya selamanya akan ada di tempat yang sama sementara dunia terus bergerak. 

Saat ini, tidak hanya bisa menempuh sekolah formal, bahkan banyak tempat yang bisa dijadikan sekolah. Manfaatkan internet dengan baik, untuk membuka ilmu-ilmu baru. Perlahan tapi pasti, ketika kita tetap belajar dan mengikuti perkembangan zaman, peluang-peluang yang baru akan menghampiri. 

Tips Lancar Belajar Daring Meskipun Beda Negara 

1. Akses Internet yang Kencang


Hal pertama yang perlu kami miliki adalah akses internet yang kencang. Bayangkan saja bagaimana sinyal internet yang kamu gunakan terputus putus, tentu pembelajaran akan menjadi tidak efektif. Terlebih jika menggunakan bahasa asing, akan lebih tidak nyaman lagi. 

Untuk menjaga koneksi internet tetap kencang, saya memakai jasa dari IndiHome. Jaringan IndiHome juga sudah tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia, jadi saya tidak perlu khawatir jika sedang bepergian, tetap bisa belajar. 


2. Tempat dan Suasana yang Kondusif


Penting sekali menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Terlebih belajar secara daring akan menuntut kita menghadap ke layar laptop untuk waktu yang cukup lama. Penataan meja, kebersihan ruangan, suhu ruangan dan kudapan, perlu diperhitungkan juga. 

Tentu kita pun akan lebih nyaman jika belajar di tempat yang bersih dan kondusif kan? 

3. Coba Iringi Proses Belajar dengan Memutar Instrumen Lagu yang Santai


Mulanya, saya tidak terbiasa dengan iringan musik ketika belajar. Suatu ketika saya mengikuti sebuah pelatihan, selama pelatihan berlangsung proses belajar diiringi dengan instrumen lembut dan santai. Entah bagaimana suasana tersebut justru membuat saya tenang dan tambah fokus menyimak pelajaran. 

Kemudian saya mencoba memutar instrumen ketika saya belajar di rumah, hebatnya, saya tetap menikmati pembelajaran dan minim stress. Jadi, jika teman-teman ingin menambah semangat dan ketenangan saat proses belajar, boleh dicoba untuk memutarkan musik instrumen yang santai. 




Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome

Provider produk Telkom Indonesia ini sudah melebarkan sayapnya melalui penyebaran akses internet yang merata hingga pelosok Indonesia. Jaringannya yang stabil, akses kecepatan internet unlimited hingga 3000 Mbps, dan kestabilannya dalam cuaca membuat saya leluasa berselancar di dunia maya. 

IndiHome benar-benar memfasilitasi kebutuhan internet masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri. Jaringan yang kencang dan minim masalah. Bagiku belajar itu harus terus dilakukan sampai kapan pun. Dunia ini terus berputar, terus bergerak cepat, jadi kita harus tetap memperbaharui pengetahuan kita. 

Untuk mendukung hal tersebut, manfaat internet kian terasa. Kita bisa belajar di mana saja dan kapan saja asal memiliki niat yang kuat, uang, dan internet yang super kencang. 

3 Kelebihan IndiHome dalam Menyediakan Jaringan Internet

Dilansir dari website resmi IndiHome, berikut layanan internet yang dapat dinikmati masyarakat Indonesia. 

1. Wifi.id Seamless

Biasanya jika aku menggunakan internet di kedai kopi kesayanganku, pertama kali mengakses internet dari Wifi,id. Layanan ini diciptakan agar masyarakat Indonesia dapat mengakses internet di mana saja. 

2. Speed On Demand

Kita juga dapat menambahkan kecepatan internet secara temporer sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Kurang apa lagi coba? 

3. Upgrade Speed

Bukan hanya dapat menambah kecepatan internet secara temporer, melalui Upgrade Speed masyarakat Indonesia juga bisa menambahkan kecepatan akses internet secara permanen. 

Fasilitas dan peluang untuk belajar di mana saja dan kapan saja sudah tersedia. Manfaat internet juga kian terasa. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk berdiam diri. Peluang akan selalu ada, namun mereka yang meraihnya adalah orang-orang yang belajar dan mempersiapkan diri. 

Yuk, nikmati serunya belajar di mana saja dan kapan saja bersama IndiHome.

Referensi

https://indihome.co.id/about-indihome

7 Comments

  1. keren banget artikelnya mbakk. Internet memang sangat merubah cara manusia dalam berbudaya

    BalasHapus
  2. Yapp Internet emang sangat penting yaa di era sekarang. Dengan Internet kita bisa belajar dan explore apaoun tentang dunia

    BalasHapus
  3. masih ingat guruku selalu mengatakan carilah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat, kalau dibahasakan sekarang kita harus selalu belajar tanpa memandang umur, dan tanpa kata terlambat.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya.. Pandemi mengajarkan kita banyak hal, termasuk belajar dari rumahaja menggunakan jaringan internet lancar dari indiHome. Kini sudah menjadi sebuah kebiasaan baru bahwa anak-anak mudah mengakses ilmu dan informasi menggunakan internet.

    BalasHapus
  5. Betul mbak, belajar memang sampai akhir hayat..

    BalasHapus
  6. Saat ini internet sangat bermanfaat di berbagai aspek kehidupan, dan tentu penyelenggara layanan internet termasuk indihome diharapkan dapat memberikan layanan terbaik...

    BalasHapus
  7. Pengguna Indihome mana nih suaranya? Memang kebantu banget ya saat skul online dan wfh 2 tahun belakangan inj

    BalasHapus