Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik

Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik-  Sebagai ibu baru, tangisan anak adalah salah satu hal yang membuatku panik. Pasalnya, kita tidak bisa mengetahui secara langsung apa yang dirasakan anak, pun anak tidak mungkin memberi tahu secara langsung apa yang ia rasakan.
Semuanya hanya menebak berdasarkan ciri-cirinya saja. Pernah satu waktu Shanum terus menerus menangis. Biasanya aku langsung memeriksa popoknya, memberikan ASI, atau mengajaknya bermain. 

Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik
Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik

Namun tangisan tidak kunjung reda. Sudah bingung ingin berbuat apa, aku lalu mengamati gerakan Shanum. Tampak gerak tubuh dan posturnya sudah berbeda. Shanum kerap kali melingkarkan kakinya dan mengangkatnya menuju perut. 
Berdasarkan artikel dan informasi dari dokter yang kuterima, umumnya jika anak melingkarkan kaki dan menariknya menuju perut, artinya ada yang tidak nyaman di perutnya. 
Esok harinya ketika jadwal imunisasi, aku bertanya pada dokter tentang apa yang dialami Shanum. Lalu dokter memberitahuku kalau Shanum sedang kolik. Dokter juga menyarankan untuk memberikan Shanum probiotik. 

Berkenalan dengan Kolik Pada Bayi


Kolik infantil, yang juga dikenal sebagai kolik pada bayi, merupakan kondisi yang sering membuat para orang tua khawatir. Bayi yang menderita kolik sering kali menunjukkan gejala berupa tangisan yang berkepanjangan dan sulit dikendalikan tanpa alasan yang jelas.
Kolik pada bayi adalah keadaan yang membuat bayi terlihat rewel, sering menangis berkepanjangan dan sulit untuk dikendalikan tanpa sebab yang jelas.
Kondisi ini biasanya muncul pada bayi berusia 2 minggu hingga 4 bulan, terutama pada sore dan malam hari, yang dapat mengganggu tidur dan istirahat bagi bayi dan orang tua.
Umumnya bayi yang menderita kolik akan menunjukkan ciri-ciri seperti menangis secara intens dan tidak bisa dihentikan, perubahan postur bayi, tidak ada penyebab yang memicu tangisan seperti buang air besar, kedinginan atau kepanasan.

Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik
Interlac Drop 


Penelitian menunjukkan bahwa satu dari empat bayi baru lahir berisiko mengalami kolik. Salah satu penyebab kolik pada bayi adalah ketidakseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan, di mana bayi dengan kolik memiliki jumlah probiotik Lactobacillus atau bakteri baik yang lebih rendah dan bakteri jahat yang lebih tinggi dibandingkan bayi sehat. 
Selain itu, masalah pada gerakan usus bayi juga dapat menyebabkan perut kembung, gas, dan sembelit. Tentu sebagai orang tua kita bertanya-tanya apa sebenarnya penyebab kolik pada bayi.
Umumnya kolik terjadi karena bayi merasa tidak nyaman di bagian perutnya. Di usia bayi, bayi masih kesulitan mencerna makanan yang masuk ke tubuhnya. 

Perbedaan Menangis Bayi yang Dikategorikan Sebagai Kolik


Lalu, apa bedanya bayi menangis karena risih, lapar, kepanasan dengan menangisnya bayi yang sedang kolik?

Nah, pertanyaan di atas sering kali muncul ketika berbicara gejala kolik berupa tangisan berkepanjangan. Pasti keadaan ini membuat orang tua menjadi bingung.  

Berikut perbedaan antara tangisan bayi karena risih dengan tangisan bayi karena Kolik.
  • Bayi yang menderita kolik umumnya berusia kurang dari 5 bulan.
  • Gejala kolik meliputi nangis berulang, nangis berkepanjangan, rewel, dan irritable.
  • Nangis bayi kolik tidak memiliki penyebab yang jelas, seperti demam atau batuk.

Orang tua, terutama ibu, mungkin pernah mengalami anak yang mengalami kolik tanpa menyadari bahwa itu adalah gejala kolik. Ketidakpahaman ini dapat menyebabkan kepanikan ketika gejala kolik muncul, terutama karena tangisan bayi yang khas.
Jadi, sebagai orang tua, penting banget nih, kita memahami dan sadar akan gejala kolik agar kita dapat mengidentifikasinya dan menanganinya dengan cepat dan tepat. Karena, bayi menangis adalah hal yang biasa dan lumrah sehingga harus lebih cermat lagi untuk melihat apakah bayi kita sedang kolik atau hanya sekadar risih saja.
Bayi kolik yang tidak di diagnosa dan tidak diterapi ternyata memiliki dampak jangka panjang misalnya berisiko lebih tinggi terkena ADHD, sulit berkonsentrasi, nyeri pada perut, dermatitis atopik, alergi hingga asma. 
Hal ini yang disebut dalam dunia kesehatan sebagai gut brain axis, secara sederhana diartikan ada hubungan dua arah antara saluran pencernaan (gut) dengan otak manusia (brain).


Interlac Drop, Probiotik yang Bantu Redakan Kolik Pada Bayi


Berbicara tentang solusi untuk kolik pada bayi, salah satu jawabannya adalah penggunaan probiotik. Probiotik membantu mengembalikan keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan bayi. Salah satu produk probiotik yang dapat diandalkan adalah INTERLAC®, hasil kerjasama antara PT. Interbat dan BioGaia, yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.
INTERLAC® menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang dipatenkan dan telah teruji klinis. Hingga Desember 2022, strain Lactobacillus reuteri yang digunakan dalam INTERLAC® telah didukung oleh 258 uji klinis dengan lebih dari 21.000 partisipan, menjadikannya strain probiotik berpaten dengan uji klinis terbanyak di dunia. Produk ini efektif, aman, dan telah memenuhi semua syarat probiotik dari WHO.
Bakteri baik, seperti yang terkandung dalam INTERLAC®, memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imun, melawan toksin, dan membantu proses pencernaan.
INTERLAC® hadir dalam berbagai varian produk, termasuk drops, sachet, tablet kunyah, dan tablet hisap, sehingga dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan bayi.

Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik
INTERLAC®, hasil kerjasama antara PT. Interbat dan BioGaia, yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.

Meskipun banyak probiotik di pasaran, WHO menegaskan bahwa manfaat kesehatan probiotik dapat berbeda antara satu jenis atau strain dengan strain lainnya. INTERLAC® dengan kandungan Lactobacillus reuteri DSM 17938 merupakan solusi unik yang teruji klinis dan direkomendasikan oleh lembaga internasional sebagai terapi dan pencegahan kolik dengan efikasi dan keamanan yang terbukti.
INTERLAC® tidak hanya meningkatkan jumlah bakteri baik dan mengurangi bakteri jahat dalam saluran cerna, tetapi juga membantu mengurangi gas dan meningkatkan pola gerakan usus bayi.
Interlac juga mendukung terbentuknya generasi emas dengan memaksimalkan masa-masa golden period of intervention. Masa ini dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan si kecil. 1000 hari pertama si kecil.
Penting untuk diingat bahwa INTERLAC® merupakan suplemen kesehatan yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Produk ini tersedia di berbagai tempat, mulai dari baby shop, apotek, hingga outlet modern seperti Guardian, Watsons, Boots, E-commerce dan supermarket.

Manfaat INTERLAC® untuk Kolik

Interlac mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938, satu-satunya probiotik yang telah memiliki uji klinis sebagai terapi dan pencegahan kolik.

  • Pengurangan Waktu Menangis pada Bayi
Hasil studi menunjukkan bahwa Interlac dapat mengurangi waktu menangis pada bayi hingga 74% setelah 1 minggu pemakaian, bahkan efeknya sudah terlihat mulai dari hari pertama pemakaian.
Studi juga mencatat tingkat keberhasilan yang tinggi, yaitu sebesar 95%, dalam menurunkan durasi menangis pada bayi yang diterapi dengan Interlac. 

  • Peningkatan Kualitas Hidup Orang Tua
Interlac tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup orang tua. Hal ini terkait dengan berkurangnya kolik pada bayi yang dapat mengurangi kesulitan tidur orang tua dan memperbaiki kualitas tidur mereka.

  • Dukungan untuk Menyusui Lebih Lama
Interlac dapat membantu ibu menyusui lebih lama. Bayi yang mengalami kolik dan membuat ibu stres dapat menyebabkan produksi ASI yang terhambat. Dengan terapi Interlac, kolik berkurang, stres pada ibu berkurang, dan produksi ASI menjadi lebih lancar, memungkinkan ibu menyusui bayi lebih lama.

Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik



Apa Sih Bedanya Bakteri Jahat dengan Bakteri Baik?


Fakta tentang  bakteri patogen atau bakteri jahat:
  • Bakteri patogen adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada usus.
  • Mereka mampu menghasilkan zat beracun atau toksin yang dapat mengakibatkan efek karsinogenik.
  • Bakteri patogen berisiko menyebabkan gangguan pada saluran cerna dan dapat menyebabkan sakit.
Fakta tentang bakteri baik atau probiotik:

  • Bakteri baik, juga dikenal sebagai probiotik, memberikan manfaat kesehatan.
  • Dapat memproduksi antibodi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan toksin, alergen, dan mikroorganisme berbahaya.
  • Bakteri baik membantu dalam proses pencernaan.

Penyebab umum kolik pada bayi adalah dysbiosis. Dysbiosis terjadi  ketika terdapat ketidakseimbangan antara bakteri jahat dan bakteri baik dalam saluran cerna. Kondisi ini, dysbiosis, diidentifikasi sebagai penyebab utama kolik pada bayi. Ketidakseimbangan ini dapat memicu gangguan pada sistem pencernaan dan menyebabkan gejala kolik.

Cara Menggunakan Interlac Drop


  • 5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter.
  • Kocok botol terlebih dulu.
  • Tuang dengan botol dimiringkan 45 derajat sampai menetes.
  • Tuang 5 tetes Interlac drop ke sendok lalu suapkan ke bayi.
  • Tutup kembali yang rapat, setelah digunakan simpan kembali di kulkas bawah (bukan di freezer).
  • Interlac drops setelah dibuka, akan optimal manfaatnya hingga 3 bulan.
  •  Jika disimpan lebih dari 3 bulan hasilnya akan kurang optimal.
Review Interlac Drop, Solusi Ampuh untuk Bayi Kolik
Informasi Penggunaan Interlac Drop



Penutup 

Usai memberikan Interlac Drop kepada Shanum, perlahan Shanum mulai sering buang angin dan tidak melingkarkan kakinya lagi ke arah perut. Frekuensi menangisnya pun berkurang. Pengalaman ini membuatku sadar untuk peka dalam memperhatikan perubahan gerak-gerik pada anak bayi. 
Sekarang, kami selalu menyediakan Interlac Drop di rumah. Interlac Drop bukanlah obat. Tetapi termasuk suplemen makanan. 
Menjadikan INTERLAC® sebagai bagian dari perawatan bayi, aku sebagai orang tua baru ingin memberikan perlindungan yang maksimal dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan si kecil. Probiotik ini bukan hanya sekadar solusi untuk kolik, tetapi juga investasi dalam kesehatan masa depan anak.
Jika Parents punya pengalaman tentang mengatasi kolik pada anak, silakan berbagi cerita di kolom komentar ya.

34 Comments

  1. Solusi untuk tangisan malam yang bikin panik ortu ternyata tetes probiotik dari Interlac Drop. Dengan beberapa tetes kecil bisa mengubah konser tangis malam menjadi tidur nyenyak yang pulas.

    BalasHapus
  2. Produk yang unik, cocok ini sih untuk para.pasutri yang masih memiliki anak kecil :). Supaya ibunya gak tiap hari begadang gara gara bayinya rewel.

    BalasHapus
  3. Oalah ternyata kalau nangis karena kolik itu bisa beda ya emang bikin bingung kalo bayi nangis tiada henti ternyata bisa karena kolik ya p enyebabnya

    BalasHapus
  4. Wah produk ini recommended banget ya mom. Wajib sedia di rumah, kalau tiba-tiba si kecil sakit. Bayi sehat, bundanya juga jadi tenang.

    BalasHapus
  5. Apa kolik pada bayi ini dipengaruhi sama cara lahirnya ya kak? Agak overthinking juga nih takutnya terjadi sama anakku. Soalnya pernah baca kalau yang lahir sesar bagian pencernaannya tidak sebaik yang lahir normal gitu.

    BalasHapus
  6. Dulu anakku juga pakai probiotik interlac ini, untuk masalah pencernaan memang dianjurkan konsumsi interlac, nggak cuma kolik tapi juga diare, kembung, dan sembelit.

    BalasHapus
  7. Produk yang bagus ini untuk para orang tua yang punya anak

    BalasHapus
  8. bayi yang sering menangis memang ada banyak penyebabnya ya salah satunya kolik ini. buat ibu-ibu yang baru melahirkan penting banget nih mengetahui tentang kolik dan cara penanganannya

    BalasHapus
  9. belum jadi ibu sih tapi kalau lihat curhatan para ibu di medsos jadi ikutan stress lihat bayi yang nangis dan gak tau dia nangis krn apa. Ini karena bayi belum bisa ngomong, bahkan sekedar menunjuk sesuatu atau istilahnya bahasa isyarat/bahasa tubuh pun blum bisa. Saya baru dengar istilah "kolik" lumayan jadi nambah wawasan untuk nantinya.

    BalasHapus
  10. Sayang banget baru tau kalo probiotik banyak banget bantu saat anak kolik. Dulu ilmu parentingku masih gimana kata orangtua hehe

    BalasHapus
  11. Tangis bayi memang bikin bingung semua Ibu. Apalagi kalau kita sebagai ibu baru dan si bayi belum bisa bicara. Kita sebagai ibu sering bingung sendiri, kenapa, ada apa? Ternaya kolik bisa jadi salah satu penyebabnya ya. Untungnya sudah ada suplemen Interlac ini yang membantu meredakan kolik pada bayi.

    BalasHapus
  12. Baru tahu ada kondisi kolik pada bayi. Aku pikir hal lumrah saja kalau bayi menangis sepanjang hari tanpa kenal waktu. Ternyata, ada beberapa penyebab dan harus punya solusi ampuh untuk mengatasi bayi kolik.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah ya sudah ada solusi untuk kolicnya si kecil. Aku cukup sering dengar interlac ini dr temen-temen. Katanya memang seampuh itu ngatasin kolicnya si kecil

    BalasHapus
  14. Buat yang punya baby, wajib banget stok Interlac drop
    Membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatasi kolik y

    BalasHapus
  15. Aku masih proses menjadi Ibu, jadi belum banyak baca terkait hal ini. Cuma sering denger kalau bayi kolik bikin orang tua nya juga bingung harus melakukan apaa. Thanks ka tulisannya, jadi tau sedikitnya untuk nanti pas punya anak

    BalasHapus
  16. Kolik memang jadi momok yang cukup menakutkan ya bagi para ibu muda. Bayi menangis tanpa tahu penyebab pastinya. Dan biasanya tangis kegelisahan ini cukup panjang. Tapi ternyata sekarang sudah ada interlac drop ya yang bisa bantu meredakan kolik yang berkaitan dengan perubahan pada pencernaan anak.

    BalasHapus
  17. Kalau sama bayi memang kita yang harus lebih aktif ya mom, karena mereka hanya bisa nangis untuk memberi tahu kita.

    BalasHapus
  18. Bersama Interlac bayi jadi bebas Kolik ya, pas juga buat hadiah kalau saudara membutuhkan. Kasihan kalau ada bayi yang rewel dan ortunya mulai panik ngurusnya. Padahal anaknya nggak nyaman pencernaannya.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah punya anak nggak ngalamin Kolik, pun kebayang sebagai ibu baru kudu ngeh banget emang ya dengan tumbuh kembang anak ,apalagi dalam usia batita ,balita.Dan sekarang juga ada produk yg sangat membantunya

    BalasHapus
  20. Paling sedih kalau anak lagi kolik, dulu sih aku selalu bingung gimana cara ngatasinnya, soalnya udah pijat kolik masih aja rewel. Ternyata harus ditambah probiotik ya, biar pencernaannya lancar dan gak kolik lagi.

    BalasHapus
  21. Review produknya lumayan lengkap. Mantap.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah dapat ilmu lagi sbg persiapan jadi orang tua kelak hehe. Udah suka mulai khawatir kalo denger anak kecil nangis, kasian :( Terima kasih sharingnya yaa Kak jadi tahu apa itu Kolik yg terjadi pada anak kecil

    BalasHapus
  23. salah satu probiotik yang banyak disarankan penggunaanya oleh dokter untuk kolik pada bayi yah Interlac ini karena memang ampuh tidak hanya untuk kolik tapi juga untuk mengatasi sembelit yang selalu jadi langganan sakit pada bayi dan balita

    BalasHapus
  24. Kolik itu kayak cegukan ya mba? Kalau anak kecil atau bayi emang susah nanganinya ya. Pakai interlac bisa buat bayi berarti produknya aman ya.

    BalasHapus
  25. belum menjadi ibu tapi artikel ini membantu persiapan di masa depan. Intinya kita sebagai orang tua harus siap sedia selalu di rumah untuk si kecil.

    BalasHapus
  26. Kolik pada bayi memang mengganggu
    Membuat bayi rewel, kasihan
    Untung sekarang sudah ada Interlac untuk mengatasi kolik pada bayi

    BalasHapus
  27. Saat bayi rewel, orang tua pasti bingung apa yang terjadi. Bisa jadi karena kolik. Syukurlah, ada Interlac Drop yang bisa mengatasi masalah kolik pada bayi!

    BalasHapus
  28. Pengetahuan yang penting diketahui oleh para orang tua, terutama yang baru memiliki anak. Pasti kalau anak mengalami kolik, orang tua juga sedikit bingung apa yang harus dilakukan. Tapi jika sudah tahu penyebabnya, dan tahu solusinya, insya allah bersama Interlac, masalah kolik bayi bisa teratasi.

    BalasHapus
  29. Interlac drop ini kecil-kecil cabe rawit ya Kak, harus banget ada di rumah karena sebagai ibu yang anak baru satu pasti panik juga kalau anak lagi kolik..

    BalasHapus
  30. Kepercayaan banget produk Interlac untuk atasi kolik pada bayi dan anak-anak. Memang buat ibu baru, penting banget sedia Interlac drop di rumah.

    BalasHapus
  31. Bay kolik memang bikin stress pokoknya
    Makanya untung ada Interlac ya
    Jadinya aman banget untuk tubuh si kecil

    BalasHapus
  32. Waaah susah juga yaah bedainnya.. Selama ini aku kalau bayi nangis ya ku kira minta ASI aja huhuhu
    Jadinya bayinya nemplok terus sama Mamak yang bikin aku gak bisa nvapa ngapain kaalau punha bayi..

    BalasHapus
  33. Interlac sudah terbukti aman dan terpercaya ya, kak untuk bayi. Jadi gak worry lagi nih untuk diberikan ke si kecil saat kolik melanda. Soalnya kasihan banget kalo lihat bayi nangis terus pas kolik, jadi makin rewel

    BalasHapus
  34. Interlac ini selalu tersedia di rumah waktu anak-anak masih kecil mbak. Membantu mengatasi kolik dan berbagai penyakit.

    BalasHapus