4 Morning Routine yang Akan Membuat Harimu Lebih Bahagia

4 Kegiatan Morning Routine yang Akan Membuat Harimu Lebih Bahagia- Halo Guys.. Udah masuk bulan Februari nih, semoga kita tetap semangat menjalani bulan ini dan bulan-bulan selanjutnya. Tahun ini aku punya target untuk membaca satu buku di setiap satu minggunya. One week one book gituu. 

Ada satu buku yang lagi aku baca, isinya daging banget dan relate dengan aku, mungkin juga akan relate sama kalian. Judul bukunya, Zen Habit. Meski belum selesai membaca, aku bersemangat banget ingin menerapkan insight yang kudapat dari buku tersebut. 

Salah satu insight yang aku tertarik banget mencobanya itu adalah membuat rutinitas pagi atau morning routine. Memiliki rutinitas pagi menurutku penting banget sih untuk mendapatkan hari yang menyenangkan. 

4 Kegiatan Morning Routine yang Akan Membuat Harimu Lebih Bahagia


Setiap orang pasti memiliki morning routine yang dijalani. Entah dimulai dari ibadah, beberes rumah, atau sekadar leyeh-leyeh di kasur karena masih enggan beraktivitas. Setiap kita pasti memiliki morning routine baik bermanfaat ataupun enggak. 

Untuk menjalani hari dengan bahagia dan bersemangat, tentu dong morning routinenya harus kegiatan yang memberdayakan. Sudah satu minggu ini aku jadi mengubah semua kegiatan morning routineku. Berikut 4 kegiatan yang kulakukan sebelum memulai hari. Dibaca sampai selesai ya, Guys. 

1. Yoga

Aku merasa banyak emosi-emosi terpendam yang perlu di salurkan sebelum memulai hari. Yoga menjadi salah satu kegiatan yang kupilih. Melakukan Yoga di pagi hari begitu tenang dan damai. Belum terlalu banyak suara dan gangguan. 

Gerakan Yoga yang tampak sederhana itu mampu membuatku menikmati rasa yang dialami tubuhku. Cepat lambatnya nafas, sakitnya sendi semua terasa dan aku menerimanya dengan sadar. Pernah kucoba melakukan Yoga di sore hari, namun suasana dan efeknya tidak menyenangkan bagiku. 

Kalau kalian juga ingin melepas emosi dengan cara yang sehat, Yoga adalah salah satu jalan keluarnya.

2. Sarapan Buah

Sedari kecil aku selalu sarapan dengan sepiring nasi dan lengkap dengan lauk pauknya. Namun melihat kegiatanku sekarang yang lebih banyak di rumah, agaknya terlalu berat untuk sarapan nasi. Aku sering merasa mengantuk setelah makan dan jadi tidak bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Buah-buah yang dikonsumsi juga harus buah yang tinggi serat, vitamin, karbohidrat dan mineral. Agar gizi untuk tubuh juga tetap terpenuhi. Salah satu santapan kesukaan saya adalah menggabungkan pisang dengan alpukat. 

4 Morning Routine yang Akan Membuat Harimu Lebih Bahagia



3. Membaca Buku

Sebelum mengonsumsi banyak informasi hari ini, aku memberikan bacaan-bacaan dan nilai yang memberdayakan bagi diriku. Aku tidak selalu menghabiskan banyak lembar buku yang dibaca pada pagi hari. 

Cukup tiga sampai empat lembar saja. Menjadikan membaca buku dalam daftar morning routineku membuat aku penasaran dengan halaman selanjutnya dan kembali membaca buku tersebut di waktu-waktu senggang. 

Aku mengamini perkataan seseorang tentang membaca buku sama dengan memberikan nutrisi ke otak. Yah, mari memulai hari dengan otak yang sudah diberikan nutrisi. 


4. Mandi dan Menyiapkan Outfit


Meski di rumah saja membersamai Shanum, aku tetap menghidupkan hariku dengan mandi pagi dan outfit yang nyaman untuk berkegiatan di rumah. Mungkin sepotong daster, atau kaos, dengan tambahan aksesori anting dan cincin, cukup membuatku merasa bahagia dan siap menjalani hari ini. 

Tidak lupa untuk memakai wewangian. Berbaju rapi dan wangi membuatku lebih percaya diri, meskipun nggak kemana-mana, hahaha.

Untuk mewujudkan semua rutinitas ini, harus bangun lebih pagi dong. Tidak jarang para orang- orang sukses menjadikan bangun pagi sebagai tips kesuksesannya. Karena hanya bangun lebih pagilah seseorang bisa menikmati kebesaran Tuhan yang terjadi waktu itu. 

Matahari terbit, udara segar, sinar matahari yang mengandung vitamin D, dan keajaiban pagi lainnya. Setelah satu minggu menjalankan kegiatan ini, aku jadi lebih siap dengan momen dan tantangan hari itu. Tidak mudah marah dan tetap tenang ketika bertemu hal-hal yang menyebalkan. 

 Jadi, Bagaimana dengan morning routine milik kalian? Bagikan di kolom komentar ya, kegiatan apa yang kalian lakukan sebelum memulai hari. See you....

18 Comments

  1. Agak mirip morning routine saya. Cuma yang poin satu saya senam chikung mungkin fungsinya mirip yoga. Poin tiga sering saya lakukan, kadang gak baca buku tapi belajar di kursus online. Poin 4 jarang wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Hehe tips yang sangat keren. Kalau saya cukup minum teh dan baca berita lokal hehe

    BalasHapus
  3. Morning routine yang cukup menginspirasi. Boleh nih kapan-kapan saya coba kombinasikan sama rutinitas sebelumnya.

    BalasHapus
  4. paling bener emang sarapan buah itu pisang sama alpukat, gak ribet enak juga. Biasanya kalau aku sebagai cowok yang badannya ga lentur-lentur amat sukanya olahraga cardio kayak lari, jalan pagi. Cuman yoga kayaknya asik sih, btw yoga itu harus ada instrukturnya ngga ya?

    BalasHapus
  5. Kalau boleh menambahkan rutinitas pagi biar bahagia bin produktif:
    - Gak lihat ponsel segera setelah bangun tidur. Biar emosi terjaga, biasa kadang cek email atau sosmed yang udah minta banyak perhatian dulu, jadi untuk next kegiatan bakalan hilang fokus
    - Minum air hangat. Selama tidur, tubuh udah banyak gunakan air jadi takutnya bangun-bangun dehidrasi, jadi alih-alih liat ponsel, lebih pilih minum air hangat
    - Yang utama, ingat Pencipta. Bersyukur udah dikasih waktu untuk 'hidup' lagi
    Hehe, btw thankyou informasinya kak

    BalasHapus
  6. Morning routineku jauh dari "baik" why? Pagi hari sukanya ngecek hp mulu, sampe hilang fokus mau ngapain. Next aku coba deh morning routine ala kak Annisa

    BalasHapus
  7. Wow, disiplin sekali rutinitas mbaknya. Apa iya kedisiplinan & kerapian cowok dan cewek beda? Aku ngaca kebiasaanku sendiri kok jadi malu lihat tulisan ini. haha

    BalasHapus
  8. Aku melakukan 2/4 nih dari yg kamu lakukan; nomer 3 dan nomer 4. Rasanya emang perlu banget menjadikan hal itu sebagai morning routinr. Biar semangat menjalani hari :) Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  9. Wah...saya baru melakukan 0/4 dari rutinitas di atas hehe. Padahal pengen banget bisa punya hari yang lebih produktif dengan memulai yoga agar membuang emosi negatif dari dalam diri. Untuk saat ini saya masih berusaha membuang rutinitas buruk pagi hari yaitu menatap ponsel setelah bangun tidur.

    BalasHapus
  10. Agus banget kK tipsnya. Masih belum bisa menerapkan semua sih.

    BalasHapus
  11. Sangat membantu sekali kak untuk kita coba, kalau saya seringnya jika libur kerja lari pagi terasa segar dan gembira

    BalasHapus
  12. sampai saat ini saya masih menjalankan point dari nomor 1,3 dan 4. point nomor 2 belum kesampaian soalnya didekat kos gak ada jual buah ehhe

    BalasHapus
  13. Bahagia ya..
    Pagi dimulai dengan aktivitas yang menambah semangat dan jangan lupa mandi juga menggunakan pakaian terbaik untuk awali hari penuh semangat.

    BalasHapus
  14. Kalau saya: Bangun, mandi dan kopi. Lapar baru cari roti

    BalasHapus
  15. ini nih yang penting, karena menurutku pagi itu menentukan mood atau sebagian keberhasilan kita di hari itu. Pokoknya kalo sy prinsipnya harus PRODUKTIF dari hari ke hari,

    BalasHapus
  16. Sangat bermnafaat sekali kak untuk pengetahuan thanks tipsnya kak

    BalasHapus
  17. MasyaAllah morning routine, sedangkan saya kalau pagi hari dah buru buru masak, langsunh cus kerja.

    inshaAllah aku bisa melakukan olahraha di hari wekeend

    BalasHapus
  18. jangan lupa sarapan nasi juga, biar kuat untuk berujuang bertahan hidup , wkwkwk

    BalasHapus