5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan

5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan- Jogja sedang sering diguyur hujan. Biasanya aku dan Shanum sering jalan-jalan sore di sekitar rumah. Berhubung sedang sering hujan, aktivitas outdoor menjadi sangat terbatas. 

Tidak putus asa dan tidak mengeluhkan hujan yang turun bersama rahmat Allah, aku mencari kegiatan yang bisa dilakukan di rumah dan tetap seru. Soalnya kalau tidak seru, nanti anaknya tidak tertarik bermain dan malah minta main hujan. 

5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan



Mulanya, aku berpikir Shanum pasti akan bosan kalau mainnya cuma duduk-duduk. Namun, karena keterbatasan ruangan, aku jadi punya ide bermain yang bisa membuat Shanum bertahan bermain meski cuma duduk saja. Biarpun area bermainnya terbatas, rumah perlu di setting menjadi agak sedikit luas agar anak tetap leluasa bergerak, berlari dan bermain sesukanya. 

Jadi, untuk parents yang mulai bingung mau main apa bersama anak di rumah, baca artikel ini sampai habis, ya. Karena artikel ini berisi 5 aktivitas seru di rumah bersama batita saat musim hujan.

Pentingnya Bermain untuk Membangun Bonding yang Kuat dengan Anak


Keberhasilan dalam membangun ikatan emosional antara orang tua dan anak tidak hanya tergantung pada kebutuhan dasar yang terpenuhi, tetapi juga pada kegiatan-kegiatan yang memperkuat hubungan. Salah satu cara yang paling efektif adalah melibatkan diri dalam kegiatan bermain bersama.

Bermain bukan hanya sekadar hiburan, melainkan suatu cara yang unik dan efektif untuk melekatkan bonding antara orang tua dan anak. 

Bermain bersama menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan, membuka jalur komunikasi tanpa tekanan. Melalui permainan, anak-anak merasa lebih nyaman untuk berbicara, berbagi ide, dan mengungkapkan perasaan mereka. Ini memberikan kesempatan bagi kita untuk lebih memahami dunia anak dan memperkuat ikatan emosional.

Bermain tidak hanya sekadar menyenangkan, tetapi juga sarana pembelajaran yang efektif. Melalui berbagai jenis permainan, anak-anak dapat belajar konsep-konsep seperti kejujuran, kerja sama, tanggung jawab, dan banyak lagi. 

Pembelajaran melalui kegembiraan ini menciptakan ikatan emosional yang kuat, karena anak merasa didukung dan dipahami dalam proses pembelajaran mereka.

Melalui permainan, anak-anak dapat mengembangkan kepercayaan diri mereka. Ketika orang tua berpartisipasi dalam permainan, memberikan dukungan, dan memberikan pujian, anak merasa dihargai dan lebih percaya diri.

Kepercayaan diri yang tumbuh melalui permainan akan memperkuat hubungan antara anak dan orang tua. Juga bisa menciptakan momen bersama yang berharga dan akan diingat anak sampai mereka dewasa. 


5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan


5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan


Membaca Buku Bersama di Bawah Selimut

Tidak ada yang lebih nyaman daripada berkumpul di bawah selimut saat hujan turun. Aku mengajak Shanum membaca buku di bawah selimut. Cerita yang kami baca tentang peri hujan yang dimusuhi penduduk bumi.

Cerita ini bagus untuk mengajarkan kepada Shanum dan kepada diriku sendiri untuk tidak mencela hujan karena membatasi aktivitas di luar ruangan. Alih-alih menggerutu, kita tetap bisa berkegiatan dengan menyenangkan di dalam rumah. 

Aktivitas ini tidak hanya merangsang perkembangan literasi anak, tetapi juga menciptakan kenangan yang hangat.

5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan


Menggambar atau Mewarnai

Saat ini, Shanum sedang penasaran dengan cat lukis dan tekstur cair. Daripada terus mengomelinya karena berusaha mengacak-acak cat lukisku, aku memberikan Shanum kesempatan untuk mencoba melukis, dan mewarnai sendiri gambar yang dibuatnya. 

Meskipun jadi acak-acakan, namun cat yang berantakan dapat dibereskan, kotoran bekas cat dapat dibersihkan, dan Shanum sudah menuntaskan rasa penasarannya dengan cat lukis.

Parents juga bisa memberikan anak batita kertas, pensil, dan crayon untuk menciptakan karya seni mereka sendiri. Aktivitas ini bukan hanya cara untuk meningkatkan kreativitas anak, tetapi juga dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus. Bermain sekaligus stimulasi.

5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan


Pertunjukan Boneka

Anak-anak sering kali suka membuat pertunjukan boneka, termasuk Shanum. Bahkan Shanum sudah memiliki boneka kesayangan. Aku menggunakan boneka tangan atau boneka binatang peliharaan untuk membuat cerita bersama. 

Ini bukan hanya cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu, tetapi juga dapat membantu anak-anak mengembangkan imajinasi dan keterampilan bahasa.

Menyanyi dan Menari di Hujan

Kalau rumah memiliki teras atau tempat yang aman untuk berada di luar saat hujan, Parents bisa ajak anak untuk menyanyi dan menari. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan koordinasi motorik anak. 

Karena teras kami kecil dan terbatas, seringnya aku mengajak Shanum bernyanyi dan menari di dalam ruangan saja. Melihatnya antusias meniru gerakan dan nyanyian, jadi menyadarkanku kalau anak ini sudah besar. 

Membuat Camilan Bersama

Hujan dan lapar memang sangat berdampingan. Membuat camilan bersama-sama dapat menjadi solusi dan kegiatan yang menyenangkan. Aku memilih resep camilan yang mudah dan sesuai untuk dilibatkan anak-anak, seperti membuat pisang goreng. 

Selain memberikan kesempatan untuk berkreasi, ini juga menjadi waktu yang baik untuk berbicara tentang berbagai bahan makanan, warna dan jenis buah-buahan.

5 Aktivitas Seru di Rumah Bersama Batita Saat Musim Hujan

Penutup


Hujan bukanlah pengalang untuk seru-seruan bersama batita kita. Meski di dalam ruangan, suasana bermain dan keceriaan tetap terasa. Dengan kreativitas dan keberanian untuk menjalani aktivitas bersama, kita dapat menjadikan musim hujan sebagai waktu yang menyenangkan dan berharga untuk membangun kebersamaan dengan anak balita di rumah.

Kalau Parents, aktivitas seru apa yang menjadi andalan bersama si kecil? Bagikan cerita kalian di kolom komentar, ya. 

0 Comments