5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga

5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga- Menjadi Ibu Rumah Tangga bukan halangan untuk tetap berkarya dan berdaya. Ibu masih bisa mengerjakan hobi di sela-sela waktu senggang mengurus keluarga. 

Jika ibu hobi menulis, gemar menuangkan perasaan dan pemikiran melalui tulisan, Ibu masih bisa merintis dan memulai karier menjadi penulis dari rumah saja, loh. 

5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga
5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga


Bahkan, Ibu masih berpeluang mendapatkan uang tambahan dari menulis. Pada artikel ini, Ibu akan mendapatkan informasi tentang tips menjadi penulis pemula dan melalui medium apa ibu bisa menulis. Simak artikelnya sampai habis, ya Bu. 

5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga

1. Tentukan Waktu Luang untuk Menulis

Menulis membutuhkan waktu khusus di mana kita harus fokus menuangkan isi kepala menjadi sebuah tulisan. 

Ibu bisa memilih waktu yang tepat bagi ibu untuk menulis. Misalnya, ibu bisa bangun lebih awal dari jadwal biasanya, memanfaatkan waktu tidur anak untuk menulis, atau mengganti waktu screen time dengan menulis.

2. Pilih Tema yang Dikuasai dan Disukai

Menulis akan jauh lebih mudah dilakukan jika tema yang akan ditulis sudah kita kuasai sebelumnya. Atau, proses menulis akan terbantu jika kita menulis topik yang kita sukai. 

Tentukan topik apa yang ibu suka dan kuasai, lalu menulislah dengan bekal pengetahuan tersebut. Ibu juga sangat bisa mendapatkan ide tulisan dari kegiatan sehari-hari. 

Seperti pengalaman mengasuh anak, ide masakan harian, cerita inspiratif tentang keluarga, tulisan seputar lifestyle atau gaya hidup dan review barang yang ibu gunakan atau tempat yang ibu kunjungi bersama keluarga.

3. Bergabung dengan Komunitas Penulis

Komunitas adalah salah satu penguat penulis pemula. Di komunitas, ibu bisa bertemu dengan ibu-ibu penulis lainnya dan bisa mendapatkan ilmu juga informasi seputar penulisan di sana. 

Bergabung di komunitas adalah langkah awal ibu untuk berkembang sebagai penulis.

4. Asah Kemampuan Menulis

Tulisan pertama sangat wajar bila belum indah dan sempurna. Menulis adalah salah satu seni menyampaikan ide dan gagasan. Jadi memang perlu dilatih. 

Asah kemampuan ibu dengan membaca buku atau artikel untuk menambah kosa kata dan referensi, mengikuti kelas kepenulisan dan tentunya mengasah kemampuan menulis lewat berlatih menulis setiap hari meski satu paragraf. 

Jangan lupa juga untuk meminta saran dan kritik pada orang yang ibu percaya, atau teman komunitas, agar tulisan semakin bagus dan berkembang.

5. Terus Bersemangat dan Pantang Menyerah

Menjadi seorang penulis membutuhkan waktu, kesabaran dan ketekunan. Tetaplah menulis meski terkadang ibu merasa tulisan ibu masih jelek. 

Penulis profesional pun pada mulanya pernah menganggap tulisan mereka jelek. Namun, mereka tetap terus belajar untuk memenangkan hati pembaca. 

Untuk menambah semangat menulis, ibu bisa memberi diri ibu tantangan menulis dan merayakan pencapaian sekecil apa pun. Pencapaian meski kecil ia adalah bagian dari proses.

5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga
Tips untuk Ibu yang Ingin Memulai Karir Sebagai Penulis



Medium Tempat Menulis yang Mudah Diakses oleh Ibu Rumah Tangga


1. Blog Pribadi

Ibu bisa membagikan tulisan ibu di blog pribadi. Tentu ibu harus membuat blog terlebih dahulu. Ibu bisa mengakses informasi cara membuat blog dan menggunakan platform gratis seperti Blogspot, Medium dan Wordpress. 

Menulis di blog membuat tulisan ibu mudah diakses pembaca dan mendapatkan feedback dari komentar pembaca.

2. Platform Menulis Online

Jika ibu suka menulis novel, ibu tidak perlu bingung. Sekarang sudah banyak platform menulis online yang bisa memuat novel.

Jika tulisan ibu menarik, kemungkinan ibu menjadi penulis novel akan besar. Karena banyak penerbit yang mencari naskah novel menarik di platform menulis online untuk diterbitkan. 

Ibu bisa menulis di KBM, Fizzo Novel, dan Wattpad. Jika merasa tulisan ibu sudah berkembang, ibu bisa mencoba mengirimkan tulisan ibu ke media online.

3. Media Sosial

Ibu juga bisa menulis di media sosial milik ibu. Seperti Facebook, Instagram, Thread, dan Twitter. 

Menulis status atau unggahan yang mengandung insight dan informasi berguna untuk pembaca dan followers juga bisa jadi batu lompatan untuk menjadi penulis.

4. Majalah dan Koran

Majalah dan koran banyak memberikan peluang muatan tulisan dari penulis baru. Mereka masih terbuka dengan penulis pemula. 

Ibu bisa membaca karakter tulisan yang terbit di majalah atau koran yang ingin ibu tuju, lalu sesuaikan dengan tulisan ibu. 

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekal untuk keabadian. 

Pramoedya Ananta Toer


5 Tips Menjadi Penulis Pemula untuk Ibu Rumah Tangga



Nah, bagaimana? Apakah Ibu sudah punya gambaran untuk menulis? Tips di atas bisa tercapai jika Ibu mau meluangkan waktu dan belajar untuk merealisasikannya.

Selamat menggali potensi diri dan berkarya, Bu.


Baca Juga 







0 Comments