Aqiqah Tanpa Ribet Menggunakan Layanan Aqiqah yang Berpengalaman Mendampingi Aqiqah Keluarga Indonesia

Bagaimana ya, jika melahirkan di perantauan? Akankah kami mampu melewati masa-masa awal menjadi orang tua saat jauh dari keluarga? 

Pertanyaan tersebut terus terngiang di telinga saya menjelang bulan-bulan kelahiran Shanum. Pasalnya, dua pekan setelah menikah, saya dan suami langsung berangkat ke Jogja dan memutuskan untuk menetap di Jogja. 

Salah satu alasan saya memutuskan untuk melahirkan di Jogja adalah fasilitas kesehatan, akses kesehatan dan tidak ingin berjauhan dengan suami di masa-masa awal kami menjadi orang tua. 

Pertimbangan demi pertimbangan saya pikirkan dengan matang. Saya juga membaca pengalaman orang-orang yang memutuskan melahirkan di perantauan melalui blog pribadi mereka. Bahkan, ada yang memutuskan melahirkan di luar negeri hanya berdua dengan suaminya. 

Menjadi orang tua baru sendiri sudah memiliki tantangan, terlebih harus melahirkan jauh dari keluarga. Biasanya jika melahirkan dekat dengan orang tua, akan ada banyak sekali pertolongan dan kemudahan yang di dapat. 

Berdasarkan pengalaman para teman-teman yang berbagi di blognya, banyak alasan yang mendasari keputusan ini. Di antaranya adalah tidak ingin merepotkan orang tua, fasilitas kesehatan, dan keadaan kehamilan yang tidak mungkin untuk bepergian jauh. 

Di balik setiap pilihan terdapat pula konsekuensi yang harus ditanggung. Melahirkan di perantauan memang bukan perkara mudah, namun patut dicoba jika ingin menguji kemandirian kita dengan pasangan. Selain drama orang tua baru, masalah aqiqah juga cukup membuatku berpikir keras.

Aqiqah Tanpa Ribet Menggunakan Layanan Aqiqah yang Berpengalaman Mendampingi Aqiqah Keluarga Indonesia

Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Aqiqah

Dikutip dari buku Panduan Kehamilan Muslimah, terdapat tiga pendapat ulama perihal waktu terbaik dilaksanakannya aqiqah. 

Pertama, menurut Ibnu Qayyim, sebaiknya aqiqah dilaksanakan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Jika ingin dilaksanakan sebelum hari ke tujuh, menurut Ibnu Qayyim juga diperbolehkan. 

Kedua, menurut Imam Ahmad bin Hambal, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke tujuh, jika belum bisa dilaksanakan pada hari tersebut, maka dapat dilaksanakan pada hari ke-14. Namun jika pada hari ke-14 aqiqah belum juga dapat terlaksana, maka laksanakan di hari ke-21. 

Ketiga, menurut Sayyid Sabiq, jika aqiqah tidak dapat terlaksana di hari ke-21, maka boleh dilaksanakan di hari ke berapapun. 

Dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah tersebut, disimpulkan bahwa aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke tujuh, hari ke-14, hari ke-21 dan hari di mana orang tua bayi sudah siap secara finansial, fisik dan mental untuk mengadakan aqiqah kepada anaknya

Pertimbangan Mengadakan Aqiqah di Perantauan

Bisanya, di rumah saya jika mengadakan aqiqah pasti menggerakkan para tetangga dan saudara-saudara untuk membantu segala persiapannya. Terlebih biasanya aqiqah diadakan saat tujuh hari setelah anak lahir. Tentu sang ibu belum mencapai pemulihan yang utuh. Kemudian ketersediaan tenaga yang akan membantu berjalannya aqiqah, menurut saya juga harus dipertimbangkan. 

Belum lagi ketersediaan alat masak memasak yang pastinya dibutuhkan dalam jumlah yang banyak dan besar. Sedangkan kami sebagai keluarga baru tentu belum memiliki alat masak yang sebegitu lengkap. Persoalan-persoalan tersebut membuat kami maju mundur untuk mengadakan aqiqah di perantauan. 

Hingga suatu hari kami mendapatkan undangan aqiqah anak rekan suami. Bernasib serupa dengan kami, sama-sama merantau dan orang tua baru. Suami kemudian menghadiri undangan tersebut dan mengabarkan bahwa rekannya menggunakan jasa layanan aqiqah untuk acara anaknya.

Aqiqah Tanpa Ribet Menggunakan Layanan Aqiqah yang Berpengalaman Mendampingi Aqiqah Keluarga Indonesia


Layanan Aqiqah Menjadi Solusi Bagi Orang Tua yang Ingin Melangsungkan Aqiqah di Perantauan

Setelah mendapatkan kabar tersebut dari suami, saya langsung berselancar di internet dan mencari layanan aqiqah terbaik dan terpercaya untuk melangsungkan aqiqah anak saya. 

Layanan aqiqah ternyata sudah banyak menyebar di Jogja. Adanya layanan aqiqah akan mempermudah orang tua baru yang di perantauan seperti kami dalam menyelenggarakan aqiqah anak. Orang tua hanya perlu mempersiapkan tempat dan undangan saja, sehingga tidak direpotkan untuk memasak, mencari kambing, dan menyediakan pernak-pernik makanan. 

3 Keuntungan Menggunakan Layanan Aqiqah Bagi Orang Tua yang Ingin Melangsungkan Aqiqah di Perantauan


1. Pengeluaran Lebih Terkontrol

Menggunakan jasa layanan aqiqah akan membuat pengeluaran lebih terkontrol, karena  biasanya layanan aqiqah menyediakan paket menu aqiqah sesuai dengan anggaran yang kita miliki. Jadi, kita tinggal memilih paket mana yang sesuai dengan menu dan anggaran yang ada. 

Jika mempersiapkan sendiri, cenderung banyak pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga. Terlebih terkadang pengeluaran tersebut sebenarnya dapat diminimalisir. 

2. Dibantu untuk Memilih Kambing yang Sesuai dengan Kriteria Syarat Aqiqah

Pemilihan kambing yang akan disembelih untuk aqiqah juga bukan perkara sembarang. Kambing yang digunakan haruslah kambing yang berkualitas sesuai dengan syarat sah aqiqah. Layanan aqiqah akan memilihkan kambing terbaik untuk pelanggannya dan akan disembelih pula dengan cara yang halal. 

3. Tidak Direpotkan dengan Proses Memasak

Seperti yang saya ceritakan di atas, proses memasak dan mengolah daging kambing bagi orang tua yang melangsungkan aqiqah di perantauan sedikit repot dan membingungkan. Ketersediaan tenaga dan alat memasak yang terbatas membuat proses memasak terasa tidak praktis. 

Terlebih jika ibu bayi masih dalam masa pemulihan, layanan aqiqah sangat membantu sekali. Setelah berselancar di internet, saya tertuju pada satu layanan aqiqah, yaitu Aqiqah Nurul Hayat.


Aqiqah Tanpa Ribet Menggunakan Layanan Aqiqah yang Berpengalaman Mendampingi Aqiqah Keluarga Indonesia

Aqiqah Bernilai Sedekah Bersama Layanan Aqiqah Nurul Hayat

Dikutip dari laman website mereka,  Aqiqah Nurul Hayat sudah berdiri sejak tahun 2003 dan sudah melayani puluhan ribu layanan aqiqah setiap tahunnya. Jadi, mereka sudah sangat berpengalaman dalam mendampingi orang tua yang mengadakan aqiqah anak. 

Selain itu, yang membuat saya semakin yakin adalah, layanan aqiqah Nurul Hayat sudah tersebar di 30 lebih cabang di Indonesia, salah satunya di Jogja. Saya lihat dari testimoninya, banyak juga para artis dan tokoh masyarakat yang menggunakan jasa layanan mereka. 

Aqiqah Nurul Hayat juga melakukan proses penyembelihan hewan dengan memenuhi syarat sahnya aqiqah. Hal tersebut diperkuat dengan telah tersertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia. Menariknya, keuntungan penjualan juga digunakan untuk kegiatan dakwah dan sosial. Jadi para pelanggan juga bersedekah jika menggunakan layanan aqiqah Nurul Hayat. 

Dengan kelebihan layanan aqiqah Nurul Hayat, saya jadi tidak ragu mengapa aqiqah keluarga Indonesia dipercayakan kepada layanan aqiqah Nurul Hayat. Untuk harga paket aqiqah di Layanan Aqiqah Nurul Hayat juga beragam dan sesuai dengan daerah masing-masing. Sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada.

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama- HR. Tirmidzi

Dengan adanya layanan aqiqah yang terpercaya dan berpengalaman, saya dan suami tidak khawatir dan ragu lagi untuk mengadakan aqiqah Shanum di Jogja. Munculnya layanan aqiqah seperti ini tentu akan sangat membantu untuk para orang tua di momen spesial anaknya. 

Selain aqiqah, memberikan pendidikan yang baik dan memperlakukan anak dengan baik juga menjadi hak mereka. Pada perayaan Hari Keluarga Nasional tahun ini, fokus saya adalah bagaimana bisa mendampingi tumbuh kembang Shanum sesuai dengan usia perkembangannya. 

Juga bagaimana menjaga hubungan tetap hangat dengan pasangan di tengah keadaan kami yang sedang beradaptasi dengan hadirnya anak.

Semoga kita sebagai orang tua dapat memberikan dan mencukupi hak-hak anak dengan sebaik-baiknya, karena kitalah yang mengharapkan mereka hadir di dunia.

Referensi

Rasjidi, Imam. (2015). Panduan Kehamilan Muslimah. Jakarta:Noura Books

https://aqiqahnurulhayat.com/home

11 Comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Saya juga kalau nanti punya anak milih makai jasa aqiqah mbak, nggak ribet dan nggak capek. Apalagi saya juga perantau.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, ini yang lagi saya alami sekarang kak. Di perantauan dan jauh dari saudara. Memang jasa aqiqah menjadi salah satu solusi untuk membantu menunaikan kewajiban sebagai orang tua.

    BalasHapus
  4. Aku jadi inget tahun lalu lahiran di tempat rantau, tapi pelaksanaan aqiqah di rumah mertua saat bayi berumur 40 hari. Layanan aqiqah seperti ini sempat menjadi pilihan aku dan suami karena biar praktis, tapi yang namanya orang tua lebih senang dengan tradisinya.

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya, Mbak. Kalau ada teman atau saudara muslim bisa banget saya infokan ini. Layanan aqiqah seperti ini pasti sangat membantu.

    BalasHapus
  6. Sepakat Mbak, layanan aqiqah seperti ini memang sangat memudahkan bagi orang tua yang sedang merantau. Karena memang jika dilakukan mandiri, banyak hal yang harus dilakukan. Belum lagi urusan olah mengolah dagingnya atau masak memasak..

    BalasHapus
  7. Apalagi jadi orang tua baru di tempat baru sangatlah tidak mengenakkan. Alhamdulillah hadir aqiqah nurul hayat dengan segaa fasilitas memudahkan keluarga ibu muda

    BalasHapus
  8. Wow.. menarik ya ternyata ada jasa utk pelaksana aqiqah ini & telah tersebar hingga 30 kota di Indonesia..

    Trims ya sharing informasinya lewat artikel ini.. smoga bermanfaat bagi org yg memerlukan

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah,
    Merasa sangat terbantu sekali ya.. dengan menggunakan jasa layanan aqiqah terpercaya, Aqiqah Nurul Hayat. Sehingga tetap bisa menjalankan ibadah namun tetap menjaga kondisi fisik Ibu yang baru recovery pasca melahirkan.
    Barakallahu fiikum~

    BalasHapus
  10. Waah menarik yaa! Sekarang sudah dimudahkan sekali ada jasa untuk pelaksanaan aqiqah ini. Lebih simple, tinggal terima jadi yaa. Thanks kak infonya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillaah semakin mufah dan terarah kalau mau aqiqah..

    BalasHapus