Follow Us @soratemplates

Senin, 18 Oktober 2021

7 Kunci Pengasuhan Bahagia Ala Denmark

Pengasuhan Bahagia Ala Denmark


Kebahagiaan adalah hal yang sangat dicari-cari dalam hidup ini. Terbukti dengan begitu banyaknya buku-buku self-help yang mengangkat tema bagaimana agar menemukan bahagia

Adalah Denmark, salah satu negara di dunia yang disebutkan menjadi negara dengan penduduk paling bahagia. Berdasarkan dari data OECD (Organisation for Economic Coorperation and Development) 

Denmark adalah negara kecil di bagian utara Eropa. Negara ini terpilih menjadi negara dengan masyarakat paling bahagia di dunia oleh OECD (Organisation for Economic Coorperation and Development) hampir setiap tahun, semenjak tahun 1973.

Denmark adalah negara termakmur di dunia dengan pendapatan per kapitanya yang sangat tinggi negeri yang aman, damai. Dengan tingkat kriminalitas yang rendah. Tingkat korupsi nyaris nol dan masuk sebagai salah satu dari 10 negara ternyaman untuk ditinggali manusia. 

Tidakkah kita penasaran dengan rahasia konsistensi kesuksesan Denmark? Di dalam buku The Danish Way of Parenting, dua orang penulis membahas hasil penelitian mereka selama 13 tahun tentang apa rahasia masyarakat Denmark sehingga konsisten menjadi negara dengan penduduk paling bahagia selama 40 tahun. 


Mengenali Default Setting

Default setting adalah pembawaan alami kita. Pembawaan alami adalah tindakan dan reaksi yang kita lakukan ketika terlalu lelah, untuk memilih cara yang lebih baik. Biasanya default setting dipengaruhi oleh bagaimana kita dibesarkan. 

Karena itulah, tahap pertama dalam menciptakan pengasuhan ala Denmark adalah melihat kembali default setting kita sebagai orang tua, lalu mempelajarinya dan memahaminya.
Apa yang kita sukai tentang bagaimana kita bertindak dan bereaksi kepada anak? Apa yang tidak kita sukai? Apakah yang kita lakukan dalam mengasuh anak adalah pengulangan dari cara kita dibesarkan? Apa yang ingin kita ubah? Dan beragam telaahan lainnya. 

P Untuk Play

Menjelaskan bagaimana bermain menciptakan orang dewasa yang lebih bahagia, mudah beradaptasi dan tangguh.

Istilah bermain bukan berarti memainkan alat musik tertentu atau bermain dengan aktivitas yang telah ditentukan oleh orang dewasa. Bermain yang dimaksud adalah bermain dengan permainan  anak- anak sendiri. 

Bersama teman ataupun sendirian. Bermain mengajari anak-anak ketangguhan. Seperti yang kita tahu, ketangguhan adalah salah satu faktor paling penting dalam memprediksi kesuksesan pada orang dewasa.


A untuk Authenticity 

Mengapa kejujuran menciptakan citra diri yang lebih kuat. Bagaimana pujian bisa digunakan untuk membentuk pola pikir yang bertumbuh daripada kaku, yang membuat anak lebih tangguh.

Hans Christian Andersen merupakan salah seorang dari penulis Denmark yang paling terkenal dalam sejarah. Dongeng karya Andersen tidak memiliki akhir tragedi dan tidak seperti yang diharapkan.

Namun di sana terdapat pelajaran bahwa orang-orang Denmark percaya bahwa tragedi dan kejadian menyedihkan adalah hal yang harus dibicarakan. Dengan begitu mereka akan belajar lebih banyak tentang sebuah karakter dari penderitaan daripada kesuksesan.


Refreming 

Refreming adalah memaknai ulang. Orang-orang Denmark mengajarkan kepada anaknya bagaimana cara memaknai ulang. 

Hal ini berguna untuk membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih baik dan menjadi ahli dalam hal memaknai ulang adalah landasan dari ketangguhan.

Empathy 

Mengapa memberi pemahaman, menyatukan, dan mengajarkan empati penting dan menciptakan anak dan orang tua dewasa yang lebih bahagia. 

Karena dengan mengembangkan empati pada anak-anak secara dini bisa membantu mereka menciptakan hubungan yang lebih baik dan peduli pada masa depan.

No Ultimatums

Menghindari penggunaan kekuatan dan menggunakan pendekatan pola pengasuhan yang lebih demokratis mendorong terciptanya kepercayaan, ketangguhan, dan anak-anak yang lebih bahagia.


Togetherness dan Hygge

Hubungan sosial yang kuat menjadi salah satu faktor kebahagiaan secara keseluruhan. Bagaimana menciptakan hygge (kenyamanan) bisa membantu kita memberikan hadiah berharga bagi diri anak.

Dari tujuh prinsip pengasuhan di ataslah masyarakat Denmark dibentuk. Meskipun pengasuhan adalah salah satu faktor yang menjadi penyebab kesuksesan mereka dalam mempertahankan Denmark sebagai negara dengan penduduk paling bahagia.

 Anak-anak yang bahagia tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia. Lalu membesarkan anak-anak yang bahagia pula.






28 komentar:

  1. hmm.. saya jadi kepikiran,pengen pindah ke Denmark karena disana suasananya lebih damai dan tentram. dan pastinya jauh dari huru hara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sama. Untuk saat ini saya lebih banyak belajar tentang gaya hidup yang membuat mereka menjadi negara paling bahagia saja, hahahah

      Hapus
  2. Wah thanks for sharing soal cara pengasuhan anak2 di denmark. Kalau saya pikir, ini bisa diaplikasikan ke diri sendiri dulu juga ya.. Biar bisa hidup lebih bahagia hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak. Lebih dulu dipraktikkan ke diri sendiri, karena akan melatih awarness kita tentang diri kita dan default settingnya. Jadi ketika mempraktikkan kepada anak, kita sudah selesai dengan diri sendiri. Terima kasih sudah berkunjung kak.

      Hapus
  3. Ketika untuk menjadi bahagia saja ada caranya! Kaget ternyata ada juga ya pengukuran bahagia di dunia seperti ini dan salut dengan Denmark yang bisa dapat nilai tertinggi.
    Saya suka dengan apa-apa yang disebutkan disini, mengingatkan kita bagaimana supaya bisa menciptakan bahagia kita sendiri dan mungkin seperti orang-orang Denmark, kelak nanti punya anak bisa diterapkan dalam salah satu metode pengasuhannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya kak. untuk bahagia, ada saja tutorialnya, hahah. Terima kasih sudah membaca kak Tika.

      Hapus
  4. Pelajaran berharga dari apa yang menjadi pola pengasuhan di Denmark, noted untuk tambahan referensi kami. Terima kasih ilmunya kak.

    BalasHapus
  5. Seneng rasanya baca-baca soal beginian, jadi tahu Denmark mempunyai rahasia konsistensi kesuksesan. Jadi bisa dibuat contoh untuk kita semua.

    BalasHapus
  6. Tambahan referensi ni buat saya, trimakasih sudah berbagi mbak.. jangan lupa tetap bahagia hehe

    BalasHapus
  7. Kunci bahagia pengasuhan terletak pd pemahaman default setting (fitrah), yg juga mencakup gaya (pola asuh n komunikasi) demokratis..
    Mungkin di Indo, bisa diterapin nih, krn di Indo kebanyakan saya lht lbh ke otoriter..hehe..

    Nice info!

    BalasHapus
  8. Kapan ya bisa berpergian ke denmark? Mungkin cuma lewat mimpi aja biar kesampean 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kesempatan kita untuk berkunjung kesana, Amiin

      Hapus
  9. bisa juga nih diterapkan nanti kalau saya sudah berumah tangga dan punya anak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, bisa dicicil juga kok mas, yang point pertamanya.

      Hapus
  10. Semoga kedepannya negara kita juga bisa seperti Denmark ya kak. Hehe

    BalasHapus
  11. Bahagia bikin kita lebih mudah melakukan apapun. Lagi berusaha ngejalani tips-tips seperti artikel di atas. Nice info.

    BalasHapus
  12. Keren sih ini artikel ini. Apalagi bagi saya si calon org tua. Thank you kak

    BalasHapus
  13. Wah baru tahu tipe npengasuhan ala denmark, bisa diadaptasi sisi positifnya dengan tetap memprioritaskan nilai-nilai agama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mba. Ya mungkin bisa kombinasi pola asuhnya. Mengambil sisi baik sambil tetap memprioritaskan nilai-nilai agama. Terima kasih sudah membaca Mbak.

      Hapus
  14. Dari IG langsung lari ke blog. Keren mba. Itulah sebabnya Denmark di kenal dengan jiwa sosial, sesama kawan yang tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh. Terima kasih sudah berkunjung Mas.

      Hapus
  15. pas banget saya punya anak 2 tahun. bisa coba diterapkan kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget Mas. Terima kasih sudah membaca.

      Hapus