5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Anda Hindari

 5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Anda Hindari- Sering sekali pengguna produk perawatan wajah merasa kecewa dengan wajah mereka. Harapannya dengan menggunakan produk perawatan wajah, wajah mendapatkan nutrisi yang akan memperbaiki kondisinya. 

Penggunaan produk perawatan wajah memiliki cara-cara sendiri dan pengetahuan tentang kandungan yang cocok untuk kebutuhan kulit. Jika Anda sudah melakukan rangkaian perawatan wajah dengan rutin, namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan-jangan Anda sedang melakukan cara yang salah. 

Simak 5 kesalahan perawatan kulit yang harus Anda hindari jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dari rutinitas perawatan Anda. 


5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Anda Hindari


5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Anda Hindari

1. Tidak menggunakan Sunscreen

Penggunaan tabir surya atau Sunscreen adalah hal yang wajib dilakukan. Percuma saja Anda memoleskan banyak produk perawatan kulit, jika Anda melupakan tahap pemakaian Sunscreen maka produk yang sudah Anda pakai tidak akan bekerja secara maksimal. 

Penggunaan Sunscreen juga dapat melindungi Anda dari risiko kanker kulit. Gunakan Sunscreen sebanyak dua ruas jari untuk lindungi kulitmu, dan gunakan secara berkala. 

2. Terlalu sering atau jarang melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi memang sangat berguna untuk kulit. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mengganti sel kulit mati dengan yang baru dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori.

Terlalu sering melakukan eksfoliasi akan menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan memicu masalah kulit seperti kulit kering dan berjerawat. Jarang melakukannya juga tidak kalah bahayanya. Sel kulit mati akan menumpuk di kulit dan penggunaan produk perawatan kulit lainnya tidak berjalan maksimal. 

Tidak perlu bingung, Anda hanya harus melakukan eksfoliasi kulit setiap 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. 

5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Anda Hindari


3. Tidak mengganti sarung bantal secara berkala

Tidur dan meletakkan kepada di atas bantal sudah pasti wajah akan bersentuhan dengan sarung bantal. Pasalnya sarung bantal yang rutin digunakan akan mudah terpapar keringat, minyak dari kulit kepala, sel kulit mati dan residu perawatan rambut. 

Jika Anda jarang mengganti sarung bantal, wajah akan terpapar lebih lama oleh bakteri-bakteri yang ada di sarung bantal. Terlebih jika bantal memiliki tungau yang akan membahayakan bagi kesehatan. 

4. Menggunakan produk perawatan tidak sesuai dengan takarannya

Gunakan produk perawatan wajah sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Selain menggunakan sesuai takaran, maka penting juga untuk menggunakan produk perawatan wajah sesuai dengan urutannya. 

Bisa dimulai dari produk yang lebih tipis lalu dilanjutkan dengan produk yang lebih tebal. Kesesuaian takaran dan urutan pemakaian produk kecantikan akan membuat produk tersebut bekerja secara maksimal di kulit Anda. 

5. Terlalu sering menyentuh wajah

Terkadang menyentuh wajah sudah menjadi gerak refleks dan tidak disadari. Terlalu sering menyentuh wajah dapat memindahkan bakteri yang ada di tangan ke wajah. Kuku manusia menyimpan banyak bakteri setiap harinya, sentuhlah wajah menggunakan tisu bersih dengan lembut jika sudah terdesak ingin menyentuhnya. 

Perawatan kulit senantiasa harus dilakukan sebagai bentuk rasa sayang kepada tubuh sendiri dan titipan Tuhan. Sesuaikan produk kecantikan yang dipakai dan cara-cara membersihkan kulit dengan kebutuhan kulit masing-masing. Kulit yang sehat tidak hanya enak dipandang juga akan menambahkan kebahagiaan dan rasa percaya diri pemiliknya. 

Dari kesalahan di atas, kesalahan mana yang sering Anda lakukan dan sudahkan Anda menghentikan kebiasaan tersebut? Jangan ragu untuk berbagi cerita di kolom komentar. 

12 Comments

  1. No 5, saya sering nyentuh wajah dalam keadaan tangan saya belum dicuci.

    BalasHapus
  2. Wah bener banget nih, hal sepele yang bikin kulit jadi ancur. Pakek skincare mihil pun gak ngaruh kalau masih lakukan hal ini

    BalasHapus
  3. Baru belakangan saya melakukan no. 1 dan 2. Selama ini menganggap remeh efek sinar matahari ke kulit. Hasilnya mulai terlihat sekarang hiks, jadi saya mulai menggunakan sunscreen. Better late than never.

    BalasHapus
  4. kesalahan aku adalah jarang ganti sarung bantal. alhasil, kulit sering jerawatan hehehe

    BalasHapus
  5. Bener banget nih kak! Kebiasaan aku yg susah itu, menyentuh wajah dan suka lupa ganti sarung bantal huhuhu, also minum air putih, wajib!

    BalasHapus
  6. poin nomor 2 sedang kuusahakan untuk rajin ini mbak hahahaha. Berhubung eksfoliasinya pake bahan AHA BHA, aku gunain cuma 2 minggu sekali. takut banget kulit muka berontak. Sulit banget kalau punya kulit sensitif. bawaannya takut terus.

    BalasHapus
  7. Sunscreen tuh wajib, 2 jari untuk muka dan leher, dan re-apply tiap 2-3 jam sekali

    BalasHapus
  8. Wah, aku masuk yang nomer lima ini. Punya kebiasaan megangi dagu kalau lagi ngelamun atau bingung. Hehehe.. tapi emang ada benernya juga, kalau tangan kotor terus pegang wajah ya auto kotor juga wajahnya. 🤭

    BalasHapus
  9. Duh aku jarang banget buat eksfoliasi :( karena merasa kaya masih aman aman aja kulitnya. Tapi padahal harus yaa, biar lebih sehat

    BalasHapus
  10. artikel ini sebagai pengingat kepada saya, rupanya hal-hal di atas jarang sy lakukan untuk menjaga kulit.

    BalasHapus
  11. jarang sekali ganti sarung bantal. gantinya pake perasaan saja atau pas lagi ingat sudah lama belum ganti. Yang lebih parah, pas baunya sudah apek baru ganti

    BalasHapus
  12. Bisa jadi bahan masukan buat istri ni, soalnya kulit nya rada sensitif jadi butuh perhatian terus.. :)

    BalasHapus