Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 4 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Motor!

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 4 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Motor!- Hari ini adalah jadwal belanja mingguanku. Seperti biasa, aku pergi ke pasar dengan mengendarai motor matic kesayanganku. Sudah senang karena bisa keluar di pagi hari, kesenanganku seketika buyar karena mendengar suara berderit. Aku menduga-duga dari mana suara deritan itu berasal. 

Untuk mengetahui asal suara, aku langsung menancap gas dan suara deritan kembali terdengar. Ternyata motor matic kesayanganku ini meminta jatah servisnya. 


Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 4 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Motor!
Pexels


Masalah seperti ini sering sekali kualami sedari saat kuliah dulu. Beruntung sekarang ada Pak Suami yang ambil alih masalah servis motor. Kalau dulu, selagi motor maticku bisa berjalan, maka semua akan baik-baik saja. Derit sedikit tidak ngaruh. 

Sampai waktu di mana aku tersadar dan rugi habis-habisan karena servis motor. Saat itu motor maticku mati total, memang sih aku sudah lama tidak membawanya ke bengkel untuk servis. Karena bingung dan tidak mengerti masalah motor dan mesin, aku membawanya ke bengkel terdekat dari kos.

Si motor matic menginap satu malam di sana. Esok paginya, aku mengambil motorku dan merogoh kocek sebesar Rp 600.000 hanya untuk menghidupkan kembali mesin motorku. Kukira kalau sudah bayar mahal, dijelaskan detil oleh montirnya, dan  motorku hidup kembali, maka semuanya aman.

Ternyata tidak, Guys. Motor maticku kembali mogok, mati, dan tidak mau hidup. Aku jadi kebingungan dan kesal sekali. Lalu, aku memanggil temanku yang paham dengan masalah motor. Temenku bilang kemungkinan motorku dikerjain sama montirnya.

Maksud dikerjain tuh motorku dibenerin sekadarnya saja, tidak dicek lebih detail sesuai kebutuhan kerusakannya. Mungkin si montir merasa beruntung karena yang punya motor tidak paham. Aku sedih bukan main dan berjanji akan tepat waktu membawa motor ke bengkel untuk servis. Bengkelnya juga bukan sembarang bengkel, tetapi bengkel yang bisa memberikan servis terbaik untuk motor matic kesayanganku. 

Pada tulisan ini, aku akan berbagi pengalaman dan informasi tentang menemukan bengkel terbaik untuk servis motor. Agar teman-teman tidak mengalami kejadian buruk yang sama sepertiku. Baca artikel ini sampai habis, ya. 

Kapan dan Apa Tanda-tanda Motor Perlu Diservis?

Setidaknya, tiga jenis servis ini sudah menjadi hak dari motor kesayangan kita, Guys. Apa ituu? 

1. Servis Rutin

Servis rutin merupakan langkah dasar dalam perawatan kendaraan. Sebaiknya dilakukan setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Beberapa poin penting dalam servis rutin yang harus kita perhatikan adalah pengecekan dan penggantian oli, serta pemeriksaan sistem pendingin. 

Nah, dengan mengetahui poin penting tersebut, kita dapat memastikan bahwa mesin kendaraan tetap beroperasi dengan baik.

2. Servis Berkala

Servis berkala mencakup pemeriksaan lebih mendalam, seperti sistem rem, kelistrikan, dan busi. Melalui servis berkala, kita dapat mendeteksi potensi masalah sebelum menjadi serius, menjaga keandalan dan keamanan kendaraan.

3. Servis Khusus

Servis khusus melibatkan tindakan lebih lanjut, seperti overhaul mesin, perawatan sistem injeksi, dan pengecekan suspensi. Meskipun servis ini tidak dilakukan setiap saat, namun sangat penting untuk menjaga kinerja kendaraan dalam jangka panjang.

Jika motor kalian mengalami perubahan performa mesin, bunyi-bunyi yang tidak wajar, lampu indikator mesin yang menyala, atau gejala sistem rem yang bermasalah. Merespon tanda-tanda ini dengan cepat dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan segera bawa ke bengkel.

Tips Memilih Bengkel yang Bagus dan Terpercaya

Setelah mengetahui perubahan performa mesin kendaraan, langkah selanjutnya adalah membawa motor ke bengkel. Tetapi, jangan membawa motor ke sembarang bengkel, ya. Bawalah motor teman-teman ke bengkel yang bagus dan terpercaya. 

Berikut tips memilih bengkel yang bagus dan terpercaya ala The Daily Walks. 

1. Reputasi dan Pengalaman Bengkel
Pilih bengkel yang memiliki reputasi baik dan pengalaman dalam merawat jenis kendaraan. Ini penting sekali untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti yang pernah kualami. Sayangkan, kalau sudah merogoh kocek tapi hasilnya tidak memuaskan. 


2. Ketersediaan Teknisi yang Kompeten

Pastikan bengkel memiliki teknisi yang terlatih dan kompeten dalam menangani berbagai jenis permasalahan kendaraan. Lebih baik lagi jika teknisinya sudah pernah mendapatkan training. Jadi tidak cuma asal tahu saja, tapi memang benar-benar berkompeten dan berpengalaman.

3. Pelayanan Pelanggan

Perhatikan pelayanan pelanggan, termasuk kemudahan komunikasi, estimasi biaya, dan transparansi dalam pekerjaan yang dilakukan. Nah, ini tidak kalah penting. Sekarang banyak usaha yang sudah memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi digital, namun ada juga yang belum.

4. Ketersediaan Suku Cadang Berkualitas

Bengkel yang memiliki akses ke suku cadang berkualitas dapat memastikan bahwa kendaraan kita diperbaiki dengan komponen yang tepat.


Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 4 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Motor!



Memilih Planet Ban Sebagai Tempat Servis Terbaik untuk Motor Matic Kesayangan

Setelah kejadian motor mogok setelah di servis di bengkel itu, aku jadi mendiamkan motor maticku di kos. Selain boncos di servis motor, boncos juga nih di ongkos Ojol. Sore hari saat pulang dari cafe menuju kos, aku clingak-clinguk mencari bengkel mana yang bisa kudatangi lagi untuk membereskan masalah motorku.

Dan mataku tertuju pada slogan yang terpampang di banner gerai bengkel Planet Ban yang kulewati. Servis motor rasa mesin baru, begitu tulisan yang terpampang di sana. Aku pun menghubungi temanku dan memintanya untuk membantuku membawa motor kesayangan ke Planet Ban.

Esok siangnya kami sudah bergegas ke Planet Ban dan mendaftarkan keluhan kepada teknisinya. Pelayanan yang cepat dan tanggap langsung mencatat dan melihat kerusakan di motorku. Selain servis, aku juga disarankan mengganti ban karena memang sudah sering bocor dan sudah layak ganti. 

Setelah motorku selesai di servis, aku diberi kesempatan untuk mencoba motorku dan melaporkan kembali jika ada keluhan. Aku kemudian mencoba mengendarai motorku dan bahagia sekali motorku sangat enteng, tidak ada suara-suara yang mengganggu dan yang penting motor matic kesayanganku sudah bisa digunakan kembali. 

Alasan Memilih Planet Ban

Selain karena melihat Slogan di banner itu dan membuktikan langsung hasil kerja teknisi Planet Ban, aku jadi langganan servis motor di sana. Berikut kurangkum alasan memilih Planet Ban, agar teman-teman yang memiliki keperluan servis motor tidak susah payah mencari bengkel yang berkualitas. 


Komitmen Planet Ban yang Juara

Planet Ban sebagai toko ritel modern, berkomitmen untuk menyediakan suku cadang berkualitas tinggi khususnya untuk sepeda motor. Planet Ban memiliki lebih dari 1100 toko yang tersebar di seluruh Indonesia.

Planet Ban juga berkomitmen menjaga dan mengembangkan inovasi mereka melalui kualitas dan kepercayaan pelanggan. Setiap produk seperti ban, oli, spare part, hingga layanan servis, sudah melalui riset dan pengembangan yang mendalam. Bahkan tidak hanya lolos uji manufacturing test, produk Planet Ban juga sudah teruji field test. Tujuannya adalah untuk memastikan kualitas dan keandalan produk mereka. 


Servis Sepeda Motor yang Berkualitas


Layanan servis sepeda motor di Planet Ban tidak hanya sekadar perbaikan rutin, tetapi pengalaman merasakan Rasa Mesin Baru meski di motor lama. Layanan ini ditujukan untuk mengembalikan performa sepeda motor agar setara dengan kondisi baru. 

Tidak hanya di permukaan dan bagian yang dikeluhkan saja, proses pembersihan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari throttle body hingga ruang oli, membuat performa kendaraan lebih optimal, hemat bahan bakar, dan bahkan mampu mengurangi emisi lebih dari 70%.


Pilihan Ban Eksklusif

Planet Ban menawarkan pilihan ban motor eksklusif yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Melalui kerja sama langsung dengan pabrikan ban ternama di Indonesia, Planet Ban menyediakan produk eksklusif seperti Presa PS-588, Planeto Gold, hingga Aspira Premio Terreno. Merek-merek ternama seperti Michelin, Corsa, Maxxis, dan lainnya juga tersedia dengan berbagai ukuran sesuai jenis sepeda motor.


Menggunakan Oli yang Unggul dan Berkualitas

Planet Ban menyediakan oli motor X-Ten dengan teknologi Ester yang memiliki daya tahan dua kali lipat dibandingkan oli di pasaran. Dengan kualitas yang unggul, tentu oli X-Ten akan membantu mengurangi gesekan di mesin. Sehingga mesin menjadi lebih awet, memiliki performa yang maksimal dan tentunya hemat bahan bakar. 


Spare Part Premium

Planet Ban menyediakan suku cadang eksklusif dengan brand X-Grade. Mulai dari kampas rem, aki, minyak rem, komponen CVT, rantai, hingga cairan anti bocor, semuanya ditawarkan dengan harga yang transparan. Kita bisa cek langsung di website Planet Ban, Planetban.com.  Jadi, sebagai pelanggan juga nyaman karena tidak ada tiba-tiba harga berubah atau melonjak. 


Mekanik yang Profesional dan Terlatih

Mekanik Planet Ban tidak hanya memiliki pengalaman, tetapi juga telah melalui pelatihan profesional. Mereka siap memberikan saran dan solusi terbaik untuk menjaga kinerja maksimal sepeda motor kita.

Planet Ban bukan hanya tujuan untuk memenuhi kebutuhan suku cadang dan layanan sepeda motor, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik, berinovasi, dan memprioritaskan kepuasan pelanggan.

Bertabur Promo

Planet Ban juga bertabur promo dalam pelayanannya. Juara banget kan. Kita bisa mendapatkan potongan harga sebesar 150 ribu rupiah. Caranya mudah banget, teman-teman tinggal klik link WhatsApps ini dan kamu akan merasakan sehatnya kondisi motor kesayanganmu.



Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Dia 4 Tips Memilih Bengkel untuk Servis Motor!


Penutup

Setelah merasakan langsung performa motor yang di servis oleh Planet Ban, aku jadi tidak mau ambil risiko dan coba-coba bengkel lain lagi. 

Kapan dan di mana lagi coba servis motor yang detail, terpercaya, berkualitas dan memudahkan pelanggan kalau bukan di Planet Ban. 

Jadi, jangan tunggu motor kesayanganmu rusak parah atau mati dulu ya baru dibawa ke Planet Ban. Servis sekarang atau besok-besok itu sama saja kok. Sama-sama mengeluarkan dana. Yang beda adalah jumlah dananya. Kalau servis tepat waktu, pasti tidak memakan banyak biaya. Sebaliknya, jika servis menunda-nunda terus, pasti mengeluarkan dana yang banyak. 

Servis motor, ya ke Planet Ban saja.

24 Comments

  1. Iya kak, setuju banget. Tobat deh asal pilih bengkel. Mending pilih yang jelas dan ramai dipilih orang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kannn, kannn. Aku korban salah pilih bengkel soalnya haha

      Hapus
  2. aduuuh aku juga pernah tuh karena mepet kan dan urgent, motor martic ku juga mogok jadilah ke bengkel terdekat. Aku juga ngerogoh kocek lumayan kak, bikin nangis pokoknya, hiks. akhirnya motorku emang nyalan lagi tapi udah itu masalah berbuntut malah ngerembet ke yang lain.

    Sejak itu gak lagi deh ke bengkel itu dan pilih bengkel yang emang udah trusted seperti planet ban. aku rutin service disana dan kemarin baru aja ganti ban tubles.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat kapok kan kak. Aku sih cukup sekali aja salah pilih bengkel, kalau sering-sering sayang motor dan uangnya hahah

      Hapus
  3. Sebagai perempuan aku ngerasa terbantu banget sih dengan adanya planet ban ini. Bengkel yang cukup modern dan bisa mengakomodir kebutuhan service motor yang lebih mudah. Jadi kita bisa lebih percaya juga walaupun nggak begitu paham tentang mesin motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget kak. Aku pahamnya sebatas kejanggalan yang kurasakan di motorku aja. Kalau penyebab dan solusinya aku juga nggak gitu paham. Kalau di sembarang bengkel, ini adalah senjata ampuh untuk mengelabui konsumen. Jadi pilih yang pasti dan terpercaya aja.

      Hapus
  4. Walaupun perempuan tapi kita harus paham tentang kendaraan sendiri yah seperti memahami tentang servis dan mencari tau bengkel terpercaya. Supaya kondisi kendaraan selalu prima dan aman saat berkendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sih ya kak. Kita emang kudu bertanggung jawab sama barang kita, termasuk cara perawatannya.

      Hapus
  5. Alternatif service motor memang selain dibengkel resmi pabrikan bisa juga ditempat yang dikenal reputasinya.

    BalasHapus
  6. Saya juga pernah nih ngalamin pengalaman kurang mengenakkan terkait servis barang. bukan motor sih tapi pengalamanku hampir serupa sama ka Aniisa, jadi kayak dibodo2in sama teknisinya. duh gmes banget deh kalo inget itu. Dan kalo ngomongin soal bengkel motor saya juga setuju banget nih kalo Planet Ban sangat rekomended, selain cabangnya banyak tersebar di seluruh Indonesia pelayanannya juga terkenal memuaskan.

    BalasHapus
  7. Bener banget kak, memilih bengkel memang nggak bisa sembarangan, kalau ada bengkel yang nakal jatohnya jadi mahal banget

    BalasHapus
  8. Salah satu pengalamam ku juga, minyak motor tuh dikeluarin mayan banyak banget. Dari situ bener² kapok banget. Ini artikel banyak manfaatnya sih, khususnya buat cewe² yg kurang paham sama mesin motor

    BalasHapus
  9. Enggak cuma cowok, yaa, tapi cewek juga perlu banget nih memahami soal otomotif. Apa lagi kalau mau enggak mau harus bawaa motor ke bengkel Sendiri. Harus tau banget soal bengkel biar enggak kena tipu

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu kalau servis motor tuh ada yang untuk rutin (ganti oli, cek lampu sen, dll) , ada juga yang berkala dan menyeluruh. Dulu pas belum punya suami tahunya naik motor doang, perawatannya nol. Hehe

    BalasHapus
  11. Ngga dong, aku kemarin servis ban disana enakeun. Mas nya ramah dan dijelasin semua muanya.

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah nih nyoba servis rutin di Planet Ban. Padahal deket banget dari rumah, next aku coba deh hehe. Emang tempat servis itu menentukan ya, gak bisa sembarangan pilih tempat servisan, daripada malah salah tindakan, justru habisnya jadi lebih banyak.

    BalasHapus
  13. Bener banget, untuk service ringan Planet Ban rekomendasi karena selain murah juga kualitasnya terjamin

    BalasHapus
  14. Memang ya Kak, untuk kendaraan bermotor, salah satu yang wajib dicatat itu adalah kapan waktu-waktu untuk pergi ke bengkel. Perawatan rutin seperti ganti oli itu tidak boleh sampai ke skip karena dampaknya bisa panjang ya. Planet Ban ini ternyata banyak juga ya cabangnya. Sering terlihat di mana-mana.

    BalasHapus
  15. Diluar konteks postingan bersponsor, saya sangat mengapresiasi ada perempuan yang sangat mengerti tentang dunia servis-menyervis sepert ini. Sungguh sangat idaman.
    Saya juga setuju jika kita tidak boleh sembarangan memilih bengkel. Malah ada kasus (maaf banget ini), bengkel dealer resmi malah yang kurang 'well perform' dan hanya mengejar target penjualan aja.

    BalasHapus
  16. Perempuan suka lupa kalo motor ga cuman buat dipake aja tapi kudu di servis juga hihi cuman masalahnya banyak gatawnya soal komponen takut ini itu makanya penting banget buag tau tempat servis yang rekomended kaya planet ban

    BalasHapus
  17. Memang nggak boleh sembarangan sih untuk bisa servis kendaraan karena kualitasnya yang dipertaruhkan hehe. Teruma kasih untuk tipsnya mbak!

    BalasHapus
  18. Sangat penting memilih bengkel motor terbaik untuk kendaraan kita ya mbak
    Agar kendaraan kita bisa dirawat dengan baik

    BalasHapus
  19. Aku mah taunya cuman pake aja haha.. tapi makin kesini makin sadar kalau motor gak cuman dipake doang tapi perlu dirawat, layaknya kita yang juga butuh perawatan :D kalau gak usia motornya bisa lebih pendek alias gampang rusak..

    BalasHapus
  20. belum pernah seh service motor di Planet Ban, tapi sudah 2x beli dan ganti ban di sana. so far, pelayanannya oke banget dan kadang ada promo/diskon lumayan ng

    BalasHapus