Hipnoterapi dalam Mengubah Perilaku.


Hipnoterapi sudah lama dikenal sebagai salah satu cara penyembuhan permasalahan psikologis. Namun di kalangan masyarakat masih banyak yang belum mengetahui fakta-fakta tentang hipnoterapi dan belum mengetahui bagaimana hipnoterapi bisa menyembuhkan permasalahan psikologis. 

Banyaknya mitos-mitos yang beredar kuat dan luas di masyarakat tentang hipnoterapi, membuat hipnoterapi tak jarang memiliki citra buruk dan dekat dengan dunia kriminal. Padahal pada nyatanya hipnoterapi adalah salah satu metode penyembuhan yang sudah banyak membantu orang lain sembuh dari permasalahan psikologisnya. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang hipnoterapi beserta dengan fungsi dan cara kerjanya. Sehingga lebih memahami, tidak ada keraguan dan mispersepsi tentang hipnoterapi. 

Baca juga : How to Cure Yourself with Love Letter

Definisi Hipnoterapi

Setiap penjelasan selalu berangkat dari definisi, karena dari sanalah kita mendapatkan informasi pertama tentang suatu hal. Hipnoterapi adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari manfaat sugesti untuk mengatasi masalah pikiran, perasaan dan perilaku. 

Hipnoterapi dikatakan juga sebagai salah satu teknik terapi pikiran menggunakan hipnosis. Hipnoterapi merupakan aplikasi hipnosis dalam menyembuhkan gangguan mental dan meringankan gangguan fisik.




Bagaimana Hipnoterapi Mengubah Perilaku?

Untuk mengubah perilaku seseorang banyak sekali caranya, beberapa di antaranya adalah dengan cara konvensional yaitu perubahan perilaku yang memerlukan usaha dan upaya yang sistematis secara mental maupun spiritual. Perubahan sistematis tentu membutuhkan waktu yang lama dan konsistensi yang tinggi. Pengkondisian lingkungan dan meningkatkan pengamalan ajaran agama. Sementara hipnoterapi menyelesaikan langsung ke sumber masalah di pikiran bawah sadar. Dimana pikiran bawah sadar manusia merupakan pusat database program dan informasi dalam diri manusia. 

Dalam proses hipnoterapi akan menggunakan metode sugesti untuk memberikan perubahan perilaku dan sugesti tersebut bisa di deteksi kembali pada saat dalam pikiran sadar. Dalam keadaan tertentu manusia dapat dipengaruhi oleh kata-kata tertentu sehingga kata-kata tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan perilakunya. 



Manfaat Hipnoterapi

Hipnoterapi memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia. Dalam artikel ini akan dijelaskan manfaat hipnoterapi pada tiga bidang kehidupan yaitu :

1. Dalam bidang psikologi. Untuk mengatasi masalah psikis seperti kecemasan, trauma,  stres, depresi, frustasi, emosi negatif, malas, mental blok, sakit hati dan lain-lain. Dalam beberapa gangguan mental berat, hipnoterapi disarankan sebagai tindakan tambahan dan terkadang juga tidak disarankan untuk menjadi tindakan penyembuhan. Jadi tergantung pada jenis gangguan psikis yang dialami.

2. Bidang Kesehatan. 

Pikiran dan fisik memiliki hubungan dalam menciptakan rasa sakit. Maka dari itu, tidak jarang penyakit fisik disebabkan oleh pikiran.  Hipnoterapi mampu menyembuhkan penyakit dengan mengatur pikiran akan sebuah kesembuhan. Sugesti yang diberikan dalam proses hipnoterapi menimbulkan motivasi untuk sembuh dengan begitu dapat meredakan penyakit pada bagian tertentu. Hipnoterapi juga sering digunakan dalam program diet. Dalam prosesnya, sugesti mampu membuat seseorang untuk mengontrol pola makan yang menunjang program diet. 

3. Pengembangan Diri.

Hipnoterapi juga tidak jarang digunakan untuk keperluan pengembangan diri. Dalam mengembangkan potensi diri, seseorang tidak terlepas dari hambatan seperti malas, terlalu banyak pikiran, mental blok, pemahaman yang keliru tentang pencapaian dan lain-lain. Dengan itu hipnoterapi mampu menghilangkan hambatan tersebut sehingga seseorang bisa mencapai perkembangan dirinya dengan maksimal. 


Yuk, raih kesejahteraan psikologis Anda dengan bantuan hipnoterapis. 

0 Komentar