Blogwalking; Menjalin Koneksi dan Promosi.




Halo, apa kabarnya? Akhirnya aku bisa menulis lagi dan kali ini akan menulis tentang blogwalking. Apa tuh?? Jadi, blogwalking adalah aktivitas "jalan-jalan"nya blogger dengan mengunjungi dan membaca situs blog lain. 

Biasanya, blogwalking dilakukan untuk mencari ide, mencari informasi tentang suatu barang, atau apapun, dan untuk menjalin keakraban sesama blogger. Biasanya aku selalu blogwalking setelah menautkan link pada kolom komentar di postingan facebook Blogger Perempuan. 

Disana banyak sekali link-link blog teman-teman blogger lain yang bisa dikunjungi dan pastinya akan mendapatkan informasi baru, juga menjalin komunikasi dengan meninggalkan komentar di kolom yang sudah tersedia.

Dari blogwalking aku bisa belajar banyak hal tentang menulis, ide konten tulisan, dan belajar tentang blog itu sendiri. 

Terkadang jika aku tertarik dengan topik, tampilan, bahkan hal-hal unik dalam satu blog yang kukunjungi aku biasanya langsung menghubungi pemilik blog tersebut dan sharing banyak hal padanya. jadi kegiatan blogwalking ini sangat seru bagiku. 

Menjalin networking sesama blogger.


Salah satu manfaat dari blogwalking adalah menjalin networking sesama teman-teman blogger lain. Dari jaringan pertemanan ini kita bisa banget untuk bertukar informasi tentang blogging, tentang niche masing-masing atau tentang hal lainnya dengan teman-teman sesama blogger. 

Kita juga bisa saling mendukung untuk terus berkarya melalui tulisan-tulisan kita di blog ataupun website masing-masing. 

Mendapatkan ide dan inspirasi. 


Yaps, ide dan inspirasi hal yang pasti didapatkan melalui blogwalking, dengan mengunjungi situs blog lain, kita akan mendapatkan inspirasi untuk menulis, ataupun untuk membangun blog kita sendiri. 

Belajar dari blogger lain.


Seperti yang sering kulakukan, ketika takjub melihat satu situs blog, aku akan langsung belajar langsung pada pemilik blog tersebut, entah mengenai bagaimana proses menulisnya, bagaimana mengoptimasi dengan keyword, dan lain-lain. 

Mendukung sesama blogger.


Dengan blogwalking kita bisa mendukung dan mengapresiasi karya dari blogger lain. menurutku ini penting untuk dilakukan agar semangat dalam menulis dan berbagi tetap terjaga. 

Terkadang selain apresiasi dari diri sendiri, kita juga butuh apresiasi dari teman-teman lain, bisa dalam bentuk kritik saran, juga masukan masukan agar tulisan kita menjadi lebih baik lagi. 

Menjalin kerja sama. 


Menjalin kerja sama mungkin saja terjadi dari blogwalking. Misalnya kita mengunjungi blog dengan niche yang sama dengan blog kita, kan bisa banget untuk membuat event atau berkolaborasi dengan teman-teman blogger yang memiliki niche yang sama, atau juga bisa saling menjadi penulis tamu jadi semakin seru, deh. 


Jadi itu pengalaman aku ketika blogwalking dan apa saja yang kudapatkan dari sana. Sejauh ini aku masih suka klik-klik link di positngan facebooknya Blogger Perempuan untuk mengunjungi blog teman-teman yang lain. 

Yuk rajin jalan-jalan ke blog teman-teman lainnya, dan tinggalkan jejakmu di sana. 

1 Comments

  1. rupanya banyak manfaat blogwalking ya, saya baru dua bulanan ini aktif bw ke blog orang lain. selain menambah khazanah penulisan blog jg

    BalasHapus