Follow Us @soratemplates

Selasa, 19 Oktober 2021

[ Review Buku ] #101Laws of Successful Startup


Hola!!

Akhirnya setelah lama sekali tidak menulis ulasan buku, kangen juga dengan aktivitas menulis rasa dari buku yang sudah dibaca. Sudah lama menyimpan ulasan buku #101Laws of Successful Startup , dan malam ini memutuskan untuk menayangkannya di blog.  

Buku ini kubeli ketika ada diskon besar-besaran di gudang Gramedia di Jogja. Digerakkan oleh rasa penasaran dan ketakjuban, akhirnya aku membawa buku ini pulang. Beruntung, isi bukunya sangat sesuai dengan informasi yang kubutuhkan. 

Suatu hari, aku merasa takjub dengan sepasang suami istri yang masing-masing mereka memiliki startupnya sendiri. Siapa lagi kalau bukan pendiri Hijup dan Bukalapak. Diajeng Lestari dan Ahmad Zacky. 

Terinspirasi dari kisah mereka berdua, aku mulai cari-cari buku yang membahas seputar startup. Aku tertarik pada satu buku kecil yang berisikan prinsip yang harus dimiliki ketika ingin mendirikan bisnis ataupun startup, dan bagaimana agar bisa menciptakan unicorn


Pilihanku jatuh kepada buku #101Laws of Successful Startup. Buku ini ditulis oleh Arisatya Yogaswara, seorang alumnus dari Universitas Gadjah Mada. Beliau pernah menjabat sebagai direktur di beberapa perusahaan di Jogja dan akhirnya memilih untuk mengembangkan bisnisnya sendiri. Beliau juga membangun stratup di bidang berita dan informasi. 

Tebal buku ini 258 halaman. Buku ini berisi #101 prinsip dan hukum yang harus dimiliki seseorang yang ingin membangun startupnya sendiri. Berkaca dari pengalaman orang-orang yang sudah sukses membangun kerajaan bisnisnya seperti Jack Ma, Dave McClure, Diajeng Lestari, Ahmad Zaky, Natali Ardianto, dan para founder startup lainnya. 

Karena apa yang tertulis dalam buku ini based on true story dan memang buah perjalanan para founder- founder startup, aku merasakan semangat mereka sampai pada bacaan dalam buku ini. Sangat mengingatkanku sekali tentang keharusan menikmati proses, berpikiran yang luas dan memiliki growth mindset. 

Alasan Kenapa Kamu Harus Bikin Startup Sekarang Juga

Saat ini ada 2,5 Miliar pengguna internet di seluruh dunia (data dari WeAreSocial Singapura). 

Di Indonesia, orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat smartphone daripada menonton TV. 

Banyak startup  yang didirikan anak-anak muda Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Tokobagus, dan lain-lain.

Bermula dari ide yang sederhana, dieksekusi dengan tim yang tepat dan keinginan belajar yang tinggi, menjadikan mereka sukses dengan bisnisnya. Saya terperanjat dengan kesederhanaan ide. Kesederhanaan tempat. 



Betapa banyak alasan sangat tidak dibutuhkan ketika ingin maju dan sukses. 
Dari hal sederhana tersebut, biasanya akan muncul hal-hal yang luar biasa jika ditekuni dengan giat. 

Dalam buku ini dijelaskan dengan gamblang oleh para pendiri-pendiri startup dimulai dari latar belakang berdirinya startup mereka, sumber ide, tantangan dan prinsip-prinsip yang dipegang hingga berkembang pesat. 



Melakukan Kesalahan Adalah Hal yang Wajar Bagi Pembelajar 

Dalam merintis karier dan usaha, kesalahan adalah teman yang akrab dengan manusia. Siapa sih, yang tidak pernah salah dan keliru? 

Semua orang hebat dan para founder pernah melakukan kesalahan. Kesalahan justru dapat menjadi batu loncatan menuju kesuksesan dan perbaikan. 

Menurutku, buku ini cocok sekali dibaca oleh siapapun yang ingin memulai sebuah usaha ataupun ingin mengembangkan usahanya. Banyak strategi dan prinsip-prinsip bisnis yang diajarkan oleh para founder.

Jika kamu sudah membaca bukunya, dan sudah mempraktikkan isi dari buku ini, boleh berbagi pengalaman di kolom komentar ya.



16 komentar:

  1. sekilas membaca judulnya menarik, semoga isinya semenarik judulnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isinya juga menarik kok kak. Banyak nilai nilai yang disampaikan para founder, jadi ketika kita memulai bisnis, bisa belajar dari pengalaman mereka, dan itu akan meminimalisir ketidakberhasilan.

      Hapus
  2. Keren Kak, memang proses itu penting dalam sebuah arti kesuksesan.
    tanpa kegagalan kita tidak akan merasakan nikmatnya kesuksesan.

    Semangat terus menulisnya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak. Terima kasih sudah membaca. Semangat juga.

      Hapus
  3. Setuju banget kak, kesalahan merupakan hal yang wajar bagi kita yang ingin belajar. Sehingga orang yang super keren, ialah orang yang sudah terjatuh pada kesalahan, namun ia bangkit dengan mempelajari kesalahan sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Setuju banget si sama pernyataan "Melakukan Kesalahan Adalah Hal yang Wajar Bagi Pembelajar". Tanpa ada kesalahan mungkin bisa jadi engga bisa sesukses sekarang.

    BalasHapus
  5. Keren mbak artikelnya, setelah saya membaca review buku 101laws of successful sepertinya saya ingin membeli bukunya langsung sebelum saya melakukan startup biar ada bayangan untuk kedepannya supaya tidak berhenti dijalan

    BalasHapus
  6. Melakukan kesalahan adalah wajar bagi pembelajat. Hmmm... Setuju, karena manusia tak luput dari salah.

    BalasHapus
  7. Huaaa enak banget bisa beli bukunya pas lagi diskon besar2an... Pengen juga beli bukunya tapi masih nunggu waktu kapan ada diskon gedek... Hehe

    BalasHapus
  8. kata kata melakukan kesalahan bagi pemula adalah hal wajar, cukup mengobati perasaanku kak, karena aku lagi belajar usaha pertama kalinya terus gagal. yang penting bangkit lagi dna ga boleh nyerah

    BalasHapus
  9. hambatan terbesar saya karena tidak ada dukungan 😟

    BalasHapus
  10. Rekomendasi buku yang bagus, yang cocok sebagai referensi bacaan kedepan

    BalasHapus
  11. wahhh boleh masukin ke wihlist nih bukunya kak...

    BalasHapus
  12. Yaps. Rekomendasi yang bagus untuk mereka yang ingin bangun startup. Tapi Bukan berarti setiap orang bisa menjadi leader dalam startup, teringat wawancara nadiem makarim, bahwa untuk jadi CEO, butuh role model yang tidak rendah

    BalasHapus
  13. buku ini memang rekomendasi banget, jadinya penasaran pengen baca hehe

    BalasHapus
  14. Dari judulnya aja sdh menarik dan pengen baca apa lg ada angan2 pengen mau membuat tim starup di daerah 😁😁

    BalasHapus