Follow Us @soratemplates

Selasa, 26 Oktober 2021

Perjalanan Menulis Blog dan 4 Hal yang Aku Sukai dari Blogging


Selamat hari Blogger, teman-teman Blogger!

Berhubung hari ini adalah hari Blogger, aku ingin merayakannya dengan berkontemplasi, mengingat perjalananku mengawali blog ini, apa saja yang aku suka dari kegiatan blogging, dan tentunya harapan dan cita-citaku ke depannya di dunia blogging

Berangkat dari awal mula menulis blog, pada mulanya aku sangatlah tidak familier dengan blog. Bahkan aku tidak tahu kalau ada platform yang bisa dijadikan tempat menulis sendiri, alih-alih dibaca banyak orang.

Kekudetanku bukan tidak beralasan. Maklum saja, aku besar dan tumbuh di lingkungan pondok pesantren, di mana internet dan gedget adalah hal yang amat jauh dari kami. 

Bahkan, di saat teman-teman sebayaku di luar sana sudah mahir berselancar di internet, aku masih meraba belajar menulis di Word dan belajar menggunakan Excel yang sampai sekarang aku tidak hafal rumusnya. 

Baca juga : Perempuan, Pendidikan, & Stigma Masyarakat


Satu-satunya sosial media yang akrab denganku adalah Facebook. Aku selalu mencuri-curi waktu untuk membukanya di warung internet ketika aku berpeluang untuk keluar dari pesantren. 

Barulah di saat kuliah, di saat sedang bosan-bosannya dengan rutinitas kampus, di saat sedih-sedihnya beradaptasi di tanah rantau, aku mulai sering menghabiskan waktu di warung internet dekat kosku sepulang kuliah. 

Di sana, semua tabir internet tersingkap, dan aku mulai mencari tahu dari mana asalnya semua artikel yang kubaca di internet dan bagaimana membuatnya. 

Pentingnya Memiliki Mentor dan Role Model

Akhirnya setelah membaca-baca tutorial membuat blog, aku pun memberanikan diri membuat blog pribadi. Isinya seperti biasa, curhat, curhat, dan mengeluh. 

Aku semacam memiliki buku diary online. Di tambah lagi aku membaca buku Raditya Dika, Kambing Jantan. Di sana Raditya juga rajin menulis di diari onlinenya, sampai dijadikan buku. 

Seiring berjalannya waktu, aku jadi sering menulis di blog. Aku juga mulai mencari tahu bagaimana agar blogku tidak hanya berisi curahan hati melulu.

Mulai mencari-cari model blogger mana yang bisa dijadikan contoh, mempelajari bagaimana agar blog enak dilihat, karena aku anaknya visual sekali. 

Aku merasa bahwa untuk menjadi blogger yang profesional harus memiliki mentor dan role model dari blogger yang sudah sukses atau menginspirasi. Karena dari sana aku bisa belajar banyak dan mempercepat tujuanku. 

Aku juga sering menyambangi blog Blogger Perempuan untuk membaca tulisan-tulisan teman-teman blogger lain. 

Baca juga : Malas, Sebuah Seni Mempercepat Sukses

4 Hal yang Aku Sukai dari Blogging

Sedari dulu, menulis adalah kegemaranku. Aku suka menuliskan apapun yang sedang kurasakan. Menuliskan keresahan dan pendapatku tentang suatu hal. Blog adalah wadah yang menampung dan mewujudkan sebagian mimpiku. 

Hal pertama yang aku suka dari blogging adalah ketika menulis di blog menjadi waktu me-time untukku. Dulu, saat-saat banyaknya tugas kuliah, pelarianku adalah menulis di blog. Bahkan salah satu cara belajarku adalah menuliskan kembali materi kuliahku di blog. 

Dari menuliskan ulasan materi kuliah itu, aku lebih memahami isinya dan bisa bereksplorasi lebih dalam lagi. Bahkan ketika mengerjakan skripsi, aku lebih sering dipusingkan dengan topik apalagi ya yang bisa kutulis di blogku, ketimbang menulis hasil wawancara dari subjek penelitianku. Kelewat memang, hahaha. 

Kedua, blogging membuka peluang pekerjaan dan skill

Proses menulis di blog terbilang panjang. Mulai menentukan topik apa yang akan dibahas, menentukan sudut pandang, riset dan mengumpulkan data, membuat outline, merangkai kata supaya enak dibaca, dan membuat desain visual yang menarik. 

Tidak hanya itu saja, agar lebih optimal lagi, perlu juga melakukan riset kata kunci. Dari panjangnya proses menulis sebuah artikel di blog, coba deh perhatikan, kita jadi punya banyak skill. 

Peluang pekerjaan pun menjadi banyak. Seorang blogger bisa menjadi penulis SEO, bisa juga menjadi content creator, content writer, copywriter, content planner, dan lain sebagainya. 

Pengalamanku mendapatkan pekerjaan dari blog adalah ketika aku diterima bekerja di penerbit mayor dan penulis konten di website portal berita. 

Dengan modal ilmu ketika menulis di blogku, aku bisa menerapkannya di dunia kerja. Sekaligus bisa belajar hal baru dari pekerjaanku, dan menerapkannya di blogku. 




Ketiga, memiliki jejaring dengan penulis dan blogger sukses

Tergabung dalam komunitas blog adalah keharusan  buatku. Karena di sana akan banyak sekali hal-hal yang bisa didapatkan. 

Melalui komunitas, aku bisa mengikuti pelatihan-pelatihan menulis, berkesempatan belajar dengan blogger yang sudah dahulu sampai di puncak kesuksesan, belajar dari sesama teman blogger, dan teman-teman yang menjadi penguat dan penyemangat ketika kemalasan melanda. 

Dari komunitas blog juga akan banyak mendapatkan informasi seputar lomba blog, tips-tips dan banyak hal lainnya yang mendukung dan menjaga semangat menulis.

Jadi, meskipun notabene belum pernah bertemu secara langsung dengan teman-teman komunitas blog, komunikasi dan silaturahmi tetap berjalan. 

Keempat, aku menyukai menulis di blog karena bisa mengamati perkembangan kepribadian dan juga pola pikirku. 

Kepribadian dan pola pikir adalah dua hal yang harus berkembang menjadi lebih baik dari masa ke masa. Aku sering membaca tulisan lamaku untuk melihat lagi bagaimana pola pikirku saat itu. Apakah masih sama, atau mengalami perubahan. 

Jika berubah, ke arah mana perubahan tersebut. Perubahan tersebut bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya dari referensi bacaan. 

Aku juga bisa memantau perkembangan gaya menulisku dari hari ke hari, apakah masih sama saja seperti awal menulis di blog, atau semakin berkembang setelah melalui pembelajaran yang banyak dari menulis dan pelatihan. 

Harapanku Ke Depannya di Hari Blogger 

Harapanku adalah semoga aku lebih berani lagi mengikuti lomba-lomba blog, lebih sering up to date tentang informasi seputar seminar dan event- event blogger. Ya selama ini aku merasa kurang up to date dengan informasi tersebut. Hasilnya adalah aku sering tertinggal event- event yang bisa memperkaya wawasan. 

Selanjutnya harapanku adalah semoga aku semakin konsisten dan kreatif dalam menulis blog. Lebih tajam lagi risetnya, lebih mengasah rasa ingin tahu dan penasaran, serta mampu mengungkapkan keresahan. 

Semoga para blogger di Indonesia kian maju dan sukses. Aktif memberikan konten- konten yang mengedukasi dan informatif. Panjang umur dunia kepenulisan. 










4 komentar:

  1. waaah 4 poin yang bikin suka ngeblog di atas aku juga gituuu hihi
    apalagi kalo udah gabung sama komunitas
    selain bisa blogwalking nambah temen, juga bisa sharing tentang dunia blog

    semoga harapannya terkabul ya mbak hehe
    aku juga sekarang kalo mau ikutan lomba selalu maju mundur nggak pede duluan hehe

    BalasHapus
  2. aku juga nulis blog buat me time, mencurahkan isi hati, mau ada yang baca atau gak sih urusan belakangan, yang penting happy aja dulu ^^

    BalasHapus
  3. Wah jadi terobsesi gitu ya sama blognya, sampai-sampai waktu skripsi pun yang dipikirin malah topik blog. Hmm...saya juga sih, kayanya 24 jam waktu yang ada tuh sebagian besar dipakai untuk mikirin blog.

    Tampaknya mulai ga balance nih. Harus belajar ngerem hehehe.

    Anyway, selamat hari blogger ya Mbak. Semoga terus istiqomah berkarya dan menebar kebaikan melalui blognya. Last but not least, semoga blogmu ini jadi jariyah yang tak pernah putus buatmu ya.

    Allahumma aammiin.

    BalasHapus
  4. betul bgt mb, proses membuat tulisan blog itu panjang dr riset belum nyari visualnya biar tambah epic artikelnya. dan dstu bnyk bljr hal2 baru..
    semoga harapannya terkabul mb dan hasil karyanya bermanfaat bagi banyak orang.

    BalasHapus