5 Metode Self Healing untukmu Yang Suka Membandingkan Diri.





5 Metode Self Healing untukmu Yang Suka Membandingkan Diri- Self healing adalah penyembuhan diri sendiri dari luka batin. Pada umumnya orang akan pergi ke tenaga ahli seperti psikolog atau psikiater untuk menyembuhkan luka batin, padahal sebenarnya manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Beberapa kejadian dalam hidup terkadang menjadikan seseorang suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain bukanlah solusi yang tepat untuk memacu semangat untuk bangkit dari situasi terburuk.

Karena dengan membanding-bandingkan diri adalah cara paling ampuh untuk mematikan karakter yang ada pada diri seseorang. Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing, begitu juga kamu.

Bagaimana jika sudah terlanjur membanding- bandingkan diri ?

Jika sudah terlanjur membanding- bandingkan diri , cobalah 5 metode self healing berikut ini:

1. Minta maaf  kepada dirimu sendiri. Secara tidak sadar, kita sering menyakiti diri sendiri dan tidak berlaku adil. Membanding- bandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu contoh perilaku yang menyakiti diri sendiri.



2. Tanamkan dalam diri bahwa proses setiap orang itu berbeda, meskipun tujuannya sama akan ada banyak jalan berbeda yang akan di lalui. Tantangan setiap orang itu bisa jadi sama, namun cara menghadapi dan kondisi individual seseorang itulah yang mempengaruhi tindakan lalu hasilnya.

                            Baca juga: Mindfulness;Serba-Serbi Mencari Ketenangan


3. Belajar menikmati hidupmu sendiri, mengamati setiap proses yang terjadi, menyadari kegagalan, kecewa dan kemenangan dengan kesadaran yang penuh.




4. Mengubah pola pikir. Sebenarnya yang terpenting dalam menghadapi masalah adalah pola pikir kita. Pola pikir akan menentukan respons dan tindakan. Pernah sekali kubaca satu kutipan dalam buku referensi skripsiku, katanya untuk menyelesaikan masalah, pertama sekali yang dilakukan  adalah mengubah pola pikir, dan tentunya juga dengan usaha dan doa yang tak pernah putus.




5. Rutin mengajak berbicara diri sendiri di depan cermin setiap mau tidur dan ketika bangun tidur. Tegaskan pada diri sendiri bahwa “aku akan baik-baik saja, aku akan melewati prosesku sendiri dengan baik, aku akan menghargai apa pun yang telah kuusahakan, aku berhenti membandingkan diriku dengan siapa pun di dunia ini. Jika harus kubandingkan diriku, maka akan kubandingkan dengan diriku sendiri”. selipkan kata- kata positif lalu tersenyumlah.



6. Tidak lupa untuk berterima kasih kepada diri sendiri, karena mau bekerja sama untuk mewujudkan kehidupan dan perasaan yang sejahtera.



Setelah melakukan semuanya, tentu akan jauh lebih bisa menghargai diri sendiri dan siap berbagi kebahagiaan kepada orang- orang terdekat. 

Selamat Mencoba!

7 Comments

  1. Mantap jiwa kakak. Nuhun banget atas sharingnya. Sangat bermanfaat. Bisa diterapkan oleh siapapun. Mahasiwa yang lagi galau karena skripsinya belum kenar juga bisa.

    BalasHapus
  2. Ketinggalan satu kak: checkout belanjaaa di kerangjang! Wkwkwk kl aku sih sekarang lebih seneng ngumpul bareng temen-temen. Ngeluh bareng, ketawa bareng, mumpung masih ada waktu 😁

    BalasHapus
  3. Masya Allah, bermanfaat sekali Kak. Self healing begini memang wajib semua orang menguasai, agar hidup jadi lebih mudah & Positif.

    Apalagi kebiasaan membandingkan diri dengan Orang lain.

    BalasHapus
  4. Sleft healing.. Mudah di cari solusinya, susah di terapkan. Bermanfaat kak.

    BalasHapus
  5. Sangat membantu self healing untuk mengatasi stress

    BalasHapus
  6. hidup suka membanding-bandingkan tanda kurangnya bersyukur atas hidup yang dijalani, tips-tips ini sangat bermanfaat jika berhasil diterapkan, semoga kita termasuk yang mensyukuri hidup ini..

    BalasHapus
  7. Kadang suka membanding-bandingkan itu adalah pemikiran yang diwariskan oleh orang tua. Penting banget buat orang tua untuk sadar pemikiran seperti ini bisa toxic. Anyway, thanks infonya kak.

    BalasHapus