Ledok Sambi, Hidden Place di Kaliurang Yogyakarta

Ledok Sambi, Hidden Place di Kaliurang Yogyakarta


Jogja kalau bicara tempat wisata memang tidak ada habisnya. Di masa pandemi begini, orang-orang mulai mencari hidden place untuk berlibur ataupun sekadar berkunjung melepas penat. Nah, di Kaliurang banyak sekali tempat-tempat tersembunyi yang ciamik dan belum terjamah publik. 

Salah satunya adalah Ledok Sambi, sebuah lokasi wisata yang berada di Desa Wisata Sambi, Pakem, Kaliurang. Suasana di Ledok Sambi itu syahdu sekali, gimana tidak, kamu duduk berbincang-bincang sembari menikmati makanan di pinggir sungai, dengan angin sepoi-sepoi dan hawa sejuk khas Kaliurang. 

Ledok Sambi juga ramah anak, aliran sungai yang  tidak terlalu deras dan banyak berbatuannya membuat anak-anak bebas bermain air dan naik ban menyusuri sungai. Banyak ibu-ibu yang senang hati melepas anak mereka bermain di sungai sambil mewanti-wanti agar anaknya tetap hati-hati. 

Pertama kali masuk, kalian akan menemukan tempat parkir dan akan turun ke bawah untuk menemukan sungai. Di atas, sebelum menuruni anak tangga, banyak ibu-ibu yang berjualan makanan, dan di pinggir sungai juga ada warung. 

Anak tangganya lumayan banyak, tetapi begitu sampai di bawah kalian capeknya akan terbayar dengan pemandangan dan suasana yang nyaman dan tenang. Disambut dengan hamparan rumput, anak sungai yang mengalir di sepanjang lokasi, tenda-tenda dan jembatan. 

Ledok Sambi, Hidden Place di Kaliurang Yogyakarta


Berawal dari sebuah warung

Ledok Sambi bermula dari sebuah warung kecil yang dikelola oleh penyedia jasa outbond. Ledok Sambi dahulu sering dipakai untuk kegiatan outbond sejak tahun 2004. Lokasinya pun sudah dipindahkan, mulanya berada di atas lembah dan dipindahkan ke bawah lembah yang ada aliran sungainya. 

Sekarang Ledok Sambi juga ada warungnya kok, jadi tidak perlu khawatir. Kalian bisa memesan ragam makanan dan minuman untuk dinikmati sembari berbincang, menikmati suasana dan melihat anak-anak bermain air. 

Menu yang tersedia beragam, ada pisang goreng, aneka sayur dan lauk, aneka nasi, ubi goreng, kentang goreng dan lainnya. Untuk minuman juga beragam, mulai dari aneka kopi, dan teh. Ada kopi Vietnam juga. Untuk kisaran harga makanan mulai Rp 4.000 sampai Rp 18.000. Sedangkan minuman berkisar Rp 5.000 sampai Rp 15.000

Ledok Sambi, Hidden Place di Kaliurang Yogyakarta


Arena flying Fox dan paint ball

Dikarenakan bekas tempat outbond, Ledok Sambi juga menyediakan arena flying fox dan paint ball. Kalian bisa terbang dengan flying fox membelah sungai dan melihat sungai dari ketinggian. Untuk bermain flying fox dikenakan biaya Rp 25.000 untuk per orangnya. Sedangkan paint ball dikenakan Rp 50.000 per orangnya. 

Ketika berkunjung ke sana, banyak anak-anak yang bermain flying fox, dan bermain paint ball. Ya kalau tidak berani atau takut ketinggian, bisa bermain di sungai juga, lo. Lebih hemat dan tidak kalah seru, airnya juga jernih khas pegunungan, mantap pooll

Menyediakan tenda camping

Selain sungai, Ledok Sambi juga menyediakan arena camping. Banyak tenda-tenda berjejer di sepanjang sungai. Terkadang tenda tersebut dipakai oleh pengunjung dan juga disewakan untuk camping. Untuk satu tenda berkisar 35.000 per orang dan untuk tenda yang memuat kapasitas banyak, maksimal 4 orang, berkisar 120.000 per malam.

Oh ya, camping tidak lengkap tanpa api unggun bukan? Nah, Ledok Sambi juga menyediakan perlengkapan api unggun. Kalian cukup membayar 100.000 per tenda, maka pihak Ledok Sambi akan memberikan perlengkapan lengkap api unggun. 

Ledok Sambi, Hidden Place di Kaliurang Yogyakarta

Bekerja sama dengan warga desa

Karena terletak di kawasan desa wisata, Ledok Sambi bekerja sama dengan warga desa untuk pengelolaan lokasi wisata dan penyediaan makanan. Ibu- ibu di desa Sambi memasak untuk dijual kembali di warung. Tradisi seperti ini sangat menguntungkan perekonomian warga desa, dan memang seharusnya kan menyejahterakan warga desa yang dekat dengan lokasi wisata. 


Ledok Sambi berada di Desa Sambi, Jalan Kaliurang, KM 19,  Pakem, Sleman. Sekitar 40 menit dari pusat kota Jogja. buka mulai pukul 08.00 WIB, sampai pukul 17.00 WIB. Saat ini tiket masuk ke Ledok Sambi masih seikhlasnya dan dengan parkir Rp 2.000. 

Gimana? Tertarik menikmati akhir pekan atau penghujung hari di Ledok Sambi? 





Baca Juga







34 Comments

  1. Enak banget nyewa tenda beberapa hari, buat liburan sambil kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap sekali itu Mas. Kerja sambil ditemani angin sepoi sepoi dan suara air sungai.

      Hapus
  2. Salfok sama harganya... affordable banget untuk tempat wisata keluarga seseru ini. Di Jakarta ada gak ya... hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makanya rame terus sekarang di Ledok Sambi ini

      Hapus
  3. Duh serunyaa.. Semakin banyak referensi tempat yang harus dikunjungi kalau di Yogya nih. Tempat-tempat outdoor dan berpetualang semacam ini memang jadi pilihan banget untuk wisata keluarga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi sesekali mainnya yang outdoor gapapa kali ya. apalagi bawa anak anak, pasti happy banget main di sungai sungai ituu

      Hapus
  4. Oh... Enak sekali... Ini lejat

    BalasHapus
  5. Terima kasih kak Annisa untuk sharingnya . Tempat ini salah satu yg belum kudatangi. Jadi ingin mengunjunginya hehe

    BalasHapus
  6. Wah sangat menarik sekali, namanya pun sangat sesuai yaitu yaitu dengan kali, panorama alami alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena lokasinya dilewati oleh aliran kali kuning kak

      Hapus
  7. Jogja makin seru ajaaa! Menarik banget ledok sambi ini. Bisa jadi list buat nanti berkunjung ke Jogja. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih, semoga bisa ke Jogja lagi kak. Banyak yang seru seru lohhh haha

      Hapus
  8. kebayang suasa pagi yang segar.. gemericik air di kali berbatu.. kemudian suasa malam di alam terbuka.. ini seru banget buat liburan bersama teman-teman beramai-ramai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suasana alam itu membuat kita merasa lebih relax dan jauh dari pikiran-pikiran negatif.
      Kudu banget sering bermain ke alam dan salah satu rekomendasinya main ke Ledok Sambi, Kaliurang, Jogjakarta.

      Hapus
    2. yap.. penting sesekali escape dari hiruk-pikuk kehidupan pencari nafkah yang keras.. apalagi bagi yang tinggal di perkotaan sumpek dan penat seperti Jakarta. Tempat yang alami seperti ini bisa jadi solusi untuk mengistirahatkan jiwa dan raga dari kepenatan.

      Hapus
  9. Wah seru sekali tempatnya kak. Terima kasih banyak infonya. Bisa jadi rekomendasi liburan sekolah nanti. Apalagi suasananya yang adem dan ada wahana air pasti buat anak-anak suka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali kasih kak. kalau bawa anak anak, pasti seru banget sih haha

      Hapus
  10. Waktu itu pengen banget kesini tapi ga sempet indah banget ya Tempatnya rasanya pasti seger tuh next time pas ke Jogja mau mampir

    BalasHapus
  11. Ledok Sambi ini terlihat sejuk dan bersahaja, ya. Harga makanan dan minumannya juga sangat terjangkau. Cocok banget buat nongkrong sambil mencari inspirasi.

    BalasHapus
  12. Iyaya, Jogja ini kalau di explore gak ada habisnya.
    Selalu menemukan hidden gems baru yang asik banget. Kalau wisata sudah sangat sehat dan bisa kembali digalakkan, maka menginap di tenda Ledok Sambi akan sangat berkesan, apalagi makan, minum dan segala fasilitas lainnya terjamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, hanya saja sejak pandemi jadi peraturan menginapnya agak ketat dan terbatas.

      Hapus
  13. haduuuh, jogja tuh emang gak ada habisnya ya untuk dieksplor. baru tau kalau di kaliurang ada tempat sekeren ini.

    BalasHapus
  14. Inilah yang selalu ingin kembali ke tanah kelahiran jogja, selalu salfok dengan harga masuk tempat wisatanya, sangat ramah dengan kanton.

    BalasHapus
  15. Selain keindahan tempat wisatanya, ternyata menu"nya juga menyesuaikan dgn kantong ya.

    BalasHapus
  16. Kereen tempatnya. Wajib ke sana nanti liburan. Makasih sharingnya. Jadi tahu ni.

    BalasHapus
  17. Di jawa tengah dan jogja memang banyak tempat atau desa yang berpotensi dijadikan desa wisata, baik karena tempatnya yang bagus maupun memiliki hasil karya khas desa tersebut. para blogger, seperti pemilik blog ini memiliki jasa besar untuk mengangkat 'potensi tersembuny' dari desa-desa tersebut

    BalasHapus
  18. Inget dulu jaman kuliah, kesini tampilannya belum se bagus yang dipostingan ini. Tapi emang sih, jogja kalo khususnya sleman pengelolaan wisatanya luar biasa. Cocok juga ledok sambi buat acara organisasi, dulu pernah ngadain disini. asik pokoknya, recomended

    BalasHapus
  19. Saya belum pernah ke Yogyakarta dan sangat ingin bisa pergi ke sana suatu hari ini nanti. Apalagi setelah membaca tulisan ini, ternyata banyak tempat-tempat yang indah di kota para sultan itu. Doakan saya agar bisa menjajal tempat-tempat menarik di Yogya ya?

    BalasHapus
  20. Kebayang serunya main paint ball di area alam begini.
    Rasanya lebih sensasional hehhe..secara exploring alam sembari menghindari tembakan dari tim lawan.

    BalasHapus