Follow Us @soratemplates

Rabu, 14 April 2021

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Blogging




Seperti yang sudah kuceritakan di tulisan yang bertajuk Di Balik Sebuah Nama Blog, aku memulai aktivitas blogging sejak tahun 2014. Awalnya blogging cuma jadi tempat aku menumpahkan keluh kesah dan ceracauku saja.  

Dengan kualitas tulisan yang seada-adanya dan nggak berharap yang muluk-muluk dengan blogku. Setiap malam di mana waktu lenggang dan bebas dari tugas, aku selalu mengunjungi warnet terdekat dari kosku untuk menulis di sana. Rasanya senaaang sekali ketika tulisanku selesai. 

Sampai suatu hari aku merasa bosan dengan menulis di blog, karena aku merasa sudah tidak seseru ketika aku mulai belajar. Aku sampai menelantarkan blogku sekitar tiga tahun. Mulai tersadar kembali kalau pernah ngeblog ketika KKN, aku punya teman yang suka menulis juga, kita sering cerita tentang dunia kepenulisan dan sampailah menyinggung soal menulis di blog. 

Aku jadi teringat bagaimana senangnya aku ketika tulisanku selesai, bagaimana aku memikirkan hari ini pengin nulis apa lagi dan perasaan-perasaan ketika tulisanku dibaca orang lain. Aku bertanya pada diriku sendiri, kenapa tidak untuk memulai menulis di blog kembali? Setelah berdialog panjang dengan  diri sendiri, akhirnya aku memutuskan untuk serius menulis di blog.

Baca juga : Malas, Sebuah Seni Mempercepat Sukses

Setelah memutuskan untuk serius menekuni blogging, aku mulai belajar hal baru selain dari menulis. Sebagai orang yang visual, aku suka kalau tampilan blogku rapi, bersih, berwarna, dan memiliki font yang ramah dengan mata. Aku mulai belajar bagaimana mewujudkan hal tersebut.

Aku mulai belajar coding, membaca buku-buku seputar membangun sebuah website, apa saja yang harus dilakukan agar website terlihat rapi dan profesional. Semuanya kupelajari sendiri. Hingga blogging menjadi kegiatan yang tidak hanya sebatas hobi dan tempat menuangkan pemikiran saja.
 
Untuk kamu yang ingin memulai blogging juga, setidaknya ada 5 alasan kenapa kamu harus segera memulai menulis di blog. Let me tell you.........

Hobi yang menyenangkan

Setiap hobi ketika dijalani ya akan memberikan rasa senang, tetapi dalam blogging, hobimu tidak hanya akan memberikan kesenangan saja, lo. Dari kegiatan blogging kamu akan belajar dan harus mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan kelancaran hobimu ini. Kamu harus belajar tentang storyelling, agar tulisanmu tersampaikan dengan renyah.

Storytelling juga bisa membuat pengunjung blogmu menunggu-nunggu tulisanmu untuk dinikmatinya. Bukankah manusia suka bercerita? Yuk kita manfaatkan dan segera tekun belajar storytelling. Sampai saat ini aku juga masih terus belajar tentang storytelling yang baik dan menyenangkan ketika dibaca. 

Dari hobi blogging, kamu akan menyadari bahwa hobi tidak sekadar hobi, dari hobi inilah kamu bisa menemukan kemampuan-kemampuan baru yang selama ini kamu belum sadari. 


Personal branding

Blog juga bisa menjadi tempat kamu membangun personal branding. Personal branding singkatnya adalah cara kamu mempromosikan dirimu, kamu ingin dikenal sebagai apa. Dengan aktif menulis di blog, kamu bisa membangun citra dirimu sendiri. Personal branding tidak hanya dibutuhkan oleh pebisnis saja, juga harus dimiliki oleh penulis, programmer, dan hampir setiap orang membutuhkannya. 

Kamu ingin dikenal sebagai apa, hal itu ditentukan oleh personal branding yang kamu bangun. Misalkan dalam dunia blogging, blogger itu kan memiliki banyak sekali jenis niche, ada book blogger, beauty blogger, life style blogger, travel blogger, food blogger, dan lain-lain. Nah dari jenis niche itu, kamu ingin membangun citra diri sebagai apa? 

Seberapa penting sih, personal branding itu? Dari banyaknya kepentingan personal branding, salah satu yang terpenting adalah kamu bisa meyakinkan siapa pun bahwa kamu adalah orang yang sangat berbakat dalam bidang yang sedang kamu geluti. Sehingga akan memudahkanmu untuk mencari relasi, pekerjaan, kerja sama dan kepercayaan.

Membangun personal branding di blog yang kulakukan adalah dengan menceritakan sepotong dari kepribadian yang kumiliki dan bidang yang sedang kugeluti melalui tulisan dan opini.

Membuka peluang usaha dan kerja

Tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu dari kecakapanmu dalam blogging, lo. Aku pun awalnya mengira bahwa blog akan seperti itu saja, menulis, menulis, dan menulis. Ternyata blog bisa jauh lebih dari sekadar tulisan. Dari tulisan kamu tidak mustahil mendapatkan pekerjaan dan cuan. 

Tahun 2019, aku bekerja di salah satu penerbit mayor di Jogja. Job desc di pekerjaan yang kugeluti itu sebagian besar kupelajari ketika aku tekun menulis di blog dan belajar tentang memasarkan tulisan-tulisan yang ada di blogku. Bekerja di penerbit adalah mimpiku sejak kecil, hahah. 

Kurasa siapa pun yang suka membaca buku, pasti kalian pernah terlintas keinginan untuk kerja di penerbit dan menyaksikan langsung proses pembuatan buku hingga sampai pada tangan pembaca. 
Peluang kerja apa saja sih yang bisa didapatkan dari blogging

Content planner, copywriting dan Content writer. Dalam menulis blog, tentu kita melakukan ketiga hal tersebut bukan? Hanya saja kita harus mempelajarinya lebih dalam lagi dan lebih tekun lagi. Selain tiga hal itu, masih banyak lagi peluang yang bisa kamu dapatkan, tergantung seberapa besar ketekunan kalian. Semangat. 

Oh, ya kalian juga bisa mengikuti lomba-lomba menulis blog. Siapa tahu menang, hahaha.


Melatih ketajaman berpikir dan beropini

Menulis adalah tentang isi kepala dan menuangkannya dalam tulisan. Semakin berisi kepalanya, maka akan semakin mudah dan banyak hal yang bisa dituliskan. Pun menulis di blog bagiku tidak hanya sekadar menyampaikan isi kepala saja, tetapi bagaimana isi kepala ini bisa benar-benar tidak rancu dan akurat. 

Dengan rajin menulis, kamu akan terasah ketajaman berpikir dan beropinimu, ketika kamu menyadari bahwa tidak ada kata-kata lagi yang mampu kamu tuliskan, itu artinya kamu harus lebih banyak membaca buku, membaca tulisan-tulisan dari penulis kesayanganmu dan dari sumber-sumber yang berkaitan dengan tema yang ingin kamu tulis. 

Dari sana kamu juga akan mengetahui, bahwa belajar itu nikmat, dan menyaksikan perkembangan pribadi itu sebuah kesyukuran. 

Menambah skill baru. 

Menulis sendiri adalah sebuah skill, zaman digital ini menulis adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan dan tidak lekang oleh waktu. Karena manusia butuh informasi, butuh ilmu dan butuh belajar. Meski tulisan tidak selalu menjadi media satu-satunya untuk belajar, percayalah, tulisan dan aktivitas menulis tidak akan punah. 

Selain menulis, sedikit kalian akan belajar tentang coding, ads, SEO, bagaimana algoritma sebuah platform, up to date tentang trend, informasi terbaru, dan lain-lain. 

Lagi-lagi skill tersebut hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu serius belajar dan menekuni aktivitas bloggingmu. 

Banyak orang yang memulai blogging dengan semangat, dan hanya sebagian saja yang bertahan dengan perjuangannya. Umumnya mereka yang gagal mempertahankan komitmennya karena menjadikan uang sebagai tujuan utama dalam menulis di blog. Uang tidak akan langsung datang karena kamu menulis di blog, tapi peluang untuk mendapatkannya akan terbuka semakin lebar. 

Jadi, dengan 5 alasan tersebut, yuk mulai menulis di blog. Kalian bisa menulis di platform Blogger, Wordpress, Medium, Tumbrl, dan sejenisnya. 

Semangat belajar dan menulis, dear teman tumbuh!

2 komentar: