6 Keuntungan Menerapkan SEO dalam Penulisan Konten Blog

6 Keuntungan Menerapkan SEO dalam Penulisan Konten Blog
6 Keuntungan Menerapkan SEO dalam Penulisan Konten Blog- Teman-teman blogger tentu sudah akrab dengan istilah SEO, bahkan ada yang sudah jago banget menggunakannya dalam tulisan konten di blog. 

Untuk blogger pemula, mungkin masih asing dengan kata tersebut. Yuk sama-sama kita bahas apa itu SEO dan 6 keuntungan menerapkan SEO dalam penulisan konten di blog. 

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan kualitas trafik kunjungan ke situs web tertentu melalui mesin pencari. 


Tujuan SEO adalah menempatkan situs web pada posisi teratas atau pada halaman pertama di mesin pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang sudah ditargetkan. SEO memiliki mekanisme kerja seperti crawling, indexing, dan ranking

Sejarah dan Perkembangan SEO 

SEO pertama kali dikemukakan karena munculnya spam dan virus pada Usenet. Saat itu belum ada mesin pencari yang canggih seperti saat ini. Kemunculan virus dan spam menjadikan website mudah sekali untuk di hack dan dimanipulasi. 

Para programmer terdorong untuk menciptakan algoritma sistem pencarian data. Algoritma tersebut didasarkan sepenuhnya pada informasi meta tag dari kode html sebuah situs web. Pada meta tag tersebut terkandung suatu kata kunci atau keyword yang dituju. 

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin berkembang, dua orang pendiri Google membangun sebuah backrub berupa mesin pencari sederhana. Mesin pencari tersebut mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat pada halaman web. 


6 Keuntungan Menerapkan SEO dalam Penulisan Konten Blog

Ketika menulis konten di blog, harapan kita adalah konten tersebut dapat dibaca banyak orang pengguna internet. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu menerapkan beberapa upaya salah satunya adalah menerapkan SEO dalam tulisan konten. 

Menjadikan blog kita banyak dikunjungi pengguna internet merupakan salah satu keuntungan yang didapat jika menerapkan prinsip SEO. Simak 6 keuntungan menerapkan SEO dalam penulisan konten blog. 

1. Meningkatnya jumlah  pengunjung website/blog

Salah satu tujuan kita menulis di blog adalah agar tulisan menjadi manfaat bagi kita dan orang lain yang membutuhkan informasi serupa. Jika blog kita tidak pernah dikunjungi oleh siapa pun, maka upaya kita tersebut menjadi sia-sia. 

Penerapan prinsip SEO yang tepat dapat membawa pengunjung baru ke website atau blog berdasarkan informasi yang mereka butuhkan. Bayangkan saja jika dalam satu hari minimal ada 60 orang pengunjung blog kita, maka dalam waktu satu bulan sudah ada ribuan orang yang pernah membaca tulisan kita. 

2. Menjangkau pembaca dan pasar yang lebih luas. 

Jika diibaratkan dengan berjualan, maka etalase toko kita adalah website dan blog. Untuk mempromosikan produk atau tulisan kita di internet sesuai dengan pembaca dan pasar yang sudah ditargetkan, maka SEO adalah solusinya. 

Kita dapat menjangkau pembaca yang sebelumnya tidak terjangkau. Baik dari segi minat, bakat, kebutuhan, bahkan negara. 


3. Meningkatkan personal branding

Menulis di blog merupakan salah satu upaya untuk membangun personal branding. Tulisan-tulisan dan niche yang dipilih akan menunjukkan seberapa mumpuni kita dalam bidang tersebut. 

Jika tulisan kita sudah menggambarkan siapa kita dan bidang apa yang sedang kita tekuni, selanjutnya adalah mempromosikannya ke khalayak ramai. 

Dengan menerapkan prinsip SEO dalam penulisan konten di blog, orang-orang akan semakin mudah mengetahui siapa kita, bidang apa yang sangat kita kuasai bahkan, bisnis apa yang sedang kita jalani. Hal tersebut tentu akan membawa keuntungan tersendiri untuk personal branding kita ke depannya. 

4. Bisa menghasilkan uang tambahan

Jika blog sudah memiliki banyak pengunjung, pemilik blog dapat menerapkan fitur Pay Per Click pada blog tersebut. Dari PPC tersebut, pihak pemilik blog dapat komisi dari setiap pengunjung yang membaca tulisannya

Melalui PPC juga blog akan dapat dipasang banner iklan. Dari setiap kunjungan pembaca ke iklan tersebut, pemilik blog juga akan mendapatkan komisi tambahan. 

Jika sudah mahir dalam menerapkan SEO pada tulisan di blog, pemilik blog dapat juga membuka jasa penulisan artikel SEO, lho. Tentu dari jasa penulisan artikel tersebut, kita juga mendapatkan uang tambahan dan pengunjung blog yang baru. 


5. Memenangkan lomba kontes SEO

Selain lomba blog, banyak pihak-pihak yang juga menyelenggarakan perlombaan artikel SEO. Tentu jika sudah memiliki pengalaman menulis artikel menggunakan prinsip SEO, kita akan lebih terlatih dan berkesempatan untuk memenangkan lomba tersebut. 

Pada perlombaan tersebut biasanya akan menawarkan hadiah yang fantastis. Dapat berupa uang tunai maupun domain atau hosting gratis. 

6. Mempermudah membangun hubungan dengan brand dan konsumen

Salah satu kesempatan seorang blogger adalah dapat bekerja sama dengan brand. Tulisan-tulisan di blog dapat menjadi jembatan agar dikenal oleh brand dan memudahkan konsumen produk untuk menemukan barang yang dicari. 

Barang yang dicari dapat berupa rekomendasi produk atau ulasan terkait produk yang ingin mereka beli. 

Demikian  6 keuntungan menerapkan SEO dalam penulisan konten di blog. Jadi, jangan ragu untuk belajar tentang SEO dan menerapkannya dalam tulisan di blog. 

Semakin kuat dan banyak kata kunci yang kita tanamkan pada tulisan-tulisan kita, maka semakin besar peluang untuk mudah ditemukan mesin pencari.

Bahkan website atau blog kita dapat menempati ranking 1 sampai 10  di halaman pertama mesin pencari. 

6 Keuntungan Menerapkan SEO dalam Penulisan Konten Blog

0 Comments