Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi

Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi
Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi- Beberapa hari yang lalu beredar di media sosial, seorang ibu di Brebes tega menghabisi nyawa tiga orang anaknya. Setelah  diinterogasi oleh pihak kepolisian, ibu tersebut mengaku merasa kasihan dengan anaknya dan tidak mau anak-anaknya mengalami kesulitan seperti yang ia rasakan. 

Sejak beredarnya informasi tersebut, banyak orang yang mengomentari betapa kejamnya si ibu yang sudah tega melukai anaknya, namun ada juga yang berempati dan memperhatikan sisi lain dari kejadian ini, yaitu sisi kesehatan mental. 

Di tulisan blog kali ini, aku ingin membahas lebih kepada kesiapan menjadi orang tua. Menjadi ayah dan ibu dari seorang manusia. 

Sebelum memutuskan menikah, sebenarnya kita sudah harus mempersiapkan diri secara mental, ilmu, kesehatan, keuangan dan kesiapan untuk menjadi pasangan dan orang tua. 

Sebelum memutuskan ingin menjadi orang tua, sudah seharusnya juga kita mengukur kesiapan kita untuk menjadi sandaran, dan menjadi dunia dari seorang manusia bernama anak. 

       
Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi


Menurutku persiapan pertama yang harus sekali disiapkan adalah kesiapan mental dan psikologis. Sebelum menjadi orang tua, harusnya kita sudah selesai dengan diri kita. Sudah berdamai dengan trauma masa lalu, sudah dapat mengendalikan kondisi psikis kita. 

Jangan sampai kita malah mewariskan trauma masa lalu kita kepada anak. Setelah kita selesai diri sendiri, kita juga harus sudah menyepakati beberapa hal bersama pasangan. Misalnya membicarakan pola asuh seperti apa yang akan kita terapkan kepada anak kita. 

Pola asuh yang seperti apa yang akan kita wariskan kepada anak dari pola asuh yang kita dapatkan dari orang tua. Perlakuan apa yang harus kita hindari kepada anak. 

Setelah selesai dengan masalah pribadi dan pasangan, jangan lupa bekali diri dengan ilmu. Dengan ilmu kita akan menjadi lebih memahami respons seperti apa yang akan kita berikan jika anak melakukan hal tertentu. 

Ilmu juga berguna untuk menjaga kewarasan. Iya, kewarasan. Setelah menikah, terlebih menjadi orang tua akan banyaaaaak sekali perilaku dan perkataan orang lain kepada kita. Sesekali orang akan meragukan kita sebagai pasangan dari suami atau istri, sebagian lagi akan meragukan cara kita mengasuh anak dan banyak lagi. 

Kalau kita tidak tahu ilmunya, akan mudah sekali bukan kita merasa sedih dan menyalahkan diri. Sedangkan dalam menjalankan peran sebagai pasangan dan orang tua sangat butuh yang namanya kewarasan. 

Di tulisan blog ini aku ingin berbagi kepada teman tumbuh buku-buku rekomendasi yang dapat dibaca untuk membekali diri menjadi orang tua, baca sampai selesai yaa. 

The Danish Way of Parenting


Buku ini berisi tentang apa rahasia orang Denmark membesarkan anaknya. Whaaa, kenapa harus Denmark? Yaps, seperti yang kita tahu, Denmark adalah negara yang sering terpilih menjadi negara dengan orang-orang paling bahagia di dunia oleh OECD (Organisation for Economic Coorperation and Development). 

Setelah dilakukan penelitian oleh tim ahli, salah satu faktor yang menjadikan Denmark sebagai negara paling bahagia adalah faktor pengasuhan. Dalam buku The Danish Way of Parenting kita akan dipandu untuk mengenali diri kita, meresapi kembali apa-apa yang sudah terjadi pada kita sebelumnya dan bagaimana menjadi pribadi yang bahagia. 

Bukankah orang tua yang bahagia akan melahirkan anak-anak yang bahagia? Lalu mereka tumbuh besar menjadi manusia-manusia dewasa yang bahagia dan akan melahirkan anak-anak yang bahagia pula. 

Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi


Teach Your Children Well


Ketika kita memiliki anak, apa sih yang paling penting yang kita lihat dan yang kita ajarkan kepada anak? Mungkin sebagian kita dibesarkan dengan orang tua yang menuntun anaknya pintar, pandai matematika, jago ilmu eksak, dan menjadi akademisi yang ulung. 

Ya nggak salah sih, cuma ada hal yang paling penting dari itu semua, yaitu coping skills dan nilai-nilai yang dianut. 

Sering sekali coping skills atau keterampilan mengatasi masalah tidak diajarkan kepada anak, padahal untuk memiliki prestasi yang bagus, harus memiliki keterampilan mengatasi masalah yang baik pula. 

Untuk berprestasi kan banyak perjuangannya, masalah yang dihadapi juga banyak, bayangkan saja anak kita tidak memiliki coping skills yang mumpuni, pasti akan menjadi bahaya pada dirinya. Nah, buku Teach Your Children Well akan mengupas tuntas cara menumbuhkan dua hal penting tersebut. 

Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi


Dr. Montessori's Own Handbook


Buku ini merupakan buku yang berisi tulisan dan buah pikiran langsung dari Maria Montessori. Maria Montessori mengembangkan sebuah metode pendidikan untuk anak-anak yang memberikan kebebasan bagi anak untuk melakukan kegiatan dan merencanakan hari-harinya. 

Singkatnya, metode Montessori ini bertujuan untuk membantu anak mencapai potensinya dalam hidup. Fokus pada konsep pembelajaran langsung dan menekankan kemandirian. 

Buku-buku di atas dapat dijadikan referensi bacaan dalam mempersiapkan diri menjadi orang tua ataupun sudah menjadi orang tua yang ingin membekali diri lagi dengan ilmu. 


Bekali Diri dengan Ilmu Sebelum Menjadi Orang Tua, 3 Rekomendasi Buku Parenting yang Bisa Dijadikan Referensi

Menurutku, ketika menjadi orang tua, kitalah yang harus lebih banyak belajar dan belajar. Mendampingi dan membentuk seorang manusia bukan kerja sederhana bukan? Selamat membaca manteman. 

Baca Juga : 





2 Comments

  1. Waah thanks kak sudah kasih rekomendasi buku parenting. Jujur, aku masih single tapi memang saat ini lagi cari dan mau baca buku parenting hehe :D

    BalasHapus