Monthly Book List- Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September


Monthly Book List- Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September

Bulan September sudah tiba, rasanya baru kemarin kembang api pergantian tahun berdentum. Di tahun ini tidak banyak buku bacaan yang saya tuntaskan. Kendalanya klisenya tentu adalah masalah waktu dan niat.

Tapi sebelum tahun ini benar-benar berakhir, saya masih memiliki kesempatan untuk menuntaskan list buku-buku yang harus dibaca tahun ini. Saya berencana membuat tulisan rutin tentang Monthly Book List setiap bulannya, semoga saja tidak terhalang oleh alasan klise di atas. 

Tahun-tahun sebelumnya saya biasa menghabiskan setidaknya satu buku dalam seminggu. Sekarang rasanya kok sulit sekali untuk menyelesaikan satu buku dalam sebulan. Membaca buku selalu memberikan perasaan puas bagi saya. 

Ketika menerima asupan- asupan baru dari buku yang dibaca saya merasa penuh dan siap membaca buku lainnya. Apakah teman-teman merasakan hal yang sama dengan saya ketika selesai membaca sebuah buku?

              Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September

Untuk memperbaiki kebiasaan membaca ini saya menargetkan membaca buku minimal satu buku dalam seminggu. Untuk bulan ini, ada tiga buku yang menjadi pilihannya. Yaitu Becoming, Factfulness dan Your Journey To Be Ultimate U 2. Untuk melihat ulasan singkatnya baca artikel ini sampai habis ya. 

Becoming, Perjalanan Hidup Mantan Ibu Negara Amerika Serikat 

Monthly Book List- Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September

Becoming ditulis oleh Michelle Obama. Buku ini menceritakan tentang kisah hidup Michelle sejak masa kecilnya di Chicago, ketika ia bekerja dan bertemu dengan Barack Obama, menjadi ibu negara Amerika Serikat hingga detik-detik melepas jabatan, istana negara dan pengawal presiden di akhir masa jabatan suaminya. 

Saya memang sangat mengagumi Michelle Obama dari segi kecerdasan, ketangguhan, semangat dan kisahnya menjadi istri dari Barack Obama sekaligus ibu dari dua putri mereka. 

Sinopsis

There's a lot i still don't know about America, about life, about the future might bring. But i do know myself. My father, Fraser, taught me to work hard, laugh often, and keep my word. My mother, Marian, showed me how to think for myself and to use my voice. 

Together, in our cramped apartement on the South Side of Chicago, they helped me see the value in our story, in my story, in the larger story of our country. 

Even when it's not pretty or perfect. Event when it's more real than you want it to be. Your story is what you have, what you will always have. It is something to own. 

Factfulness, Sepuluh Alasan Kita Keliru tentang Dunia

Monthly Book List- Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September


Buku berwarna oranye ini berisi tentang dunia dan bagaimana dunia sesungguhnya. Buku ini juga menjelaskan bahwa ketidaksempurnaan dunia berada dalam keadaan yang jauh lebih baik dari yang kita duga. 

Salah satu topik pembahasan yang penting jadi perhatian kita adalah bagaimana kita harus fokus pada hal-hal yang paling mengancam. Seringnya hal-hal tersebut terabaikan karena kita melihat pada fakta. 

Sinopsis

Factfulness : Stress akan berkurang apabila kita terbiasa hanya mengungkapkan pandangan yang berlandaskan fakta yang kuat. 

Ketika mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana tentang kecenderungan-kecenderungan global, mengapa jumlah penduduk  dunia bertambah, berapa banyak perempuan yang belajar di sekolah, berapa banyak di antara kita masih hidup miskin, kita secara sistematis mendapatkan jawaban-jawaban yang keliru. 

Begitu keliru sehingga simpanse yang memilih jawaban secara acak akan secara konsisten mengalahkan jurnalis penerima Hadiah Nobel, dan eksekutif bank investasi.

Dalam Factfulness, Guru Besar Ilmu Kesehatan Internasional dan sosok yang mampu membuat data bernyanyi, Hans Rosling, bersama dua kolaboratornya, Anna dan Ola, menawarkan sebuah penjelasan baru yang radikal tentang mengapa hal ini terjadi, dan menyingkapkan sepuluh naluri yang mendistorsi perspektif kita. 


Your Journey To Be Ultimate U 2

Monthly Book List- Rekomendasi Buku Bacaan Bulan September


Buku ini ditulis oleh Rene Suhardono dan berkolaborasi dengan 40 orang rekannya. Berisi tentang proses menjadi diri sendiri yang lebih keren, keluarga, kemacetan dan hal hal lainnya yang seru untuk diperbincangkan.

Menurut Rene, sukses adalah rangkaian proses menjadi diri sendiri versi terbaik. Rene juga menyinggung soal kekuatan pikiran dan bagaimana kekhawatiran seringnya tidak terjadi

Sinopsis

Halo apa kabar? Makasih lho sudah menyempatkan melihat halaman judul dan sekarang sedang membaca tulisan di baliknya. Maaf, saya tidak mengisi halaman ini dengan kalimat-kalimat pujian dari orang terkenal tentang buku ini. Rasanya lebih tepat apresiasi diberikan kepada Anda yang mungkin akan membaca (dan membeli) buku ini. 

Kenapa harus baca buk ini? Hanya jika Anda peduli seluk-beluk proses menjadi diri sendiri dalam versi paling keren, makanya judulnya #UltimateU2. Ya saya penulisnya. Tapi buku ini hasil kolaborasi #40OrangKeren. 

Bukan sekadar berisikan tulisan, tetapi juga goresan gambar. Bukan hanya buah pikiran tetapi buah perasaan dan kepedulian. Bukan cuma untuk dibaca, juga untuk dibahas, ditulis-tulis dan digambar-gambar. 

Buku #UltimateU2 didesain khusus untuk masing-masing pemiliknya. Ini buku Anda. Kalau masih belum yakin juga, saya persilakan untuk mengintip isinya dengan membuka plastik pembungkus. Nah, jika ada yang memelototi Anda saat melakukannya, coba tersenyum lebar sambil menunjukkan tulisan ini. Gampang kan?


Semoga buku-buku tersebut dapat saya tuntaskan sesuai dengan target. Kalau teman-teman, ingin membaca buku apa saja sepanjang bulan September ini? Bagikan cerita di kolom komentar ya. Atau jika teman-teman memiliki rekomendasi buku yang harus saya baca, bisa sebutkan judul dan penulisnya di kolom komentar. 

Baca Juga :

Mengapa Kita Perlu Healing Sambil Dengar Alam Bernyanyi

Cara Ampuh Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Pengalaman Melahirkan dengan Metode ERACS di Rumah Sakit Hermina Jogja

Cara Menghadapi Drama Kantor dan Teman Kerja yang Menyebalkan

Serunya Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome

6 Comments

  1. Kalau sudah selesai dibaca buku bukunya, buat review nya ya kak.

    BalasHapus
  2. Dari tiga bukunya yang udah aku baca dan review baru yang nomor satu. Dan, bukunya bagus banget, suka duka seorang yang multiperan sekaligus seorang publik figur. Dan yang bikin terenyuh itu kenyataan bahwa seorang ibu negara pun not 100% perfect.

    BalasHapus
  3. buku terakhir paling menarik.. being an Ultimate You! kemungkinan penuh teori yang menarik, tapi akan berat diterapkan.. hehe..

    BalasHapus
  4. Buku Ultimate u saya udah baca juga dan sangat menarik mbak. Kaya membuka potensi diri kita.

    BalasHapus
  5. Keren banget kak. Saya dah lama gak punya list buku baru, jadi pengen juga

    BalasHapus
  6. Waah Factfulness juga udah masuk jadi reading list saya nih. Tapi belum dimulai karena banyak gangguan hihi thanks ka sudah sharing

    BalasHapus