5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Patah Hati

 Patah hati merupakan kondisi yang normal dirasakan oleh manusia. Patah hati bisa berasal dari mana saja, bisa dari hewan peliharaan yang mati, cita-cita yang belum tercapai bisa juga dari putus cinta. Sejatinya patah hati merupakan fenomena hilangnya hubungan atas sesuatu yang dicinta. 

Jika kita lihat di KBBI, patah hati memiliki pengertian cabar hati, hilang keberanian, hilang kemauan, tidak mau berusaha, kecewa karena putus cinta dan harapan yang gagal. Patah hati juga bisa ditinjau dari segi medis, lho. 

Secara medis, patah hati dijuluki stress induced cardioyopathy. Dilansir dari heart.org,  perasaan yang menimbulkan rasa nyeri yang intens. Rasa nyeri tersebut berasal dari pengalaman emosional yang menyakitkan. Pada artikel blog ini, saya akan membahas bagian patah hati yang disebabkan oleh putus cinta. 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Patah Hati


Sebelum mengatasi patah hati, Anda harus mengetahui fakta-fakta dibalik fenomena patah hati. Dilansir dari laman heart.org, patah hati dapat dijelaskan dari sudut pandang ilmiah. 


                               Fakta-Fakta Patah Hati

1. Jantung Mengalami Perubahan

Ketika patah hati, jantung mengalami perubahan mirip dengan serangan  jantung. Perubahan tersebut terjadi karena ritme jantung dan tekanan darah yang mirip dengan serangan jantung. Bedanya, tidak ada penyumbatan pada arteri.

2. Patah Hati Nyata dan Memiliki Gejala

Seperti pengertian patah hati dalam KBBI, patah hati akan menimbulkan nyeri dada dan detak jantung tidak beraturan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya hormon kortisol yang diproduksi. 

Tidak perlu cemas, gejala dan perasaan ini akan berakhir dan reda seiring berjalannya waktu. Akan lebih baik lagi dibantu dengan usaha-usaha agar patah hati yang dialami tidak menjerumuskan diri kepada hal-hal yang buruk. 

Meski perasaan ini tidak nyaman, Anda harus segera bangkit dan pulih darinya. Jika terus terpuruk dan berlarut-larut, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah psikologis yang serius. 

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Patah Hati


 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Patah Hati

Perasaan yang hadir akibat patah hati akan terasa nyeri, tidak nyaman untuk Anda rasakan. Perasaan ini akan kuat mengontrol suasana hati yang akan berimbas pada produktivitas Anda sehari-hari.

Sebenarnya jika disikapi dengan baik, patah hati juga merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas diri dan saat yang tepat untuk kembali ke diri sendiri dan mencintainya. Selama menjalin hubungan mungkin kita akan disibukkan dengan kebersamaan dengan pacar. Tidak jarang juga kita menyampingkan pikiran rasional dan perasaan kita untuk kenyamanan pasangan. 

Ketika patah hati, ini merupakan momen untuk kembali ke diri sendiri dan melejitkan potensi diri. Meskipun di awal tidak berjalan begitu lancar dan Anda masih ada di bawah bayang-bayang sang mantan, namun tidak mengapa, lanjutkan saja usaha untuk kembali ke diri sendiri tersebut. 
Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan ketika patah hati melanda

1. Jangan Ragu untuk Melakukan Solo Traveling

Solo traveling atau berwisata seorang diri akan membuat Anda lebih dekat dengan diri sendiri. Dalam perjalanan solo traveling, tidak ada yang bisa Anda andalkan selain diri sendiri. Momen ini akan menjadi waktu yang tepat untuk mengenal diri. 

Saat menempuh perjalanan yang lama, biasanya kita akan berbicara dengan teman traveling kita. Ketika solo traveling, Anda akan memiliki waktu yang panjang untuk berbicara dengan diri sendiri. Mengurai perasaan yang Anda rasakan, melihat kembali kesulitan yang Anda rasakan jika tetap bersama sang mantan, hingga tidak jarang Anda menemukan hal-hal yang Anda cari selama ini dari diri Anda. 

Setelah mengalami patah hati, kita membutuhkan waktu untuk memahami perasaan sakit dan menerima kembali hari-hari kita tanpa hadirnya sang mantan. Solo traveling adalah langkah awal yang cocok untuk memulainya. 

2. Ikuti Komunitas Sesuai dengan Hobi

Saat ini komunitas hobi sudah tersebar banyak, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Selain menjalin jaringan dengan teman yang memiliki hobi serupa, Anda juga mendapatkan wadah untuk mengasah hobi dan kompetensi yang Anda miliki. 

Memasuki komunitas juga akan menciptakan kenalan-kenalan baru untuk Anda. Cerita-cerita baru dengan orang-orang baru siap dimulai untuk menetralkan hal yang membuat Anda patah hati. 

3. Ikuti Pelatihan atau Kursus Sesuai Minat Bakat Anda

Mungkin selama ini ada hal-hal yang ingin ada pelajari lebih dalam namun terhalang oleh hadirnya sang mantan, maka inilah waktu yang tepat untuk Anda mempelajari dan jadi ahli di sana. Kesibukan baru akan menjauhkan Anda dari rasa sepi dan mengalihkan perhatian dari hal yang tidak penting

Ikutilah pelatihan atau kursus dengan serius. Siapa tahu di sana ada peluang untuk Anda lebih berkembang, dan tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan tambahan uang jika hasil dan ilmu selama pelatihan Anda terapkan di kehidupan. 

4. Wujudkan Hal yang Pernah Menjadi Impian Bersama

Selama menjalin hubungan, mungkin Anda dan mantan memiliki impian bersama. Membuat sebuah kafe, menulis buku bersama, pergi ke kota tetangga, dan mencapai berbagai hal bersama. Jangan ragu untuk meneruskan mimpi tersebut meskipun kalian telah berpisah. 

Bayangkan saja bagaimana jika mimpi bersama itu dapat Anda wujudkan sendirian. Decak kagum dan perasaan sang mantan tentang "andai kita mewujudkan mimpi ini bersama", akan membuat Anda mengagumi keputusan Anda dan lebih mencintai diri sendiri. 

5. Memaafkan dan Meditasi

Satu hal yang tidak boleh lupa dilakukan ketika patah hati adalah memaafkan. Maafkan diri Anda dan orang-orang yang terlibat dengan kondisi Anda saat ini. Dengan memaafkan Anda akan lebih mudah untuk menjalani hari-hari ke depan dengan bahagia. 

Meditasi juga merupakan kegiatan yang patut Anda coba. Meditasi mengarahkan pikiran agar tetap fokus. Meditasi sangat bermanfaat untuk mengurangi stres, mengontrol kecemasan, dan meningkatkan kesadaran diri. 

 Hampir Semua dari Kita Pernah Patah Hati


Patah hati merupakan sebuah momen yang hampir pernah dirasakan oleh manusia. Banyak orang  yang melejit hidupnya setelah melalui fase ini, ada pula yang terpuruk karena tidak bisa mengatasi perasaan dan pikirannya. 

Kondisi patah hati akan memberikan energi lebih untuk meningkatkan kualitas hidup jika ditangani dan dihadapi dengan cara yang tepat. Tentu Anda tidak ingin kan, berlama-lama dengan kondisi yang tidak nyaman ini. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba lima hal di atas ketika Anda patah hati. 

Banyak yang bertanya tentang bagaimana balas dendam terbaik. Balas dendam terbaik adalah dengan melejitkan diri Anda, memperbaiki diri dari hari demi hari. Tentu saja hal tersebut tidak dilakukan untuk orang lain, tetapi untuk diri Anda sendiri. 

Jika Anda sudah berhasil melewati fase patah hati, sangat boleh untuk membagikan cerita dan tips Anda pribadi ketika melewati patah hati di kolom komentar. 

Baca Juga

28 Comments

  1. Makasih sharingnya. Secara praktek atau pengalaman move dari patah hati itu butuh perjuangan apalagi jika memiliki kepribadian yang cukup rentan, nah itu butuh bantuan dari pihak lain semisal keluarga, sahabat.

    BalasHapus
  2. Keren nih patah hati dialihkan ke hal-hal yang positif. Bahkan kata bernard batubara, "Untuk apa patah hati kalo tidak bisa jadi royalti". hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah jadi royalti yaa, tiap patah hati langsung launching satu buku. Mantap

      Hapus
  3. Waktunya healing dengan jalan2 sendiri saat patah hati. Setelah itu isi waktu dengan banyak aktifitas agar bisa cepat move on. Jika dibiarkan terlalu lama bisa jadi penyakit hiks...

    BalasHapus
  4. sepertinya semua orang pernah ngalamin patah hati :D tinggal bagaimana mengatasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, semoga mengatasinya ke arah yang positif yaaa

      Hapus
  5. Tips nya cocok banget untuk generasi muda yang bebas dan fleksibel. Sebenarnya kalau dipraktikkan , teman-teman yang patah hati harusnya bisa cepat move on, tapi kadang praktiknya agak susah klo beneran lagi patah hati, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya gak kesulitan, bisa dengan memberi waktu bersedih untuk diri sendiri. Setelah itu, buru buru bangkit deh.

      Hapus
  6. Suparjo I elfaaza.com20 September 2022 pukul 21.13

    Meditasi sepertinya solusi awal mengatasi patah hati. dari merenung inilah kita menguatkan hati dan merencanakan langkah dan tindakan lain seperti point-point di atas.
    Bagi yang beragama Islam, bisa melaksanakan sholat malam dan dzikir malam, ini sangat efektif sebagai langkah awal ==pengalaman pribadi :) ==

    BalasHapus
  7. Nice tips kak! Setuju banget kalau setiap orang pasti pernah patah hati. Salah satu hal yang bisa membantu patah hati itu adalah dengan memaafkan dengan tulus. dengan begitu hati kita akan plong :)

    BalasHapus
  8. Aduh! Tipsnya tampak mudah tapi untuk menjalaninya sendiri belum tentu sama. Semoga yg patah hati segera healed ya.

    BalasHapus
  9. Sya pernah mengalami hal patah hati, menerima penolakan & cibiran menjadi endingnya..

    Sya punya saran ketika menemui fase tersebut, mencoba lah utk sibuk dg hoby, cintailah diri sendiri, nikmati kesendirian tsb.. emang awalnya bakal merasa kesepian, tp percaya deh, ketika fase itu udah lewat, anda menjadi pribadi yg lebih kuat & pintar memilih langkah kedepan

    BalasHapus
  10. "Balas dendam terbaik adalah dengan melejitkan diri Anda, memperbaiki diri dari hari demi hari. Tentu saja hal tersebut tidak dilakukan untuk orang lain, tetapi untuk diri Anda sendiri. "

    kata-kata di atas bener banget kaa. Jaman aku patah hati di awal sampai 3 th baru bisa benar-benar pulih. begitu pacaran yang kedua kali, aku udah nggak mau bego lagi. Pas patah hati, aku lebih memilih utk introspeksi diri dan cari kesibukan. Alhamdulillah...dikasih kesibukan lewat kerjaan yang sesuai bidang kuliah aku dulu sebagi wardrobe asisstant. Jadi nggak seterpuruk sebelumnya karena sibuk menata masa depan hahahaha bahasaku lebay bener iya.

    BalasHapus
  11. yang paling bikin stress adalah, hilangnya keberanian. Hati berada di atas ketidakpastian. gelisah. arghh

    BalasHapus
  12. Tulisannya bener bener ngebantu banget kak, aku ga terpikir nih cara cara menyembuhkan patah hati, baca tipsnya jadi membuka pikiran aku banget makasih ya

    BalasHapus
  13. Baru tahu kalo ternyata patah hati itu, juga berarti ada kerusakan fisik pada jantung yang benar-benar terjadi. wajar jika orang stress karena patah hati bisa jatuh sakit parah hingga meninggal.. saya kira memaafkan adalah solusi terbaik, tapi itu akan sangat sulit dan berat.. hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang ikhlas..

    BalasHapus
  14. Ya Ampuuun...bener banget.
    Rasanya kalau patah hati tuh, dunia gak berwarna dan malas membuka diri.
    Dengan tetap membuka diri dengan mengikuti banyak aktivitas, semoga patah hati ini lekas sembuh dan terobati.

    BalasHapus
  15. Saya rasa selain secara individu, patah hati juga bisa dibantu penyembuhannya oleh orang-orang terdekat. Kalau orang di sekitar toxic, ambyar tenan jadinya #IMHO

    BalasHapus
  16. Wah.. jaman aku dulu waktu patah hati (ditinggal tunangan, ditinggal nikah) obatnya ga kaya gini kak.. sakit hati sesakit2nya.. butuh waktu lama utk pulih sampe ke psikiater segala.. krn 2x ngalamin ditinggalin.. hehehe..

    Tp emang hikmah yg diambil bamyak bgt dr kejadian itu..

    But anyway... tips2 nya keren nih.. aku punya 2 anak ABG. Kalau mereka lagi patah hati (mungkin nantinya) bisa aku terapin nih..

    Paling enak kayanya yg travelling nih. Cuma bukan solo travelling. Tapi family travelling. Hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang ini tips lanjutan setelah memberikan ruang kepada diri untuk bersedih mba. Entah mengatasi sendiri atupun meminta bantuan kepada profesional.

      Hapus
  17. Wahh.... Jadi ingat masa muda dulu patah hati sampai bolos kuliah karena mantan saya sekelas dengan saya tapi Alhamdulillah cepat bangkit kembali karena ada dorongan dari teman-teman yang selalu memberi semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh. Repot juga ya mbak kalau satu kelas dengan mantan hahahha.

      Hapus
  18. Aku pernah patah hati karena nggak dibolehin kuliah di luar kota, eh pengen refreshingnya jalan jalan malah nggak dibolehin hadehh

    BalasHapus
  19. Sakit hati mestinya harus dimaknai sebagai bagian intrinsik dari cinta itu sendiri, meski kita tidak bisa mengenyampingkan fakta bahwa sakit hati itu seakan membuat dunia runtuh, tapi paling tidak terpuruk atau tidaknya kita yang menentukan. Jadi ingat lirik lagunya payung teduh "Mengapa takut pada lara Sementara semua rasa bisa kita cipta" meski realisasinya sulit, tapi jika melakukan salah satu dari 5 poin di atas saya rasa itu sedikit banyaknya akan membantu kita melewati perasaan itu.

    BalasHapus
  20. Jujur ya, saya belum pernah tahu sebenarnya patah hati yang beneran itu kek gimana ya?
    Kalau sedih, keknya juga ya udah, nangis, nulis dan ya udah sih, dilupakan, hahahaha.

    Atau mungkin sudah lewat zamannya buat saya patah hati ya.
    Mungkin sekarang patah hatinya itu, kalau liat anak-anak nggak bisa punya kesempatan lebih karena duitnya terbatas *ini aselihnya akoh matre keknya wakakakakak

    BalasHapus