Potret Keindahan Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah

Potret Keindahan Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah


Salah satu destinasi wisata yang harus wisatawan kunjungi di Sumatera Utara selain Danau Toba, adalah Pulau Kalimantung. Pulau Kalimantung terletak di Kepulauan Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Pemandangan yang sangat indah pasti akan membuat wisatawan takjub dan ingin berkunjung kembali.

Bayangkan saja, Anda dimanjakan dengan pemandangan air laut biru bersih dan berwarna toska di tengah lautnya. Jejeran pepohonan rimbun yang berbaris di sepanjang pantai. Untuk sampai menuju Pulau Kalimantung, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kecamatan  Pandan menggunakan kapal sewaan. 

Untuk waktu berangkat, disarankan di pagi hari dan sudah tiba di pinggir pantai keberangkatan di sore hari. Biasanya pihak kapal akan menentukan jam berapa kapal segera bersandar kembali, karena khawatir akan naik air pasang. 

Air Laut yang Jernih Bak di Maldives

4 Potret Keindahan Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah


Bagi orang yang gemar mengunjungi tempa wisata, pasti tahu tentang penampakan Maldives. Air laut yang sama bersih serta jauh dari hiruk pikuk kota membuat kedua memiliki kemiripan suasana. Karena bukan pulau berpenghuni dan wisatawan yang tahu diri, Pulau Kalimantung terjaga keasrian dan kebersihannya. 

Sepanjang Perjalanan menuju Pulau Kalimantung, wisatawan akan melewati daerah perairan di mana warna air tersebut berbeda-beda. Ada yang berwarna biru, hijau, dan tosca. 

Dikelilingi Pasir Putih yang Halus

4 Potret Keindahan Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah


Pasir pantai di kawasan Pulau Kalimantung merupakan pasir putih yang halus bak taburan bedak. Ketika kaki menginjaknya dan berjalan menyusuri pantai, akan terasa lembut dan nyaman. Jika ingin merasakan sensasi terpendam dalam pasir, wisatawan dapat menggali pasir dan menimbun diri di sana. 

Rasanya badan seperti diurut dan menenangkan sekali. Ditambang lagi jika menghadap langsung ke pantai, suasana relaksasi langsung menguasai diri. 

Jangan Lewatkan Snorkling

Memiliki air yang jernih, terumbu karang yang banyak dan ikan-ikan kecil yang lucu, menjadikan Pulau Kalimantung menjadi tujuan snorkling bagi pencinta laut. Anda dapat membawa peralatan snorkling sendiri atau menyewanya di sana. 

Dengan kedalaman yang masih bisa dijangkau menjadikan wisatawan leluasa untuk menikmati pemandangan dalam laut tanpa khawatir tenggelam, bahkan yang tidak bisa berenang dapat melakukannya. 


            4 Potret Keindahan Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah


Fasilitas dan Harga Tiket


Di sekitar pulau terdapat warung makan dan penginapan. Terdapat juga jasa tur pulau yang akan memudahkan wisatawan untuk menuju Pulau Kalimantung. Untuk biayanya mulai dari Rp350.000 per orang. Untuk sewa kapal langsung dengan penyedia kapal biasanya sekitar Rp.2.000.000 untuk satu kapal.

Demikian sedikit ulasan tentang Pulau Kalimantung di Tapanuli Tengah. Jika teman-teman sedang berkunjung ke Sibolga atau Sumatera Utara, sempatkan waktu untuk ke Pulau Kalimantung ya.

Kira-kira destinasi wisata Sumatera Utara  apalagi yang ingin teman-teman kunjungi dan penasaran dengan ulasannya? Bagikan ceritamu di kolom komentar ya. 


Baca Juga

Mengapa Kita Perlu Healing Sambil Dengar Alam Bernyanyi

Cara Ampuh Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Pengalaman Melahirkan dengan Metode ERACS di Rumah Sakit Hermina Jogja

Cara Menghadapi Drama Kantor dan Teman Kerja yang Menyebalkan

Serunya Belajar Di Mana Saja dan Kapan Saja Bersama IndiHome

19 Comments

  1. MasyaAllah.. ternyata ada tempat yang indah di pulau Sumatera.. Dari namanya, saya kira ini di Kalimantan, ternyata di Tapanuli. Tempatnya tidak se-crowded Bali, cocok buat yang suka ketenangan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak. Bali vibes tapi tidak se crowded Bali.

      Hapus
  2. Pertama kali ke pantai saya usia TK atau SD, dan saya ketakutan liat air banyak banget, saya terikan banjir banjir, diketawain deh

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah mereview destinasi wisata di Sumatera Utara. Terus terang, ulasan di atas adalah pengetahuan baru bagi saya. Selama ini saya hanya mendengar danau toba atau berastagi kalau diminta menyebut lokasi wisata di Sumut. Semoga saya bisa ke pantai kalimantung suatu saat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mas. Semoga bisa berkunjung ke Kalimantung.

      Hapus
  4. MasyaAllah bagus banget kak. Ternyata Indonesia punya Maldives juga ya. Kesini mah dijamin ga mau cepet-cepet balik. Terima kasih kak sudah mengulas tempat seindah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbakk. Gak mau cepat-cepat balik hahah. Bagus banget

      Hapus
  5. Thank you reviewnya. Bisa jadi salah satu destinasi kalo berkunjung ke sumatera utara.

    BalasHapus
  6. BAGUS BANGET YA ALLAH!!! Masyallah masih jernih air lautnya dan bersih iya tempatnya. Nampaknya belum begitu terjamah para wisatawan. Semoga setelah diketahui banyak orang, tempat ini tetep seindah ini. Bener-bener hidden gems di Tapanuli Tengah iya.

    BalasHapus
  7. Wah keren bgt nih destinasinya.. smoga suatu saat bisa berkunjung ke sini, menikmati panorama alam & menjadi spot foto yg keren..

    BalasHapus
  8. Destinasi wisatanya ini sumpah keren banget. Didukung dengan kualitas foto yang perfect menurut saya. Biar bisa memperkenalkan destinasi wisata Indonesia ke luar negeri bisa diupload ke pixel atau sejenisnya mbak. Selain jago bloging nampaknya mbak Annisa juga punya bakat fotografer ya. :-D

    BalasHapus
  9. Banyak destinasi wisata indah di Indonesia. Hanya saja ketika sudah dipadati pengunjung, yang awalnya indah, menjadi buruk rupa. Saya ke gunung bromo saja blm pernah. Sering melihat lokasi wisata lewat blog, sosmed, dan google maps. Mata dulu yg jajan, secara raga nanti saja belakangan. Hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas. Semoga raga juga sampai ke tempat di mana yang diinginkan..

      Hapus
  10. Ingatanku samar banget ke Danau Toba.
    Kalau ke Pulau Kalimantung, malah belum pernah sama sekali. Hidden gems banget yaah..
    MashaAllah~

    Aku beneran pingin mengunjungi tanah kelahiranku, di Sumatera Utara.

    BalasHapus
  11. Om saya nikah sama orang Nias, dari Pulau Nias. Dah bbrp kali mereka pulkam ke sana, jadi pengen nebeng ke Kalimantung nih

    BalasHapus
  12. Saya baru dengar tentang Pulau Kalimantung. Kelihatannya sangat indah panoramanya. Ternyata ada juga tempat wisata lain selain Danau Toba ya.

    BalasHapus
  13. Sesuai dgn judulnya, benar-benar indah 😍

    BalasHapus
  14. pantai dengan air jernih dan pasir putih selalu menjadi daya tarik untuk wisatawan

    BalasHapus