Pentingnya Menyambangi Masa Lalu




Pagi tadi iseng-iseng buka emailku yang lama dan melihat blog yang terdaftar dengan email tersebut. Blog tersebut  kubuat ketika pertama kali mengenal blog. Isinya tidak jauh dari curahan hati sehari-hari sepulang kuliah. Blog itu kubuat di tahun 2014, waktu masih jadi mahasiswa baru. 

Waktu itu aku yang tidak tahu apa itu blog, bermodalkan tutorial dari blog orang lain aku membuat blogku sendiri. Setiap hari aku mengisinya tanpa tujuan apapun. Sepulang kuliah, aku langsung singgah di warnet terdekat, lalu berkutat dengan blogku. 

Perasaan dan cerita sesepele apapun tetap aku tuliskan, jadilah blog itu seperti buku harian onlineku. Sepanjang tahun 2014 aku rutin menuliskan ceritaku di sana. Sampai pada ketika aku mulai belajar serius tentang blogging dan mulai mengenal niche, akhirnya aku menutup blog tersebut dan  membuat blog dengan email baru. 




Bertahun-tahun aku tidak pernah membukanya lagi, dan hari ini aku kembali menyambangi blog itu. Seperti melihat jauh ke diriku beberapa tahun yang lalu. Melihat bagaimana pola pikirku dulu, kemampuan menulisku, dan kembali merasakan perasaan awal perkuliahan. 

Tiga hal ini yang membuatku suka dengan menulis dan mengabadikan tulisan dalam buku harian ataupun blog. Aku bisa melihat perkembangan pola pikirku, cara menulisku, referensi bacaanku di masa lalu dan memastikan kemampuanku terus berkembang di setiap tahunnya. 

Seperti hari ini, aku sangat bersyukur pernah menjejakkan tulisan di blog itu. Kurasa setiap orang yang menulis di blog pernah mengalami hal ini. Ketika melihat kembali tulisan-tulisan pertama kali kamu belajar menulis di blog. 

Aku percaya pada proses yang ditekuni dan diikuti perlahan akan membawa kita pada tujuan yang kita tetapkan. Secepat atau selambat apapun proses itu, pasti akan sampai jika dijalani. 


Mengabadikan momen bukan hanya dengan mengambil gambar, juga dengan tulisan. Semoga dengan melihat tulisan pertamaku di blog, dan menyadari apa yang sudah kulalui sampai hari ini bisa merawat semangat untuk belajar lebih giat dan menulis lebih rajin lagi. 

Apa kamu pernah mengunjungi kembali blog lamamu? Atau pernah membaca ulang tulisan-tulisanmu beberapa tahun lalu? Kalau belum, yuk dicoba. Aku yakin, pasti kamu mendapatkan pencerahan darinya. 

Selamat berkunjung ke masa lalu :)

8 Comments

  1. Aku.. pertama ngeblog sekitar tahun 2010... sampai sekarang tulisan ku masih acakadut tak beraturan... gmn blogku

    BalasHapus
  2. Terus terang saya suka bgt tulisan mbak ini, menginspirasi saya untuk mengintip beberapa karya tulis saya di buku, blog, sosmed, dll.. hehee
    Proses panjang itu akhirnya bikin kita terharu sekaligus merasa lucu dg polah kita dimasa lalu. Smoga blog kita semakin berkembang yaa..
    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  3. beberapa hari lalu sempat berkunjung ke blog lama yang saya tulis saat masih SMK, tepatnya 2012. subhanallah tulisannya sangat hancur haha dan masih sama sampai sekarang. Tapi seru ya kak kembali ke masa lalu dengan cara itu

    BalasHapus
  4. Hal seperti itu terjadi 3 tahun lalu, jaman jan nggak ngereken bloh itu apa, tapi mulao thun 2019 aku menekuni kembali blog ku hingga sekarang

    BalasHapus
  5. Jadi agak menyesal hapus tulisa blog ku yang awal-awal ngeblog. Padahal bisa diganti masuk draft aja iya. Takut kebaca sama suami jadi buru-buru dihapus hahahaha. Terkadang memang kita perlu flashback iya supaya bisa lebih mensyukuri apa yang kita dapat sekarang.

    thank you kaa tulisannya menginspirasi

    BalasHapus
  6. Whoaa aku beberapa waktu lalu flashback juga melihat tulisan tulisanku dulu yang isinya curhatan haha tapi dari tulisan itu jadi tau tentang bagaimana pola pikirku dulu, kemampuan menulisku hingga akhirnya pun sekarang terlihat perbedaannya. Thanks kak sudah sharing ini

    BalasHapus
  7. Wisata masa lalu itu memang seru. Terutama dalam hal kembali melihat tulisan-tulisan yang pertama kita buat di masa awal ngeblog

    BalasHapus
  8. Sama mbak, blog pertama saya isinya bener-bener nggak jelas banget. Tapi karena itu yang membentuk saya sekarang, jadi ya saya biarin aja biar suatu saat masih bisa dilihat lagi

    BalasHapus