Tempat Ngabuburit Asyik Di Jogja, Tempat Seru Menunggu Beduk di Kota Istimewa

Tempat Ngabuburit Asyik Di Jogja, Tempat Seru Menunggu Beduk di Kota Istimewa
Tempat Ngabuburit Asyik Di Jogja, Tempat Seru Menunggu Beduk di Kota Istimewa- Alhamdulillah sudah memasuki hari pertama puasa di bulan Ramadan tahun 2022. Bersyukur masih bisa menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini. Tahun 2022 sudah menjadi tahun ketiga kita menjalankan puasa di masa pandemi. 

Bersyukur, tahun ini sudah mulai ramai dan pembatasan sudah tidak begitu diberlakukan. Salah satu kegiatan yang kurindukan dari puasa Ramadan adalah ngabuburit-nya. Kurasa kalian juga kan, hahaha. Dua tahun lalu aku masih takut-takut untuk ngabuburit dengan berjalan-jalan keliling kota. 

Sebenarnya rindu sekali ngabuburit sambil cari takjil di sekitar area Sunmor di UGM. Jika kalian tinggal di Jogja, aku yakin kita pernah sama-sama berdesak-desakan di sana. Oh ya, satu lagi kegiatan ngabuburit yang tidak bisa dilupakan mahasiswa Jogja, yaitu berkelana mencari masjid yang menyediakan takjil dan nasi kotak.

Terkadang tidak perlu berjalan ke sana ke mari untuk mencari mesjid yang menyediakan takjil dan nasi kotak. Bahkan saat satu hari sebelum Ramadan, beberapa mesjid kampus sudah merilis menu buka puasa mereka dan disebarkan di sosial media. 

Kegiatan Bermanfaat untuk Ngabuburit 

Berhubung ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan maghrib, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisinya. Selepas menyiapkan makanan dan kudapan untuk berbuka puasa, biasanya kita akan mengerjakan kegiatan lain sembari menunggu beduk. 

Ngabuburit sendiri tidak mesti harus berjalan-jalan ke luar rumah kok. Sejak puasa di masa pandemi, aku jadi sering mengisi kegiatan ngabuburit dengan mengikuti challenge dari media sosial. 

Entah tantangan membaca buku, menulis cerita di Instagram, atau kegiatan seperti ini, menulis cerita di blog. Sekarang tidak perlu bingung untuk mencari kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu ngabuburit. 

Tempat Ngabuburit Asyik Di Jogja, Tempat Seru Menunggu Beduk di Kota Istimewa


Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Jogja Paling Favorit

1. Masjid Kauman 


Masjid bersejarah yang terletak di bagian barat alun-alun utara Jogja ini menjadi destinasi ngabuburit yang banyak dikunjungi masyarakat. Selain dekat dengan beberapa tempat wisata, ada kegiatan yang menjadi incaran warga Jogja di sana, terutama mahasiswa. 

Yaps, apalagi jika bukan buka bersama gratis. Mesjid Kauman menyediakan hidangan yang dapat mengobati rindu anak rantau dengan suasana berbuka di rumah, dengan menu enak khas masakan ibu. 


2. Kampung Ramadan Jogokaryan


Jogokaryan dikenal sebagai kampung paling islami di Jogja. Terlebih Mesjid Jogokaryan, siapa yang tidak tahu tempat tersebut. Banyak pemuka agama tersohor di tanah air yang pernah mengisi ceramah di mesjid ini.

Setiap tahunnya Jogokaryan akan mengadakan Kampung Ramadan. Di sana tersedia berbagai macam takjil dan aneka lauk pauk yang dapat dibeli untuk menjadi santapan berbuka puasa. Bahkan ada juga yang menjual pakaian muslim. 

3. Seven Sky Lippo Mall


 Seven Sky Lippo Mall tidak boleh dilupakan untuk menjadi tempat menunggu beduk. Rooftop mall ini menyediakan banyak sekali stand penjual makanan. Mulai dari makanan ringan, minuman, hingga makanan berat. 

Meski Lippo Mall sudah tidak seramai dulu, tapi Seven Sky tetap masih ramai pengunjung loh. Siapa sih yang tidak ingin menikmati berbuka puasa sambil melihat matahari perlahan tenggelam. Di tambah dengan camilan korea yang keju mozarela meleleh, hahaha. 

4. Jalur Gaza


Bukan, ini bukan jalur Gaza Palestina ya, Guys. Di Jogja juga ada jalur Gaza loh, hahah. Gaza merupakan singkatan dari Jajanan Lauk, Gubug Azhar Zerba Ada. 

Bukan tanpa alasan, jalur Gaza Jogja ini menyediakan jajanan serba ada dan super lengkap. Jalur Gaza Jogja terletak di sepanjang jalan sekitar Masjid Mutohirin di Jalan Sorogenan. 

5. Kawasan Malioboro


Wah kalau ini tempat favorit menghabiskan sore dari zaman ke zaman dan tidak lepas oleh waktu ya Guys. Tapi saat ini tampaknya akan berpindah ke Teras Malioboro. Karena beberapa bulan yang lalu, para pedagang kaki lima sudah tidak boleh lagi berjualan di pinggir jalan kawasan Malioboro. 

Semua PKL sudah di pindah ke Teras Malioboro. Tapi tidak mengapa, Malioboro tidak kehabisan pesonanya. Bahkan Teras Malioboro didesain tidak kalah saing dengan jalan ikonik di Jogja tersebut. 

Menurutku kelima tempat di atas wajib menjadi destinasi ngabuburit di Jogja. Secara adanya cuma satu tahun sekali ya, kan. Semoga kita hanya semangat ngabuburit-nya saja ya, semangat juga puasanya dan melakukan ibadah sunnah dan wajib di bulan Ramadan ini. 

Baca Juga


1 Comments

  1. hai sesama Annisa, salam kenal ya..
    duh jadi kangen Jogja nih, terakhir kesana tahun 2010, dah lama banget. Semakin banyak tempat yang seru-seru yaa

    BalasHapus