Sering Dikonsumsi Sebagai Kudapan Pertama Berbuka Puasa, Simak Sederet Manfaat Kurma

Sering Dikonsumsi Sebagai Kudapan Pertama Berbuka Puasa, Simak Sederet Manfaat Kurma
Sering Dikonsumsi Sebagai Kudapan Pertama Berbuka Puasa, Simak Sederet Manfaat Kurma- Kurma kerap sekali dianjurkan menjadi makanan pertama kala berbuka puasa. Bahkan di dalam Islam, berbuka puasa dengan tiga butir kurma merupakan sunnah. 

Anjuran berbuka puasa dengan kurma terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi. 

"Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air, karena air itu menyucikan." (HR. At-Tirmidzi)

Jenis-Jenis Kurma

Kurma sendiri memiliki ragam jenis. Setiap jenis kurma memiliki ciri khas masing-masing seperti perbedaan tekstur dan ukuran. Setiap jenis kurma juga memiliki nama yang berbeda-beda, lho. Meskipun begitu, kurma memiliki nutrisi yang hampir sama antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. Berikut beberapa jenis kurma yang sering di jual di pasaran dan mudah mendapatkannya. 

1. Kurma Ajwa


Kurma Ajwa menjadi kurma yang paling populer dan banyak diminati, khususnya di Indonesia. Kurma Ajwa berasal dari wilayah Arab Saudi bagian barat, sehingga Kurma Ajwa kerap sekali dijuluki kurma nabi. 

Ciri khas Kurma Ajwa adalah warna hitamnya yang pekat, rasanya yang tidak terlalu manis dan memiliki tekstur yang cukup lembut. 

2. Kurma Sukari


Selain Kurma Ajwa, Kurma Sukari juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. Berdasarkan namanya, dapat ditebak Kurma Sukari memiliki rasa yang sangat manis dan legit. Sukari dalam bahasa Arab berarti gula. Kurma Sukari memiliki tekstur daging buah yang lembut. 

3. Kurma Safawi

Kurma Safawi disebut sebagai kurma terbaik setelah Kurma Ajwa. Warna dari Kurma Safawi adalah coklat gelap dan memiliki tekstur yang lembap dan tebal. 

Jenis kurma ini memiliki rasa yang manis dan memiliki banyak sekali khasiat. Meski begitu, di Indonesia sendiri, jenis Kurma Safawi masih terbilang jarang terdengar. 

Kandungan yang Terdapat dalam  Buah Kurma

Buah kurma mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih saat tubuh sedang berpuasa, kandungan tersebut akan membantu menyuplai kebutuhan nutrisi saat berpuasa. 

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam sebutir buah kurma. 

- Karbohidrat
-Serat
-Gula
-Zat Besi
-Magnesium
-Fotasium
-Protein
-Vitamin B
-Lemak
-Kabohidrat

Sering Dikonsumsi Sebagai Kudapan Pertama Berbuka Puasa, Simak Sederet Manfaat Kurma


Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Rasa manis yang didapatkan dari buah kurma dan banyaknya nutrisi di dalamnya, membuat kurma kerap dijadikan santapan pertama saat berbuka puasa. Berikut manfaat kurma untuk kesehatan tubuh.

1. Memelihara Kesehatan Pencernaan


Serat adalah salah satu kandungan yang terdapat pada buah kurma. Serat dalam buah kurma berguna untuk membantu melancarkan pencernaan, mengatur gerakan usus besar dalam memproses pembentukan fases dan mencegah sembelit.

2. Mengganti Gula Pasir


Gula pasir mengandung glukosa yang tinggi dan berbahaya bagi sebagian orang. Selain madu, kurma juga sering dijadikan sumber asupan gula alami karena memiliki rasa yang manis. 

Kandungan antioksidan yang tinggi menjadikan buah kurma digemari mereka yang sedang menjalankan pola hidup sehat. 


3. Mengembalikan Elektrolit yang Hilang


Kurma mengandung potasium dalam kadar yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui, potasium merupakan salah satu unsur elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun otot dan membantu menguatkan tubuh. 

Selain mengikuti sunnah, mengonsumsi kurma juga menjadi bentuk kebaikan pada tubuh. Setelah satu harian menahan lapar dan haus, tubuh berhak dihadiahi dengan makanan yang bergizi, salah satunya adalah buah kurma. 

Baca Juga

0 Comments