Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik

Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik

Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik- Setelah bertahun-tahun menulis di blog, yang mulanya  hanya menulis saja tanpa memperhatikan banyak hal, akhirnya aku memutuskan untuk serius dan mencoba beberapa tips blogging. 

Tujuannya adalah agar blogku semakin berkembang dan tulisanku juga mengalami perubahan dari segi kualitas dan kuantitas. Bermula dari seringnya melakukan blogwalking ke situs website teman-teman sesama blogger, aku merasa tercerahkan. 

Pasalnya banyak sekali tulisan mereka yang bagus-bagus dan kualitas tulisannya turut berkembang seiring konsistennya menulis dan menekuni dunia blogging. 

Untuk merealisasikan keinginanku tersebut, aku memasuki beberapa komunitas blogging dan aktif mengikuti kegiatan di sana. 

Bergabung dengan komunitas-komunitas blog menjadi langkah pertama untuk terhubung dengan blogger lain dan mendapatkan banyak sekali pelajaran tentang bagaimana mengembangkan blog. 


Berikut beberapa komunitas blogger yang kuikuti dan sama-sama belajar di sana bersama teman-teman blogger lainnya


Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik


1. Blogger Perempuan

Komunitas Blogger Perempuan didirikan oleh tiga orang blogger. Founder Blogger Perempuan memiliki tujuan untuk mendukung blogger wanita di Indonesia dalam sebuah ruang digital agar dapat meningkatkan kualitas kontennya. 

Blogger Perempuan memiliki banyak kegiatan dan tantangan menulis, juga aktif mengadakan lomba. Jadi, skill menulis akan terasah jika aktif mengikuti kegiatan di Blogger Perempuan. 

2. BloggerHub

BloggerHub adalah komunitas yang menaungi para blogger di Indonesia. Dengan bergabung di BloggerHub, para anggota dapat berkolaborasi dan terhubung dengan blogger lainnya dari berbagai kategori niche blog.

Di komunitas BloggerHub, ada banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti seperti BloggerTalks, BloggerConnect, BloggerStory, BloggerAcademy dan BloggerUpdate. 

3. 1Minggu1Cerita

Komunitas 1 Minggu 1 Cerita adalah support grup yang dibuat agar blogger yang tergabung di dalamnya rutin menulis minimal 1 minggu 1 cerita. Seperti yang kita tahu, rutin menulis di blog akan membuat blog kita cepat berkembang. Namun, untuk memelihara konsisten juga bukan perkara mudah. 

Salah satu upayanya adalah dengan bergabung di komunitas komunitas blog yang mendukung. Setiap minggu, 1 Minggu 1 Cerita akan menyediakan tema tulisan, dan para anggotanya harus melakukan setor tulisan sesuai dengan tema. 

Setelah tergabung dengan komunitas-komunitas blogger, selanjutnya adalah meningkatkan kualitas tulisan dan konten blog. Seperti yang kita tahu, konten adalah raja bagi seorang konten kreator ataupun blogger. 


Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik

1. Membuat Blog Planner


Blog Planner adalah semacam tabel rencana tulisan yang akan tayang di kanal blog. Dalam blog planner tertulis waktu tayang tulisan, judul, dan tema. 

Membuat blog planner dapat dilakukan satu minggu satu kali atau disesuaikan dengan jadwal rutin menulis di blog. Membuat blog planner memiliki banyak sekali manfaat, lho, di antaranya adalah kita tidak kehabisan ide, membantu agar konsisten dan teratur dalam mengisi blog, menentukan konten tulisan yang tepat dengan hari-hari tertentu atau hari besar. 

Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik


2. Membuat Outline Tulisan


Membuat outline tulisan sudah kuterapkan selama kurang lebih satu tahun. Rasanya, tulisan yang dibuat dengan outline lebih hidup, terarah, datanya lengkap dan sesuai dengan rencana. 

Sebelumnya aku menulis dengan mengikuti isi kepala saja, tanpa merealisasikannya dalam sebuah outline. Tulisan yang muncul adalah tulisan yang idenya lompat-lompat tidak beraturan. Membuat outline tulisan dapat dimulai dengan membuat kolom seperti tema tulisan, judul, latar belakang masalah, tujuan penulisan, manfaat, narasumber ahli, konten pendukung, kesimpulan, referensi dan jadwal tayang tulisan. 

Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik


3. Melakukan Guest Blogging

Guest blogging adalah menjadi penulis tamu di situs lain. Tujuan dari guest blogging di antaranya adalah meningkatkan domain authority, menambatkan external link dan dapat menambah traffic kunjungan ke situsmu. 

Dapat dilakukan dengan mencari situs yang menerima guest blogging dan jalin kesepakatan dengan pemilik situs. Jika kamu tergabung dengan komunitas blogger, bisa banget ajak teman satu komunitasmu untuk sama sama melakukan link building melalui guest blogging

Tips Blogging yang Patut Dicoba Agar Blog Lebih Menarik


Ketiga tips di atas dapat diterapkan agar blog semakin berkembang. Perlahan, dengan seiring berjalannya waktu, menulis di blog tidak hanya sekadar menumpahkan keluh kesah, isi kepala, dan mengenang sebuah momen dalam hidup. 

Menulis di blog juga dapat menjadi wadah berkreasi dan berkarya dengan semua proses pembelajaran di dalamnya. Selamat mencoba. 

Baca Juga 

25 Comments

  1. Terima kasih kak tipsnya sangat membantu sekali ๐Ÿ˜๐Ÿ‘, saya juga penulis blog pemula dan masih belajar juga.. hehe

    BalasHapus
  2. Saya suka banget mbak guest post atau guest blogging. Selain menambah networking juga efeknya bagus ke rangking keyword, trafik pun dengan demikian ikut naik. Guest post juga saya pakai buat ngetes tulisan saya kualitasnya sampai dimana, karena kan bakal dinilai blogger lain layak nggak dimuat di blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas. Jadi bisa tahu ya kualitas tulisan kita sudah sampai mana

      Hapus
  3. Makasih infonya Kk. Dengan banyak teman dan berkunjung di blog mereka akan menambah wawasan kita yaa.

    BalasHapus
  4. Kebetulan saya baru aja terjun ke dunia blog dan jadi paham istilah-istilah dalam blogger berkat tulisan mbak ini. Thank you banget untuk informasi nya. Saya juga ikut di dua komunitas yang mba ikuti, bloggerhub dan BPN. Tapi saya kesulitan post link challenge Ramadhan di BPN itu kenapa ya mba? Mungkin bisa bantu. hehe. Terima kasih mba telah berkenan berbagi informasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tos dulu nih teman satu komunitas. Salam kenal mbak. Kalau post link di BPN ada link dan semacam formnya gitu kok di website mereka. Jadi tinggal masukkan saja link tulisan kita di form tersebut.

      Hapus
  5. Kita ada di komunitas yang sama kak. Tos dulu ah.
    Tapi emang bener sih komunitas ini banyak membantu kita dalam ilmu-ilmu blogging ya. ๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbakk. Iya mbak, aku juga mulai konsisten nulis lagi karena bergabung di beberapa komunitas. Kalau enggak, ga tau deh nasibnya blog ini gimana hahaha

      Hapus
  6. wahh.. menarik nih tips nya.. terutama sya perlu sebuah planning utk membuat postingan konten didalam blog. trus sya juga perlu nih mencoba Guest Post, buat nambah jaringan pertemanan juga.. hehee..

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong, guest post di blognya mas Tomy.

      Hapus
  7. Saya jadi ingat pengalaman sendiri ketika membuat blog pertama kali, cukup rajin melakukan blogwalking dan berkomentar di blog lain dengan harapa si pemilik blog berkunjung balik, pernah juga bergabung di beberapa komunitas. Itu dulu, sekitar tahun 2003-2008. Belakangan, karena ingin dapat trafik organik, saya belajar tentang SEO dan berhenti melakukan blogwalking. Belakangan, saya coba bergabung lagi dengan bloggerhub, jadilah saya terdampar di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO emang penting banget sih mas ya, kalau mau seriusin blog. Saya masih belajar juga nih tentang SEO dan masih mengamalkan blogwalking, haha

      Hapus
  8. Sip.. Saya suka baca artikel ini.. kebetulan sekali dengan saya yang masih sangat minim pengalaman ini.. Tulisan saya juga masih acak-acakan hehehe

    BalasHapus
  9. punya wadah yang isinya sesama hobi emang penting ya, apalagi blogger gitu. soalnya nulis di blog udah kayak iman kita aja, naik turun semangatnya haha

    BalasHapus
  10. Seneng deh kalau ada yang sama sama sedang menekuni dunia menulis, mungkin kalau ditulis hal hal ini juga sedang saya usahakan untuk dilakukan. Semangat untuk kita ya mbak!

    BalasHapus
  11. Terima kasih, Kak. Tips-tips ini sangat membantu saya yang susah buat konsisten nulis di blog. Mulai sekarang mau buat planner ....hehe

    BalasHapus
  12. terima kasih tipsnya, bermanfaat sekali untuk saya yang masih baru 'serius' di dunia blog, masih awam juga beberapa istilah, adanya komunitas sangat membantu ya

    BalasHapus
  13. Terimakasih untuk tipsnya kak. Aku masih newbie dalam dunia perblog-an ini, masih perlahan mencoba satu-satu cara ini. Semoga bisa terus konsisten dan berkembang

    BalasHapus
  14. Buat Blog Planner jadi tips yang mesti diamalkan. Semoga konsisten!!

    BalasHapus
  15. Komunitas memang perlu, ya, ka, untuk menambah teman dan wawasan. Thanks ka for sharing.

    BalasHapus
  16. saya tim nulis tanpa outline kk hehe. Lupa terakhir kali buat tulisan harus nyusun outline dulu

    BalasHapus
  17. Thanks saran-sarannya mbak... pelan-pelan bakal saya praktekkan. Btw, saya juga ikut 3 komunitas di atas :))

    BalasHapus
  18. Blog planner. Tips ini sangat penting untuk menjaga konsistensi menulis

    BalasHapus