Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau

Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau
Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau- Menyiapkan santapan untuk sahur menjadi tantangan tersendiri, terlebih bagi ibu-ibu. Harus bangun lebih awal dari anggota keluarga lainnya, sementara tidak jarang para ibu-ibu tidur paling akhir dari anggota keluarga lainnya. 

Setelah merasakan langsung bagaimana situasi dapur di dini hari pada saat menyiapkan sahur, aku baru merasakan apa yang selama ini Mama rasakan. Jadi, agaknya wajar saja Mama kerap sekali tersulut emosi saat aku bermalas-malasan membantunya di dapur dahulu. 

Karena memang tidak mudah mengondisikan mata yang sedang mengantuk berat dan memasak untuk santapan sahur sekeluarga. Belum lagi makanan yang disukai orang-orang di rumah berbeda-beda. Ada yang suka makanan berkuah saat sahur, ada yang suka di goreng, ada yang rumit hingga mudah. 

Ketika mulai mempersiapkan sendiri sahur untukku dan suami, tidak jarang aku tersulut emosi. Bukan tanpa sebab, terkadang aku merasa seperti di kejar-kejar waktu imsak, dan makanan belum dipersiapkan segala tetek bengeknya. 

Nah, setelah tiga hari pertama momen memasak sahur menjadi momen yang membuatku rawan tersulut emosi, aku mulai menerapkan beberapa trik untuk mengakalinya. Tujuannya adalah agar momen memasak makanan sahur menjadi lebih menyenangkan. 

Tips menyiapkan makanan sahur anti ribet

1. Pastikan tidur dengan keadaan dapur sudah bersih

Memastikan keadaan dapur sudah bersih sebelum tidur adalah menjadi kewajiban untukku. Kalau di dapur masih ada piring yang kotor dan keadaan dapur tidak bersih, sudah bisa dipastikan mood ketika mau memulai masak hidangan sahur akan menjadi jelek dan berantakan. 

Sementara untuk menghadirkan pengalaman memasak sahur yang menyenangkan dan ikhlas, dibutuhkan mood yang baik dan bahagia. Untuk itu, sebelum tidur aku selalu memastikan keadaan dapur sudah bersih, tidak ada satu pun piring dan peralatan masak yang kotor. 


2. Siapkan bahan-bahan masakan yang akan diolah

Agar tidak terlalu ribet dan heboh ketika memasak hidangan sahur, aku juga mulai menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak sebelum beranjak ke kamar tidur. 

Mengiris bawang, membuat bumbu dan marinasi ikan, biasanya akan kulakukan sebelum tidur. Kemudian bahan-bahan tersebut kumasukkan ke kulkas. Ketika esok hari hendak memasak, akut tidak perlu repot meracik bumbu lagi, jadi tinggal masukkan saja semua yang sudah disiapkan ke wajan. 

3. Masak nasi sebelum tidur

Memasak nasi tentu membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan bersamaan dengan menyiapkan lauk pauk untuk sahur. Untuk itu, aku juga memasak nasi terlebih dahulu ketika aku ingin tidur. Jadi, ketika bangun untuk menyiapkan makanan sahur, nasi sudah matang dan siap disajikan. 

Trik ini membantu banyak buatku. Menghemat waktu dan tentu saja tidak memperburuk suasana hati karena nasi belum matang, sementara waktu imsak sudah mepet. 


4. Memasak makanan yang memiliki ketahanan yang lama

Aku juga tidak jarang memasak makanan untuk sahur sebelum tidur. Biasanya aku memasak makanan yang tahan lama dan tetap enak jika dipanaskan. Biasanya aku memasak sambal goreng dan tumisan dengan tauco. Yaps hanya kedua jenis masakan tersebut yang pernah kucoba memasaknya sebelum tidur. 

Setelah memasak, biasanya aku memasukkannya ke dalam kulkas. Sebenarnya jika tidak dimasukkan juga tidak masalah, karena akan tahan jika disantap untuk sahur. Namun aku hanya ingin berjaga-jaga saja. 

5. Stok forzen food untuk menu sahur praktis

Menyediakan stok frozen food juga bisa menjadi salah satu solusi nih, Bund. Makanan frozen juga sudah sangat beragam sekarang, mulai rendang, sambal goreng, oseng-oseng dan ragam masakan lainnya yang lezat. 

Memasaknya juga gampang banget. Bisa dengan merebusnya bersama dengan plastik kemasan, bisa juga langsung menghangatkannya di atas wajan atau di dalam microwife. Pokoknya akan menjadi hidangan menu sahur praktis. 

Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau

1. Sumatra Rasa


Siapa yang tidak kenal brand satu ini. Pionner urat sapi jumbo yang sudah berjualan sejak tahun 2010. Produk Sumatera Rasa berupa Urat Sapi  Balado, Dendeng Balado, Urat Sapi Rendang dan Daging Sapi Rendang. 

Sumatra Rasa memasak produknya dengan masakan khas Sumatera. Produknya juga sudah bisa dikirim ke seluruh Indonesia, bahkan sudah banyak diulas oleh food blogger dan food vlogger. Harga produk masakan di Sumatra Rasa dibanderol mulai dari Rp13.500 sampai Rp75.000. 

Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau


2. Paru Aceh Lady


Paru Aceh Lady adalah brand yang menjual masakan khas Aceh. Paru Aceh Lady menjual beberapa menu lauk seperti Paru Aceh, Pentol Julid, Iga Aceh, Samosa Daging Sapi, Tandoori Kebab, dan Roti Prata. 

Paru Aceh Lady juga sudah sering diperbincangkan di kalangan pencinta kuliner tanah air. Harga produknya dibanderol mulai dari Rp20.000 sampai Rp260.000.

Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau

3. Ummubalqis Frozen


Ummubalqis Frozen merupakan brand makanan milik influencer, pengajar parenting Ummu Balqis. Ummubalqis Frozen menjual aneka makanan seperti Tekwan, Pizza, Sei Sapi, Kebab, Donut, Pempek, dan Roti Canai. 

Bahan yang digunakan juga dengan kualitas premium dengan rasa yang lezat. Produk Ummubalqis Frozen dimasak tanpa MSG, tanpa pengawet dan tanpa pengenyal. 

Menu Sahur Praktis Anti Ribet, Berikut Rekomendasi Frozen Food yang Enak dan Terjangkau

Sesekali boleh dong menghidangkan makanan dari rekomendasi frozen food di atas. Aku tidak menyediakan frozen food seperti sosis dan nugget di rumah, karena pak suami tidak suka. Jadi ambil jalan tengahnya saja deh, suka di lidah pak suami dan tidak meribetkan diriku, hahaha. 

Kalau teman-teman punya tips apa nih untuk tetap waras dan bahagia memasak hidangan untuk sahur? Silakan berbagi cerita di komentar ya. 

Baca Juga




0 Comments