Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Independent School

Apa jadinya jika kamu bertemu dengan karakter favorit dari buku yang pernah kamu baca? Senang sekali tentunya kan. Menerka-nerka wujud mereka dalam dunia nyata menjadi salah satu pemantik semangat membaca. 

Terlebih pada anak-anak, bertemu karakter favorit adalah impian mereka. Hari Jum'at kemarin, tepatnya tanggal 3 Maret 2023, saya berkesempatan berkunjung ke salah satu sekolah internasional di Yogyakarta, yaitu Yogyakarta Independent School (YIS) untuk menyaksikan keseruan parade kostum karakter favorit. 


Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
At Yogyakarta Independent School Book Week Celebration


Parade kostum ini bagian dari perayaan Book Week atau pekan buku yang sudah menjadi acara tahunan Yogyakarta Independent School (YIS). Parade kostum diikuti oleh siswa tingkat Primary Years Programme atau setara dengan tingkat Preschool - TK A / TK B sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar.  Satu hari sebelum parade kostum karakter favorit, diadakan juga bazaar buku. 

Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
Primary Years Programme Students



Setiap siswa harus menggunakan kostum sesuai dengan karakter favorit mereka dari buku yang sudah pernah mereka baca. Ada yang memakai kostum Harry Potter, Elsa, Spider Man, hingga Snow White.  Para guru Primary Years Programme juga turut menggunakan kostum. 

Para siswa akan berbaris sesuai grade-nya, para orang tua menyaksikan aksi anak mereka melalui sisi depan panggung. Anak-anak akan dipanggil satu per satu sesuai nama dan karakter yang dibawakan. 

Kemudian anak-anak berjalan bak model yang mempresentasikan kostumnya. Wah, pasti para orang tua bangga sekali melihat sang anak tumbuh percaya diri. Harapannya, dengan adanya parade kostum dan pekan buku ini para siswa semakin  mencintai buku, cerita, literasi dan menghargai proses kreatif. 

Para siswa dan orang tua tampak semangat dan antusias dengan acara parade kostum  ini. 

Saya juga takjub dengan sekolah yang tidak hanya memberikan edukasi tentang  pentingnya mengenalkan buku sejak dini. 

Tapi sekaligus dengan cara kreatif yang membuat siswanya semakin jatuh cinta dan  penasaran dengan buku . Jatuh cinta dan penasaran saya rasa dapat menjadi modal  penting untuk memiliki semangat belajar yang tinggi. 


Yogyakarta Independent School, Satu-Satunya Sekolah Berkurikulum IB di Yogyakarta



IB atau International Beccalaureate merupakan kurikulum yang memberikan dasar kuat dalam pemahaman konsep setiap mata pelajaran. Kurikulum IB juga menyesuaikan pembelajaran terhadap globalisasi, yakni dengan memahami, menghormati kebudayaan suku bangsa yang beragam. 

Siswa dibimbing untuk memiliki pemikiran yang kritis, logis, dan independen. Hal ini pula menjadi menjadi sebab mengapa kurikulum IB begitu diakui di berbagai universitas ternama di dunia. 

Yogyakarta Independent School (YIS) merupakan satu-satunya sekolah di Yogyakarta yang menggunakan kurikulum IB secara penuh.

  Hal ini menjadikan YIS tujuan utama orang tua yang ingin mempersiapkan anak-anaknya belajar dan bersaing secara global. 

Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
Keseruan acara pekan buku dan bazar buku


34 Tahun Membersamai Murid dan Mengantarkan Mereka ke Kampus Ternama Dunia


Yogyakarta Independent School berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY). Berdiri sejak tahun 1989 sebagai sekolah  unggulan di Yogyakarta. 

Tidak main-main, guru-guru di YIS juga berasal dari negara-negara yang menerapkan standar tertinggi pendidikan internasional. Tidak heran jika guru-guru di YIS sangat kompeten dan berpengalaman. 

Mereka dilatih dan terampil dalam membawakan pembelajaran dengan kurikulum nomor wahid ini. Dengan pengetahuan dan pengalamannya, guru-guru mengajak siswanya untuk melihat dunia lebih luas, berpikir tentang kemanusiaan dan memiliki wawasan global. 

Saya terkesan dengan bagaimana YIS memfasilitasi pembelajaran siswa-siswanya. Siswa belajar langsung kepada ahlinya, sedangkan guru berusaha untuk menumbuhkan nalar kritis dan membentuk karakter murid dalam berkarya. 

YIS memberikan ruang kepada siswanya tidak hanya pada pelajaran wajib saja, juga pada pengembangan minat dan bakat. YIS  sangat transparan dalam menyampaikan perjalanan proses belajar siswa kepada walinya. 

Sehingga terjalin bingkai dan jalan yang sama antara penerapan pengasuhan di rumah dan pembelajaran di sekolah. Keduanya adalah hal yang sangat ideal dalam mencapai tujuan pendidikan. 

Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
Fasilitas belajar di Yogyakarta Independent School (YIS)



Siapkan Masa Depan yang Cemerlang Bagi Siswa


Yogyakarta Independent School (YIS) berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang dapat merangsang siswanya untuk menjadi pemikir yang peduli, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kritis. 

Komitmen ini dapat dilihat melalui ruang kelas yang eksklusif dan fokus, fasilitas belajar yang mumpuni seperti peralatan musik, ruang melukis, ruang desain grafis, dan lapangan sepakbola yang sudah berstandar internasional. 

Siswa dipersiapkan untuk mengejar dan membidik impian mereka dan menjalin koneksi dengan rekan-rekan dari berbagai negara di dunia. 

Saat ini siswa YIS berasal dari 13 negara. Di antaranya adalah  India, Inggris, Korea, Belanda, Indonesia, dan lain-lain. 

Selain menerapkan kurikulum IB, YIS juga mengintegrasikan program belajarnya dengan kurikulum nasional. Kurikulum YIS mengintegrasikan mata pelajaran yang akan diujikan di Ujian Nasional dengan program belajar mereka. 

Hal ini berlaku bagi siswa berwarganegara Indonesia. Sebagai sekolah internasional, selain bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari, di YIS juga ada pelajaran bahasa Spanyol dan Perancis.

Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
Fasilitas outdoor. Terdapat lapangan sepakbola, arena bermain, dan pendopo sebagai lokasi makan siang.




Pekan Buku dan Parade Kostum 2023 Yogyakarta Indpendent School
Area eksplorasi siswa. Terdapat peternakan kelinci, angsa dan ayam kalkun.


Bersinergi dengan Orang Tua dalam Memantau Perkembangan Anak

Satu nilai plus yang saya cari di sekolah anak itu adalah bagaimana pihak sekolah dan orang tua saling bersinergi dalam pembelajaran dan pembentukan karakter anak. Artinya, penerapan pembelajaran di rumah, harus sejalan dengan penerapan pembelajaran di sekolah dan sebaliknya.

Sebelum mulai masuk ke sekolah YIS, calon siswa diwajibkan mengikuti trial class. Di trial class akan dilihat kemampuan, minat dan bakat calon siswa. Setelah mengikuti trial class, siswa akan dievaluasi bersama orang tuanya dan sampai di tahap memutuskan untuk sekolah di YIS atau tidak.

Sedangkan pada tingkat SMP dan SMA atau Middle Years Programme dan Diploma Programme, siswa diharuskan mengikuti tes admisi, tes bahasa dan tes matematika (logika).

Saya rasa, untuk mencapai cita-cita, tidak hanya anak yang bersiap-siap dengan belajarnya, tetapi orang tua juga harus siap membersamai anak di setiap prosesnya. Saya suka bagaimana YIS terhubung dengan wali siswa-siswanya.

Orang tua diminta terlibat dalam memantau perkembangan belajar anak. Pihak sekolah juga sangat transparan tentang perkembangan siswanya. Saya semakin tertarik ingin menyekolahkan Shanum di sini.

Bagi orang tua yang sedang mencari sekolah terbaik dan tepat untuk anak, silakan berkunjung ke Yogyakarta International School (YIS) yang beralamatkan di Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman, untuk mengetahui informasi lebih lanjut seperti dana pendidikan, fasilitas sekolah, kurikulum, proses belajar mengajar, dan hal-hal lainnya.

Untuk mencari tahu seputar kegiatan sekolah bisa dengan mengunjungi website Yogyakarta Independent School (YIS) dan official Instagram mereka di @yogyakartaindependentschool atau hubungi pihak YIS melalui Whatsapp 08112632442.
 

17 Comments

  1. Lihat foto-foto sekolahnya suka banget. Apalagi lihat murid-murid kecilnya lucu ^_^

    BalasHapus
  2. Baca ini jadi kepikiran besok kalo punya anak pengen disekolahin di sini deh.

    BalasHapus
  3. Sekolahnya mewah ya,,, Zaman sekarang sekolah anak-anak memang semakin menarik. Para orang tua harus ikut belajar terus. Saya baru dengar ada kurikulum IB.

    BalasHapus
  4. Memilih sekolah emang anak di zaman sekarang ini banyak pilihannya ya ternyata. Jadi kepikiran buat sekolahin ditempat yang bagus buat perkembangannya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  5. Memang memilih sekolah sejak dini itu jelas penting, karena nantinya menentukan pola pikir dan Karir dikemudian hari.
    Tapi yang paling penting dan perlu didik dari kecil karakter, agama dan budaya.

    BalasHapus
  6. Kalau saja semua sekolah memberlakukan hal demikian, sudah pasti angka melek literasi kita di atas rata-rata.

    BalasHapus
  7. Bahan ajar KBM, sarana dan prasarana, profesionalitas guru ditambah dukungan dari keluarga siswa. Semuanya komplit, pantas jika anak didiknya punya mutu kualitas yang bagus.
    Kebanyakan kalau di kita kan ada aja kendalanya.

    BalasHapus
  8. menyekolahkan anak ke pendidikan yang memiliki fasilitas dan metode belajar yang bagus bisa untuk mengantarkan untuk sukses di masa depan nantinya, jadi pengen anak bisa di sekolahkan di sekolah yang memang memiliki kredibilitas yang tinggi dalam pengajarannya

    BalasHapus
  9. Sekolahnya rindang banget dan asri. Bikin anak-anak betah buat di sana. Udah gitu terasa sekali eksklusifitas dan mutunya dari jenis kurikulum yang diberikan. ❤️

    BalasHapus
  10. Senang sekali dengan kurikulum dan metode pembelajaran yang diterapkan di YIS.
    Selain anaknya yang sekolah, orangtua jugabersinergi di dalamnya agar bisa sama-sama saling memantau dan melengkapi apa yang menjadi kekurangan di masing-masing pihak saat memberikan bekal terbaik untuk masa depan anak.

    BalasHapus
  11. Wah...keren Sudan pakai kurikulum IB. Fasilitas outdoor juga sangat bagus.

    BalasHapus
  12. Saya langsung autofokus ke kata "Independent School", ternyata konsep sekolah ini luar biasa ya. Andai di sini juga ada skul semacam ini.

    BalasHapus
  13. Konsep sekolahnya bagus, acaranya juga keren banget sesuai dengan nama sekolahnya yang independen

    BalasHapus
  14. Fasilitas oke, kurikulum oke, sistem kerjasama antar orang tua dan guru yang menjadi poin utama juga oke. Oke banget nih sekolahnya. Andai ada di beberapa kota lain di Indonesia, ya.

    BalasHapus
  15. Bagus banget mulai dari fasilitas, kilurikulum, dan pengajarnya. Pingin bsnget menyekolahkan anak disekolah seperti ini

    BalasHapus
  16. ndak salah sih klo jogja di sebut kota pelajar, karena banyak lembaga pendidikan yang berkualitas disana

    BalasHapus