[REVIEW] Cara Ampuh Menjalani Hidup Sederhana, Bahagia dan Produktif dari Buku Zen Habits Karya Leo Babauta

Cara Ampuh Menjalani Hidup Sederhana, Bahagia dan Produktif dari Buku Zen Habits Karya Leo Babauta -  Leo Babauta adalah seorang di balik blog yang memuat tulisan tentang kehidupan yang sederhana, kebiasaan-kebiasaan dan kesadaran, Zen Habits. 

Di dalam buku yang memiliki judul yang sama dengan blognya, Leo mengumpulkan tulisan-tulisan populer dari blog, dan pengalamannya menjalani hidup, pengalaman mencapai target dan cita-cita pada buku Zen Habist. 

Jika kamu adalah orang yang ingin memperbaiki hidup, ingin memiliki kehidupan yang berkualitas dan waras, harus banget sih baca buku Zen Habits ini. Sebelum membaca bukunya, yuk mari baca dulu review buku ini sampai selesai. 

[REVIEW] Cara Ampuh Menjalani Hidup Sederhana, Bahagia dan Produktif dari Buku Zen Habits Karya Leo Babauta


Apa Itu Zen?

Dikutip dari Very Mwell Mind, zen adalah sebuah teknik meditasi yang berakar  pada psikologi Buddhis. Tujuan dari meditasi zen adalah mengatur perhatian atau sering disebut sebagai praktik "berpikir tentang tidak berpikir". 

Zen mendorong seseorang untuk menerima dan menjalani hidup apa adanya dengan segala kesulitan, tantangan, kebaikan, kebahagiaan yang ada di dalamnya. 

Membangun Kebiasaan Baik Ala Zen Habits

Salah satu nilai dari buku ini adalah membangun kebiasaan- kebiasaan yang baik dalam menjalani hidup dan mencapai keinginan. 

Keberhasilan dalam hidup tidak lepas dari kebiasaan-kebiasaan baik yang mengirinya. Aku akan membagikan 3 tips yang ada di dalam buku Zen Habits di sini. 

1. Membersihkan Barang- Barang

Leo percaya bahwa lingkungan yang bersih akan mempengaruhi kebahagiaan dan produktivitas. Bayangkan saja kita bangun pagi dengan keadaan rumah berantakan, pasti mood akan berantakan juga kan. 

Hal ini sudah beberapa kali kuterapkan. Hasilnya, aku setuju dengan pendapat Leo Babauta dan terbiasa membersihkan rumah sebelum tidur. 

2. Batasi Konsumsi Media

Membatasi konsumsi media membuat lega pikiran. Pikiran tidak dipenuhi oleh informasi yang tidak dibutuhkan . Media seperti televisi, majalah, internet bahkan banyak menguasai kehidupan kita. Jadi, mari menyederhanakan hidup dengan membatasi konsumsi informasi. 

3. Habiskan Waktu Sendirian

Berikan waktu untuk mendengarkan suara hati sendiri setelah bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang. Ketenangan berdialog dengan diri sendiri penting banget untuk mengetahui kemauan kita, hal-hal penting apa yang kita perhatikan dan inginkan. 

Sesibuk apapun, jangan lupa me-time ya.

[REVIEW] Cara Ampuh Menjalani Hidup Sederhana, Bahagia dan Produktif dari Buku Zen Habits Karya Leo Babauta


 Review Buku Zen Habits

"Wow, kombinasi aspek kehidupan idaman."

Itu adalah kesan pertamaku ketika melihat buku Zen Habits pertama kali. Buku tentang meraih kesederhanaan,  kebahagiaan dan produktivitas dalam hidup. Siapa yang tidak mau menjalani hidup  dengan bahagia, tenang, menikmati setiap waktunya, produktif  dan minim stress. 

Kita sebagai masyarakat modern banyak sekali mengalami distraksi. Tuntutan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik dan aspek kehidupan lain yang  perlu diperjuangkan, seperti keluarga, ketenangan, kesehatan dan karya. 

Buku Zen Habits berisikan 3 bagian penting dalam hidup yaitu, kesederhanaan, produktivitas, dan kebahagiaan. 

Bab kesederhanaan bercerita tentang menjaga kebersihan dan kerapian bisa menimbulkan perasaan bahagia, bahaya multitasking, menyederhanakan daftar pekerjaan harian sehingga semua pekerjaan penting bisa terselesaikan, tips hidup sederhana dan seni tidak melakukan apa-apa yang belakangan ini menyelamatkanku dari kebosanan menjalani rutinitas. 

Bab Produktivitas berisi bagaimana menata pekerjaan, waktu, memotivasi diri, memaksimalkan hari-hari untuk menjadi produktif. Ada juga tips menenangkan diri kalau-kalau dalam bekerja kita mengalami tekanan yang mengganggu. 

Produktivitas bukanlah tentang melakukan banyak hal. Ini tentang menyelesaikan hal-hal penting.

Bab Kebahagiaan membahas tentang mencapai kebahagiaan dalam hidup. Tidak hanya untuk diri sendiri juga lingkungan sekitar. Seperti menumbuhkan rasa belas kasih, bahkan kepada orang yang menyakiti kita. 

Bagaimana menjalani hidup secara sadar dan percaya kepada kemanusiaan dan menumbuhkan kebaikan. 

Jika Anda ingin orang lain bahagia, berlatihlah menebar belas kasih. Jika Anda ingin bahagia, berlatihlah menebar kasih sayang. - Dalai Lama

Hematnya, Zen Habits akan menjadi salah satu buku terbaik yang kubaca di tahun ini. Dari buku ini aku belajar tentang keseimbangan hidup, menikmati hidup, dahsyatnya kenikmatan menyaksikan pesta terbesar di dunia, yaitu waktu pagi yang belum tentu bisa disaksikan semua orang.

Apakah teman-teman sudah pernah membaca buku ini? Kalau sudah, ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya! 

Atau teman-teman ingin memberikan aku rekomendasi buku self improvement yang harus kubaca? Silakan tuliskan di kolom komentar! Terima kasih, See You....

0 Comments