5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia
5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia- Di bulan yang penuh berkah ini, pasti kita tidak mau dan tidak rela bulan Ramadan berlalu begitu saja bukan? Di tengah-tengah menahan lapar, haus, hawa nafsu dan kegiatan yang dapat mengurangi pahala puasa, kita perlu banget nih melakukan sesuatu yang bermanfaat dan tentunya bernilai pahala

Aku pernah mendengar ceramah salah seorang ustad, tentang cara cerdas menuai pahala bahkan dengan pekerjaan yang terlihat sederhana. Sesederhana tidur dan bernafas. Dari tausiyah sang ustad, aku menangkap bahwa yang membedakan kegiatan tersebut bernilai pahala atau tidak adalah tergantung dengan niat yang ada di dalam hati. 

Jika diniatkan dengan sesuatu yang baik, maka bernilai pahalalah pekerjaan tersebut. Namun jika tidak diniatkan, dapat berujung ke pekerjaan yang sia-sia tanpa nilai pahala. Contohnya, ketika hendak tidur, niatkan untuk memberikan hak tubuh untuk beristirahat, agar ketika hendak beribadah kita tampil dalam kondisi yang prima. 

Jika hendak makan, maka niatkan untuk mengisi energi dan nutrisi, agar ketika beribadah kita diberi kekuatan dan kesanggupan karena perut sudah kenyang dan badan dalam keadaan yang sehat. Begitu juga dengan kegiatan yang lainnya, hendaknya diniatkan untuk menjadi persiapan ibadah. 

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia

1. Membagikan takjil 

Tentu kita sama-sama tahu betapa besarnya pahala bagi orang yang menyiapkan makanan berbuka bagi mereka yang berpuasa. Jadi tidak mau dong, kita kehilangan momen tersebut. 

Jika memiliki rezeki lebih, tidak ada salahnya kita menyiapkan makanan dan membagikan makanan tersebut kepada tukang ojek, tukang parkir, tukang becak, mereka yang kira-kira berada di jalan ketika berbuka puasa. 

Berbagi dalam ilmu Psikologi tidak hanya dapat membuat bahagia orang yang menerima, namun juga akan membuat bahagia berkali kali lipat bagi mereka yang berbagi. 

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia


2. Mengikuti Kajian Online

Mengikuti kajian online bisa menjadi pilihan mengisi waktu luang di bulan puasa. Dari pada berselancar di media sosial tanpa tujuan yang jelas, akan lebih baik belajar melalui kajian-kajian online yang sudah banyak tersedia di YouTube.
 
Belajar tentang agama akan menjadikan hati tercerahkan dan menjadikan hati lembut. Jangan lupa siapkan buku untuk mencatat poin poin penting dari kajian tersebut. Sebab, ilmu ibarat hewan buruan. Jika tidak diikat ia akan lepas, dan cara mengikat ilmu adalah dengan mencatatnya. 

3. Iktikaf di Masjid Pada 10 Hari Terakhir Ramadan


Iktikaf di masjid merupakan kegiatan berdiam diri di masjid sambil beribadah. Kegiatan ini sangat dianjurkan karena Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak pernah meninggalkan kegiatan iktikaf di masjid pada 10 hari terakhir bulan Ramadan. 

Iktikaf memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mampu menjernihkan hati dan pikiran, upaya mendapatkan malam Lailatul Qadar, mendekatkan diri kepada Allah dan meniru perilaku pada Malaikat. 

4. Mengkhatamkan Alquran


Mayoritas kita pasti menjadikan khatam Alquran sebagai salah satu target di bulan Ramadan. Alquran diturunkan pada bulan Ramadan sebagai petunjuk bagi umat manusia. Allah menjadikan Alquran petunjuk, penjelasan, dan pembeda antara yang hak dan yang batil. 

Sekurang-kurangnya kita harus mengkhatamkan Alquran sebanyak satu kali dalam bulan puasa. Hal ini bisa dicapai dengan membaca sebanyak dua lembar Alquran selepas salat sunnah dan salat wajib. 


5. Safari Ramadan


Salah satu kegiatan yang seru untuk dilakukan adalah safari Ramadan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, kita bisa bersafari dari masjid ke masjid di kota kita saat bulan Ramadan. Di masjid tersebut kita akan mendengarkan ceramah dari ustad dan berbuka puasa bersama dengan saudara muslim lainnya. Dalam satu kegiatan ini kita bisa mendapatkan banyak manfaat bukan? 

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa, Tambah Pahala dan Waktu Tidak Berlalu Sia-Sia



Pada bulan yang penuh berkah ini, memang cocok sekali untuk menjalankan amal-amal yang dapat membakar segala dosa di masa lalu. Jadi, jangan lewatkan satu harinya dengan pekerjaan yang sia-sia ya. Semangat berbuat kebaikan di bulan suci ini. 

Baca Juga

21 Comments

  1. Takjil merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat bulan Ramadan. Alangkah bahagia jika kita bisa membagikan kebahagiaan dengan membagikan takjil. Setuju dengan kegiatan nomor 1.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Beda ya rasanya takjil waktu Ramdan dengan hari biasanya hahaha. Terima kasih sudah mampir kak

      Hapus
  2. Sedekah yang paling murah, yaitu senyum kepada sesama :))
    Khatam Al-Qur'an tiap ramadhan ini challengenya luar biasa. Tapi bismillah ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali kak. banyak godaannya untuk skip dua lembar tiap selesai shalat haha. Terima kasih sudah mampir kak

      Hapus
  3. Whoaa keren banget kegiatannya kk. Saya mah seperti biasa aja ngurus rumah n anak2

    BalasHapus
  4. bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk menabung pahala karena pada bulan ini pahala di lipatgandakan

    BalasHapus
  5. Setuju. Selama kita bisa manfaatkan waktu kita untuk hal yang tidak sia-sia, tentu kita bisa isi Ramadhan ini dengan kegiatan yang bernilai pahala. Apalagi sekarang aksesnya semakin mudah. Misal, kayak kajian online tadi. Semakin banyak kajian Islam via Zoom/sebagainya yang bisa kita ikuti untuk memperdalam ilmu agama.

    BalasHapus
  6. Sebelum Ramadan saya sebenarnya punya target untuk menulis satu tulisan setiap hari di blog. Namun, hingga hari ke 10 Ramadan, saya belum menulis postingan satu pun. Sibuk yang tidak jelas.

    BalasHapus
  7. waktu ramadan nilah kita banyak melakukan suatu yang bermanfaat.. dan bulan ini penuh berkah dan ampunan

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, di bulan ini semua kegiatan yang kita lakukan jadi ibadah kalo niatnya baik. Terima kasih sharingnya kak, sangat inspiratif dan bermanfaat...

    BalasHapus
  9. Kreatif sekali aktivitasnya. Saya sampai bisa ngerasain semangatnya dalam menjalankan ibadah di bulan suci. Semoga ibadahnya dilancarkan ya...

    BalasHapus
  10. Makasih pencerahannya mbak,, smg nanti bsa ikut i'tikaf, aamiin

    BalasHapus
  11. Salah satu bulan ini sepertinya menjadi salah satu momen untuk mengingat Tuhan. Semoga ibadahnya dilancarkan ya kakak dan menjadi ladang keberkahan. 🙏😉

    BalasHapus
  12. ramadhan bulan penuh berkah, sayang jika dilewatkan begitu saja ya kak, apalagi di bulan ini banyak pahala yang dapat dijemput, aktivitas yang dibagikan di artikel menarik lo, masyalaAllah, apalagi bisa khatam AlQuran

    BalasHapus
  13. Membuat tulisan dan juga menginspirasi juga bisa jadi ladang pahala kak, kaya yang ditulis sama kaka ini. Masya Allah, terima kasih remindernya...

    BalasHapus
  14. Ramadhan bulan yang penuh berkah memang sudah seharusnya kita isi dengan hal-hal baik. Apalagi bisa menjadi ladang pahala. Thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
  15. Kalau aku dulu waktu SMP-SMA kajiannya gak online mbak. Langsung tatap muka. Kalau sekarang beda lagi, beda zaman beda cara.

    BalasHapus
  16. ada tambahan nih, bikin artikel di blog yang bermanfaat, heeee..
    dengan banyak waktu di bulan Ramadhan semoga menambah kesempatan kita untuk berbagi ilmu dan informasi yg positif..

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1443 H bagi rekan-rekan dan seluruh umat Islam..
    Salam Damai Indonesia-ku, Jaya Wijaya nan Rahayu..

    terimakasih telah berbagi informasinya.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  17. Betul banget. Ramadan kita harus di isi sama hal yang produktif, jangan cuuma rebahan hehe

    BalasHapus
  18. Nah, saya juga menyenangi kegiatan safari ramadhan, atau tarling taraweh keliling, pulangnya nyempetin buat jajan2 dulu, hehe. Thankyou for sharing, ka.

    BalasHapus
  19. Paling gampang memang membagikan takjil sih emang karena membantu banget untuk orang-orang yang masih kejebak macet biasanya. Jadi mengharuskan dia buka di jalan. Iya kalau udah siapin bukaan, kalau belum kasian juga.

    BalasHapus