Target dan Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa

Target dan Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa
Target dan Hal-Hal yang Ingin Dilakukan Saat Bulan Puasa- Alhamdulillah sampai hari ini sudah diberikan kesempatan dan kemudahan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Rasanya tidak ingin melewati bulan penuh berkah ini dengan kegiatan yang monoton dan tanpa target apa pun. 

Setiap bulan memang dilalui dengan membawa target-target yang ingin dicapai, namun di bulan puasa ini, ada yang berbeda dari sisi orientasi targetnya. 

Jika di bulan-bulan lainnya orientasi targetnya menjurus ke arah duniawi, maka bulan ini fokus kepada urusan akhirat. Syukur-syukur melalui target bulan puasa ini, target di bulan lainnya dimudahkan untuk tercapai. 

Berbicara menyusun target atau hal yang ingin dilakukan saat bulan puasa, biasanya teman-teman langsung menentukan target dengan semangat atau penuh perhitungan? Kalau aku tentu menentukan target dengan perhitungan. 

Hal yang perlu diperhitungkan saat menetapkan target

1. Keadaan Saat Ini


Hal pertama yang harus kita ketahui sebelum menetapkan target adalah mengetahui saat ini kita berada di mana. Bukan tentang di suatu tempat yang spesifik, melainkan di dalam keadaan seperti apa saat ini kita berada. 

Apakah dalam keadaan yang sedang jauh dari Tuhan, keadaan sedang tidak bersemangat dalam mencapai target, atau dalam keadaan lainnya. 

Mengetahui keadaan saat ini akan menentukan target apa yang akan kita capai dan apakah mampu kita untuk mencapainya. 


2. Kebiasaan yang Ingin Diubah


Setelah mengetahui ada di keadaan seperti apa saat ini, selanjutnya adalah mengidentifikasi kebiasaan apa yang ingin kita ubah. Kebiasaan dapat menentukan produktivitas dan seberapa mungkin kita mencapai suatu target. 

Untuk itu, penting sekali identifikasi kebiasaan apa yang ingin diubah dan bagaimana cara mengubahnya. Akan lebih baik lagi jika kita menetapkan tenggat waktu untuk mengubah kebiasaan tersebut. 

3.Kebiasaan yang Ingin Ditumbuhkan

Setelah mengetahui kebiasaan apa saja yang ingin diubah, langkah selanjutnya adalah menentukan kebiasaan apa yang ingin ditumbuhkan. Perubahan kebiasaan bukanlah tentang seberapa lama atau cepat, namun seberapa konsisten menjalankan perubahan setiap harinya. 

Kebiasaan baru umumnya akan terbentuk setelah menjalaninya kurang lebih 40 hari tanpa henti. Artinya selama 40 hari, kita konsisten menjalankan misi perubahan perilaku dan kebiasaan. 

4. Memastikan Target Terukur

Bagian yang tidak kalah penting adalah memastikan target yang ingin dicapai terukur dan memiliki tenggat waktu yang jelas. Hal ini menjadi penting karena kita akan menjalani upaya yang masuk akal dan memang mampu kita usahakan untuk mencapai sebuah target. 

Jadi tidak ada yang namanya target yang muluk, semua target harus jelas langkah-langkahnya bahkan sejak langkah pertama dan langkah yang paling sederhana. 

Setelah memastikan keempat hal di atas, baru aku menentukan target apa yang ingin aku capai di bulan puasa tahun ini. Dengan begitu, aku bisa menentukan langkah efektif untuk mencapainya dan menjadikan target tersebut benar-benar terwujud. 


Kalau teman-teman, target apa yang ingin dicapai bulan puasa tahun ini? Sudahkan melakukan empat hal di atas sebelum menetapkan target? Semoga dimudahkan ya, untuk mencapai target Ramadannya. 

Baca Juga



1 Comments