Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja

Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja- Sate Padang adalah salah satu makanan Indonesia yang sangat kusukai. Setiap merantau ke beberapa daerah untuk sekolah, maka aku harus memastikan ada Sate Padang yang sesuai dengan seleraku di sana. 

Ketika merantau ke Jogja, perjalanan menemukan Sate Padang yang enak membutuhkan waktu yang lumayan lama. 

Berulang kali mencoba beberapa Sate Padang, yang katanya paling enak di Jogja, nyatanya tidak sesuai dengan lidahku. Terkadang bumbunya yang kurang kental, atau ladanya yang terlalu banyak, daging satenya yang kenyalnya agak aneh dan juga rasanya yang kurang gurih. 

Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja



Jika kamu juga pencinta Sate Padang dan sedang ada di Jogja, kamu wajib baca artikel ini sampai selesai, ya

3 Sate Padang Enak di Jogja


Setelah 10 tahun di Jogja, aku menemukan 3 gerai Sate Padang yang benar-benar enak dan sesuai dilidahku. 

Sate Padang pertama jatuh pada Sate Padang Asli. Iya, nama kedainya Sate Padang Asli. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang, tidak jauh dari Starbucks, tepatnya di pinggir jalan Kaliurang, KM 5,6, tepat di sebelah gerai dr Vapor dan Simpel S Kopi. 

Sate Padang kedua ada di daerah Nologaten. Aku bingung menjelaskan letak persisnya dimana. Ancer-ancernya, ada di sebelah kiri kalau kita mau jalan ke arah Ambarrukmo Plaza. Tepat berseberangan dengan warung nasi padang. Bukanya dari sore sampai malam, karena kalau pagi dan siang, lokasinya dijadikan tempat cuci mobil.

Sate Padang ketiga, yaitu Sate Padang Pariaman, yang akan aku ulas di artikel ini. Secara rasa, ketiga gerai Sate Padang ini hampir mirip. Gerai Sate Padang pertama dan kedua, kuahnya kuning. Merujuk dari beberapa artikel, warna kuah Sate Padang menentukan dari kota mana asalnya. 

Pantas saja terkadang ada Sate Padang yang kuahnya kuning, ada juga yang agak merah dan kuning kecoklatan. Nah, Sate Padang Pariaman ini, punya kuah yang rada merah dan pedasnya lebih nampol. 

Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja


Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja




Sate Padang Pariaman

Sate Padang dengan kuah kental yang berwarna agak merah ini memang lebih pedas dari kuah dua Sate Padang sebelumnya. Karena lada dan cabai bersatu dan mengeluarkan rasa pedas khas masing-masing bahannya. 

Meski cenderung lebih pedas, tapi masih bisa dinikmati, kok. Satenya juga enak, bukan tipe daging yang lembutnya aneh, dan kenyal gitu. Empuk dagingnya karena dimasak lama dan diasap juga. Terkadang aku agak kecewa dengan daging sate itu ya kalau lembutnya itu aneh, malah agak kenyal. 

Daging yang dipakai juga daging sapi, ada bagian lidahnya juga. Rasa bumbu di dagingnya gurih, wangi smokeynya dapat banget dan dipadukan dengan kuah merah kentalnya yang gurih, wah jadi sedap banget.

Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja
kalau lihat barang aslinya sih agak merah kuahnya


Kuliner Jogja: Sate Padang Pariaman, Salah Satu Sate Padang Enak di Jogja


Tidak lupa memakan Sate Padang tentu dengan ketupat dong. Ketupatnya juga porsinya pas, lembut, tidak benyek ataupun berderai. Pas. Kalau kalian tidak suka ketupat yang terlalu banyak, bisa juga kok minta dikurangin. 

Sayangnya, Sate Padang Pariaman ini tidak ada balungan atau tulang ayam yang dimasak dengan kuahnya. Mungkin karena mereka memakai daging sapi kali, ya. Biasanya di banyak gerai Sate Padang pasti ada nih balungan atau tulangan ayam itu.

Over all, rasanya enak. Sesuai dengan lidahku dan hampir sama lah rasanya dengan sate yang pernah kumakan di daerah asalnya. Dari ketiga gerai di atas, Sate Padang Pariaman ini menjadi favoritku. 

Lokasinya Di Mana?


Lokasinya ada di Jalan Raya Tajem, Denokan Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Tidak hanya menjual Sate Padang, gerai ini juga menjual Ketupat Gule Tunjang. 

Tempatnya nggak seberapa luas, ya kira kira ada delapan meja lah. Kalau makan di tempat, jauh lebih enak, karena kuahnya masih panas. Kan kalau Sate Padang itu semakin dingin, semakin mencair kuahnya. 

Kalau teman-teman sedang di Jogja, dan ingin menyantap Sate Padang, maka tiga gerai di atas bisa menjadi salah satu tujuan kalian. Kira-kira, selain tiga gerai di atas, apakah teman-teman punya rekomendasi lainnya? Sharing di kolom komentar ya.


   


0 Comments